Belajar jadi Guru

Contoh RPP Berkarakter Mapel Bahasa Indonesia SMP

Posted on: September 23, 2010


Download
[1] SK & KD SMP

[2] PEMETAAN SK SMP

[3] SILABUS SMP

[4] RPP SMP

 

 

 

Contoh pengembangan silabus dan RPP bernuansa karakter:

SILABUS BERKARAKTER KLS 8 (BERBICARA)

RPP BERKARAKTER(BERBICARA)

RPP-KTSP-BIND-SMP KELAS VIII smt 2- MGMP-Berkarakter

Draft RPP berkarakter Bahasa Indonesia SMP kelas 7 sem 1

Draft Silabus Berkarakter Bahasa Indonesia SMP kelas 7 sem 1

Contoh 1.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia Nama Sekolah              : SMP Kelas/Semester            : VIII/1 Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

  1. Standar Kompetensi

Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan

  1. Kompetensi Dasar

Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika wawancara.

  1. Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat mampu menyusun daftar pertanyaan untuk berwawancara dengan cermat (NK:cermat dan kreatif) setelah menentukan narasumber dan topik wawancara.
  2. Siswa mampu melakukan wawancara dengan narasumber dengan memperhatikan etika (NK: santun dan percaya diri) berwawancara setelah menyusun daftar pertanyaan.
  1. Materi Pokok
  1. Wawancara

Wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya tentang suatu hal .

  1. Etika wawancara
    1. Mengadakan pertemuan awal dengan orang yang diwawancarai untuk menentukan kesediaan orang tersebut untuk diwawancarai.
    2. Gunakan bahasa yang efektif, halus dan sopan
    3. Hindari pertanyaan tentang hal-hal yang tabu atau menyinggung prasaan.
    4. Pandai-pandailah menyimpulkan jawaban yang panjang lebar
  1. Langkah wawancara
    1. Menentukan tujuan wawancara dan informasi yang ingin diperoleh.
    2. Menyusun daftar pertanyaan
    3. Menemui tokoh yang diwawancarai
    4. Melakukan wawancara
    5. Menyusun hasil wawancara secara teratur dan rapi sebagai hasil akhir.
  1. Metode Pembelajaran

CTL dengan sintaks Pembelajaran :

  1. Fase 1: Pengembangan pengetahuan (apersepsi)
  2. Fase 2: Pemodelan
  3. Fase 3: Pengembangan belajar kelompok
  4. Fase 4: Pengembangan belajar mandiri
  5. Fase 5: Refleksi
  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kegiatan Waktu
1 Pendahuluan
  1. Guru menggali pengetahuan awal mengenai wawancara. (fase:1)
  2. Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. (fase:1)
  3. Siswa dikelompokkan dengan anggota 4 orang. (fase:1)

10 mnt Kegiatan inti :

  1. Siswa mengamati contoh wawancara dengan tokoh. (fase:2)
  2. Secara kelompok mendiskusikan etika wawancara berdasarkan contoh wawancara dengan cermat. (fase:3)
  3. Siswa mendiskusikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun pertanyaan untuk wawancara. (fase:3)
  4. Berdasarkan model dan hal-hal yang diperhatikan dalam berwawancara, siswa menyusun pertanyaan wawancara sesuai dengan narasumber dan tujuan wawancara.

60 mnt Penutup:

  1. Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap apa yang telah dipelajari, kesulitan yang dihadapi,
  2. Guru menjelaskan tugas lanjutan untuk melaksanakan wawancara pada pertemuan berikutnya. (fase:5)

10 mnt2Pendahuluan:

  1. Guru bertanya jawab tentang kesiapan pelaksanaan wawancara.
  2. Guru menyampaikan langkah-langkah wawancara.

10 mnt Kegiatan Inti :

  1. Siswa melakukan wawancara dengan narasumber yang telah dipilih.(fase: 3)
  2. Siswa mencatat pokok-pokok wawancara.(fase:3)
  3. Secara mandiri siswa merangkum hasil wawancara berdasarkan pokok-pokok wawancara yang telah ditemukan.(fase;4)

60 mnt Penutup

  1. Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap apa yang telah dipelajari, kesulitan yang dihadapi, dan kegunaan hasil pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.(fase: 5)

10 mnt

  1. Alat/Sumber /Bahan
  1. Contoh wawancara
  2. Alat rekam wawancara.
  3. Buku Bahasa Indonesia  CTL SMP, Kisyani Laksono dkk. BSNP..
  4. LKS
  1. Penilaian
  1. Rencana penilaian.
Indikator Teknik Bentuk Instrumen
Mampu menyusun daftar pertanyaan untuk berwawancara dengan cermat Tes Tes tulis Buatlah daftar pertanyaan untuk berwawancara sesuai dengan topik yang telah ditentukan!
Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara. Tes Kinerja Lakukan wawancara dengan narasumber dan pertanyaan yang telah kamu susun kemudian (1) tuliskan hasil wawancara, (2) buatlah rangkman hasil wawancara.
Sidoarjo, 13 Mei 2010 Kelompok Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia

Kelompok Berbicara Nama Anggota:

  1. 1. Slamet Prihatin
  2. 2. Supryanto
  3. 3. Purwanto
  4. 4. Gerardus Gil

Contoh  Draft Awal :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah         : …………………………………………

Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester      : VII/2

Alokasi Waktu        : 4 × 40 menit (2 kali pertemuan)

Standar Kompetensi : 12.    Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi singkat

Kompetensi Dasar : 12.2. .Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan

kalimat efektif dan bahasa yang santun

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari bab ini, Peserta didik mampu

• menulis pesan singkat dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun.

v      Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

II. Materi Ajar

Pesan singkat

III. Metode Pembelajaran

- Contoh penulisan pesan singkat

- Pembahasan pesan singkat

- Latihan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama dan Kedua :

A. Kegiatan Awal

Apersepsi :

• Memberikan pengantar awal kepada Peserta didik tentang pesan singkat

• Bertanya jawab mengenai pesan singkat

Motivasi :

• Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan

kalimat efektif dan bahasa yang santun

B. Kegiatan inti

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat

F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F     memfasilitasi peserta didik  menulis pesan singkat dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     Mencermati penulisan pesan singkat yang benar dan tepat

F     Membahas cara penulisan pesan singkat dengan benar

F     Membuat pesan singkat sesuai dengan keperluan

F     Mengerjakan latihan membuat pesan singkat

F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

C. Kegiatan Akhir

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

V. Sumber/Bahan/Alat

Teks pesan

Buku Penunjang Pelajaran Bahasa Indonesia

VI. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen
  • Mampu menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis
  • Mampu menulis pesan singkat sesuai dengan konteks

 

Tes tulisTes tulis UraianUraian
  • Tulislah pokok-pokok pesan!
  • Tulislah pesan singkat sesuai dengan pokok-pokok pesan!

Bentuk tes: lisan

No Aspek Penilaian Bobot Nilai
1 Membaca pesan dengan baik dan benara. Tepat (3)b. Kurang tepat (2)

c. Tidak tepat (1)

 

5
2 Membuat pesan singkat dengan kalimat efektifa. Tepat (3)b. Kurang tepat (2)

c. Tidak tepat (1)

5

Keterangan

Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45

Nilai akhir :     Skor yang diperoleh

X   100

Skor maksimak

Mengetahui,Kepala …………………………(__________________________)

NIP / NIK : ……………………..

…..,…………………  20 …….Guru Mapel BHS Indonesia.(_______________________)

NIP / NIK : ……………………..

Sumber : Az Zahra

About these ads

32 Responses to "Contoh RPP Berkarakter Mapel Bahasa Indonesia SMP"

Wah… padahal saya butuh rpp bahasa inggris.

maaf pakde……belum dapat bocoran

eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi tidak tampak di rpp.

saya butuh rpp dan silabus bahasa inggris l\yang lengkap

saya butuh rpp dan silabus bahasa inggris yang lengkap

lha itulah pak masalahnya…..yang kami peroleh juga hanya contoh-contoh. Kami sendiri belum mendapatkan contoh yang lengkap

mohon kirim rpp kelas 7 berkarakter lengkap, trimakasih atas bantuannya.

maaf pak, yang saya dapatkan hanya sampel tersebut, yang lengkap kami belum punya. Coba anda lihat ke blog : paknurhadi.blogspot.com

sangat membantu buat bkin rpp mami saia..
mkasih banyak bapak..

sama -sama mbak……that what a friend for…..

Trims, walaupun dikit tp setidak-tidaknya udah ada gamabran dikit tentang RPP yang berkarakter, Trim sekali lag.

Contoh Silabus dan RPP yang saya miliki terkesan hanya pendidikan berkarakter di permukaan saja. Tidak terlalu menyentuh substansinya. Selama ini praktik pendidikan di Indonesia juga kelihatannya sudah sesuai dengan pendidikan karakter yang ada dalam contoh tersebut seperti berdoa sebelum belajar, membangkitkan percaya diri, bekerjasama dalam diskusi, dsb.

Seingat saya pendidikan karakter itu sudah kita laksanakan. CUMA TIDAK KITA EKSPLISITKAN DI RPP. Maunya pemerintah dan pengawas kan apa-apa serba ditulis dan administratif.

kok cuma satu contohnya untuk kelas 7 gak ad ap pak? mhon bntuannya

Yang kami peroleh hanya itu bu….maaf

yg bhsa indonesia lengkap blm ada y pak??

Maaf pak. Belum. Yang kami peroleh juga cuma contoh-contoh saja

tolong kirim silabus dan rpp bahasa indonesia smp berkarakter untuk kelas 7,8 dan 9.
terimakasih, balasannya tentu kami serahkan kepada Allh SWT.

padahal kupengen rincian rpp yg tepat dan jelas

Ahihihi……..maaf, ….kami dapatnya juga cuma potongan-potongan contoh seperti yang sudah di upload tuh…

THANKS YA MAS, SAYA DAPAT CONTOH RPP BERKARAKTER

Sama-sama pak…semoga bermanfaat

gmn cara download nya ?

klik saja judul-judul yang berwarna biru. Terima kasih

yang kelas 9nya mana ?

walah jadi guru kok pd mau copy paste aja mbok kreatif lah apalagi yg sdh sertifikasi malu tuh sama tunjanganya smoga kita jadi guru yang benar dan kreatif yah

sungguh disayangkan, kualitas guru hanya dilihat dari kelengkapan silabus dan rpp saja, mau-maunya kepala sekolah juga dibodohi karena guru jarang yang bikin sendiri. jadi wajar kalau silabus rp p hanya sebagai kelengkapan administrasi tanpa pernah diterapkan, karena metode yang digunakan dikelas tetap saja “MKA alias metode kumaha aing”

U r very kind to give your knowledge to other people,,,,,,,,but I need sylabus of bahasa indonesia berkarakter sma, can you ……?

Waduh duh,duh sampai bingung, download RPP, SILABUS, semua dari BINA, sama semua trus milihnya bingung, maksud saya mau sering, sekarang lagi ramenya berkarakter tapi kok karakternya sama ya? padahal masing-masing sub mestinya berbeda. Gimana mas Agus, yang sekarang Katakter di silabus setelah KD, kenapa ?
Terima kasih

ha ha ha……namanya juga menampilkan contoh yang didapat, kalau nanti dapat contoh dari tempat lain juga akan kami tampilkan sebagai pembanding……

bukannya mau copy paste pak de…tapi biar inspirasinya terbuka kan harus lihat contoh dulu….he..he…he

RPP yg sangat membantu.. terimakasih pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,628,989 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 166 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

%d bloggers like this: