Belajar jadi Guru

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP kelas 7 pola Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi

Posted on: August 24, 2010


Berikut ini contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kelas VII pola Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi yang dikembangkan oleh Ibu Dewi Ari Kusuma S.Pd dari SMP Negeri 9 Semarang Jawa Tengah. Semoga dapat menjadi referensi dan inspirasi  bagi  kita semua yang sedang mengembangkan RPP dengan format tersebut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NOMOR            :           1

SEKOLAH                     :           SMP 9 Semarang

TAHUN PELAJARAN     :           2010 / 2011

KELAS / SEMESTER     :           VII / Gasal

MATA PELAJARAN       :           Bahasa Inggris

PB / Sub PB                 :           PERSONAL LIFE / Personal Introduction

W A K T U                    :           6 X 40 menit ( 3 x pertemuan )

PERTEMUAN                :           1, 2, 3

A.   STANDAR KOMPETENSI

1.   Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

2.   Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptif dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

B.   KOMPETENSI DASAR

1.   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.

2.   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sedeerhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur mengundang, menerima, dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat.

3.   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

4.   Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk deskriptif dan recount.

C.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan ke-1 :

1.   Memperkenalkan diri secara sederhana (nama, alamat, usia)

2.   Memberi salam (pertemuan dua orang yang belum pernah kenal sebelumnya)

Pertemuan ke-2 :

1.   Mendefinisikan tentang materi perkenalan diri

2.   Menanyakan dan menjawab keadaan orang yang telah dikenal

3.   Memahami materi possessive adjective

Pertemuan ke-3 :

1.   Mengucapkan terima kasih

2.   Mengidentifikasi data “identity card” beserta contohnya

D.   MATERI PEMBELAJARAN

Memperkenalkan diri

Hello

Ungkapan sapaan

Good morning, good afternoon, etc

How are you?

E.   METODE / MODEL PEMBELAJARAN

Metode / Model Pembelajaran :

Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata baru)

Presentation Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)

-          Demonstrasi

-          Ceramah

-          Diskusi

-          Tugas

-          Tanya jawab

-          DI

F.   SKENARIO / LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan ke-1 :

Kegiatan Pendahuluan (5 menit):

ü       Salam dan tegur sapa.

ü       Guru mengabsensi siswa.

ü       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.

ü       Guru memberikan motivasi dan apersepsi

ü       Pretest

Kegiatan Inti (65 menit):

  1. 1. Eksplorasi
  • Guru menggali pengertian siswa tentang perkenalan diri dan memberi salam
  • Melakukan tanya jawab tentang perkenalan diri dan memberi salam
  • Membimbing siswa dalam dialog-dialog
  • Guru dan siswa menggunakan media pembelajaran di laboratorium bahasa
  1. 2. Elaborasi
  • Siswa membaca wacana yang berkaitan dengan tema
  • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait
  • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari wacana yang telah diterjemahkan sebelumnya
  • Siswa mengerjakan soal-soal tambahan lainnya.
  • Guru memotivasi siswa untuk tidak takut mempraktikkan dan bertindak tanpa rasa takut sesuai tema yang disajikan baik secara individual maupun kelompok
  • Guru memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa
  • Guru dan siswa melakukan diskusi tentang materi perkenalan diri dan memberi salam
  1. 3. Konfirmasi
  • Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan
  • Siswa memahami isi wacana dengan terlebih dahulu mengidentifikasikan makna kata, frase dan kalimat.
  • Guru mengimlakan/mendikte kata-kata yang berkaitan dengan tema.
  • Guru memberikan umpan balik positif berupa pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk lisan, tulisan, dan isyarat
  • Guru memberikan reward terhadap keberhasilan siswa
  • Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan dan bermakna dalam mencapai kompetensi dasar

Kegiatan Akhir (10 menit) :

ü       Guru mengidentifikasi kesulitan siswa untuk mamahami materi berdasarkan tanya jawab dengan guru

ü       Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan dalam memahami materi perkenalan diri dan memberi salam

ü       Tes secara lisan / tertulis

ü       Guru memberi siswa kesempatan untuk bertanya

ü       Guru memberi tugas berkaitan dengan materi berupa PR

Pertemuan ke-2 :

Kegiatan Pendahuluan (5 menit):

ü       Salam dan tegur sapa.

ü       Guru mengabsensi siswa.

ü       Guru mengingatkan kembali materi yang lalu.

ü       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.

ü       Guru memberikan motivasi dan apersepsi

ü       Pretest

Kegiatan Inti (65 menit):

  1. 1. Eksplorasi
  • Guru menggali pengertian siswa tentang possessive adjective
  • Melakukan tanya jawab tentang possessive adjective
  • Membimbing siswa dalam dialog-dialog
  • Guru dan siswa menggunakan media pembelajaran di laboratorium bahasa
  1. 2. Elaborasi
  • Siswa membaca wacana yang berkaitan dengan tema possessive adjective
  • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait
  • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari wacana yang telah diterjemahkan sebelumnya
  • Siswa mengerjakan soal-soal tambahan lainnya.
  • Guru memotivasi siswa untuk tidak takut mempraktikkan dan bertindak tanpa rasa takut sesuai tema yang disajikan baik secara individual maupun kelompok
  • Guru memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa
  • Guru dan siswa melakukan diskusi tentang materi possessive adjective
  1. 3. Konfirmasi
  • Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan
  • Siswa memahami isi wacana dengan terlebih dahulu mengidentifikasikan makna kata, frase dan kalimat.
  • Guru mengimlakan/mendikte kata-kata yang berkaitan dengan tema.
  • Guru memberikan umpan balik positif berupa pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk lisan, tulisan, dan isyarat
  • Guru memberikan reward terhadap keberhasilan siswa
  • Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan dan bermakna dalam mencapai kompetensi dasar

Kegiatan Akhir (10 menit) :

ü       Guru mengidentifikasi kesulitan siswa untuk mamahami materi berdasarkan kanya jawab dengan guru

ü       Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan dalam memahami materi possessive adjective

ü       Tes secara lisan / tertulis

ü       Guru memberi siswa kesempatan untuk bertanya

ü       Guru memberi tugas berkaitan dengan materi berupa PR

Pertemuan ke-3 :

Kegiatan Pendahuluan (5 menit):

ü       Salam dan tegur sapa.

ü       Guru mengabsensi siswa.

ü       Guru mengingatkan kembali materi yang lalu.

ü       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.

ü       Guru memberikan motivasi dan apersepsi

ü       Pretest

Kegiatan Inti (65 menit):

  1. 1. Eksplorasi
  • Guru menggali pengertian siswa tentang identity card
  • Melakukan tanya jawab tentang identity card
  • Membimbing siswa dalam dialog-dialog
  • Guru dan siswa menggunakan media pembelajaran di laboratorium bahasa
  1. 2. Elaborasi
  • Siswa membaca wacana yang berkaitan dengan tema
  • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait
  • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari wacana yang telah diterjemahkan sebelumnya
  • Siswa mengerjakan soal-soal tambahan lainnya.
  • Guru memotivasi siswa untuk tidak takut mempraktikkan dan bertindak tanpa rasa takut sesuai tema yang disajikan baik secara individual maupun kelompok
  • Guru memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa
  • Guru dan siswa melakukan diskusi tentang materi identity card
  1. 3. Konfirmasi
  • Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan
  • Siswa memahami isi wacana dengan terlebih dahulu mengidentifikasikan makna kata, frase dan kalimat.
  • Guru mengimlakan/mendikte kata-kata yang berkaitan dengan tema.
  • Guru memberikan umpan balik positif berupa pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk lisan, tulisan, dan isyarat
  • Guru memberikan reward terhadap keberhasilan siswa
  • Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan dan bermakna dalam mencapai kompetensi dasar

Kegiatan Akhir (10 menit) :

ü       Guru mengidentifikasi kesulitan siswa untuk mamahami materi berdasarkan tanya jawab dengan guru

ü       Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan dalam memahami materi identity card

ü       Tes secara lisan / tertulis

ü       Guru memberi siswa kesempatan untuk bertanya

ü       Guru memberi tugas berkaitan dengan materi berupa PR

G.   SUMBER BELAJAR

1.   Buku teks pelajaran Bahasa Inggris Let’s Express It In English SMP Kelas VII

2.   Buku penunjang Let’s Talk Grade VII for Junior High School

3.   Buku LKS Cakrawala, Canggih, dan Cute

4.   Buku-buku referensi

5.   Teacher-made material and games

6.   Contoh dialog / ungkapan-ungkapan.

7.   Contoh teks berupa tape-script (untuk yang dibacakan guru).

8.   Kaset berisi dialog / teks yang terkait.

9.   Gambar-gambar yang relevan

H. PENILAIAN

Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen
Siswa dapat :

  1. menemukan informasi tertentu yang tersurat dalam bentuk teks bacaan.
  2. menemukan informasi rinci yang tersurat dalam teks bacaan.
  3. menggunakan dengan benar Possesive Adjective : my, his, her.
a. Tes unjuk kerja

b. Tes tulis

a. Aktivitas diskusi

b. Tes isian, tes uraian

Instrumen Kunci
Complete the following sentences by using “my, her, his, their, our” 1.   Amar is in the library. …. friends are there, too.

  1. The mice are at home. …. feet are wet.
  2. I am at school. ….schoolmate gather in the school yard.
  3. You and I are walking to the club. …. coaches wait for us.
  4. Ika needs a dictionary, I lend …. dictionary to.
1. his

2. its

3. my

4. our

5. her

Good morning / Hi / Hello.

My name is …………………….                                                   I am a ……………………………                                                   I live at / on / in ………………..

Anita

Student

Jl. Kedungmundu

Listen and repeat !

  1. Good afternoon, Tiara.
  2. Oh, good afternoon, Faizal.
  3. How are you today ?
  4. I am very well, thank you. And you ?
  5. Fine, thank you.
Identity Card

Name                                  :                 …………………………

Nickname                            :                 ……………………….

Place of birth                       :                 ……………………….

Date of birth :                       ……………………….

Phone Number                     :                 ……………………….

Address                              :                 ……………………….

School                                :                 ……………………….

Foto

Signature,

___________________

LISTENING SCRIPT

TEKS UNTUK GURU / SCRIPT

  1. A       :   Hello, Bill, good morning

B       :   ….

  1. A       :  Hello. My name is Ronaldo.

What’s your name?

B :  I’m Jacklin. How do you do.

A :  ….

  1. A                  :  Hi John. How are you to day?

B :  ….

  1. Lisa     :  Hello. I’m Elizabeth. You can call me Lisa.

Dewi   :  Hi Lisa. Nice to meet you.

Lisa     :  ….

5.   Mr.Hadi       :   Good morning, students. How are you to day?

Students     :   ….

INSTRUMENT

Listen to each conversation. Choose the correct answer by crossing a, b, c or d.

1.   A. good morning                   4. A. I’m fine

B. good afternoon                     B. How are you

C. good evening                       C. Nice to meet you

D. good night                           D. How do you do

  1. A. How are you?                  5. A. Good morning,Sir.

B. How do you do                    B. Good morning, Miss.

C. I’m fine                                C. Good morning, Mam.

D. I’m very well                        D. Good morning

  1. A. I’m fine

B. How are you

C. How do you do

D. Nice to meet you

Rubrik Penilaian
Nomor Aspek Skor
1 s.d. 5 Setiap jawaban benar, ungkapan tepat

Setiap jawaban kurang benar

Setiap jawaban tidak benar

Tidak ada jawaban

3

2

1

0

Mengetahui,                                                                                    Semarang,      Juli 2010              Kepala Sekolah                                                 Guru Mata Pelajaran

Setiyo Budi, S.Pd.                                                                         Dewi Ari Kusuma, S.Pd.

NIP. 19611020 198303 1 014                                                            NIP. 19741025 199802 2 001

About these ads

14 Responses to "Contoh RPP Bahasa Inggris SMP kelas 7 pola Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi"

makasih pak atas contohnya

makasih pak atas contoh nya, saya mahasiswa jurusan pendidikan bhs inggris. saat ini sedang bingung krn mengerjakan tugas dari mata kuliah mikroteaching. di mata kuliah tersebut saya diharuskan untuk menampilkan pembukaan di kelas dan cara memotivasi siswa. yang saya bingungkan adalah bentuk dari motivasi itu, berupa kata-kata atau dalam bentuk bagaimana. mohon dijawab pak.
terimakasih sebelumnya

Motivasi biasanya berbentuk ungkapan-ungkapan yang mendorong siswa agar lebih giat dalam belajar. Kadang motivasi dapat juga kita berikan melalui gambar-gambar/poster yang menggelitik atau video yang membangkitkan semangat atau pemikiran. coba buka makalah di : widyo.staff.gunadarma.ac.id, atau email yang saya kirim

trimakasih atas bantuannya, sy dapt contoh rpp berkarakter, smoga bermanfaat dan bapak semakin bertambah ilmunya. amiin.

Ass.wrb. Thank bgt tas some insights.a ! Muga pnjelasan nie,..bsa jd jlan buat aq tuk mgerti lbh dlam rpp+silabus !

oce, selamat belajar membuat sil&RPPs. jangan lupa saya dikirimi hasilnya yaa

정보 주셔서 감사합니다 :D

I am sorry, kulo mboten ngertos artosipun he he he

terimakasih pak atas contoh sal listening nya, sangat berguna bagi saya untuk mengerjakan tugas.

terima kasih pak atas contoh RPP nya….

thanks pak RPP nya dah bnyk membantu………

thanks for your lesson plan..would you give me Lesson Plan class 7 in english?

thank bapak buat RPPnya,,,

Thanks pak..moga ini memandu sy yg sedang belajar membuat rpp smp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,506,549 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 153 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 153 other followers

%d bloggers like this: