Belajar jadi Guru

Rencana Pembelajaran Model TGT-Kimia

Posted on: November 28, 2010


Download:

Model TGT- Hukum2 Dasar Kimia

INSTRUMEN QUIZ TOURNAMENT

INSTR. KOGNITIF TGT

RENCANA PEMBELAJARAN

A.     IDENTITAS    :

Mata Pelajaran                   :  KIMIA

Kelas/ Semester                 :  X / 1

Waktu                                :  3 x 45 menit

B.     STANDAR KOMPETENSI :

2.      Mendiskripsikan hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia

C.     KOMPETENSI DASAR :

2.2  Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan

D.     INDIKATOR :

  • Membuktikan berdasarkan percobaan bahwa massa zat sebelum dan sesudah reaksi tetap (Hukum Kekekalan Massa/ Hukum Lavoisier)
  • Membuktikan berdasarkan percobaan dan menafsirkan data tentang massa dua unsur yang bersenyawa (Hukum Proust)
  • Membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (Hukum Dalton) pada beberapa senyawa\
  • Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volume (Hukum Gay Lussac)

E.      MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI :

Hukum-hukum Dasar Ilmu Kimia :

1.      Hukum Kekalan Massa (Hukum Lavoisier)

2.      Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust)

3.      Hukum Kelipatan Perbandingan (Hukum Dalton)

4.      Hukum Perbandingan Volum( Hukum Gay Lussac)

F.      MEDIA PEMBELAJARAN :

Alat : 1. Kartu Quiz Tournament

2. Worksheet

G.     STRATEGI, MODEL, PENDEKATAN DAN METODE :

1.      Strategi :  CTL

2.      Model              :  Cooperative Learning             Type : TGT

3.      Pendekatan      :  Konsep

4.      Metode            :  Diskusi

H.     SKENARIO KEGIATAN/ PENGALAMAN BELAJAR:

 

Fase K  E  G  I  A  T  A  N Waktu
I

 

 

 

 

 

 

 

II

III

 

IV

V

VI

VII

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa

-         Tujuan : Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat membuktikan dan menjelaskan hukum-hukum dasar ilmu kimia berdasarkan data percobaan serta menerapkannya dalam perhitungan kimia

-         Motivasi :  Tahukah kamu tentang rumus kimia dari air ?

Berapa perbandingan massa unsur-unsur dalam air  tersebut ?

Pembentukan Kelompok Studi

Diskusi atau Kerja Kelompok membahas worksheet dan guru memberikan bimbingan (scolfolding)

Diskusi kelas untuk validasi hasil kerja kelompok

Pembentukan kelompok turnamen

Turnamen

Penghargaan Kelompok

 

5’

 

 

 

 

 

 

 

5’

60’

 

15’

5’

40’

5’

I.        PENILAIAN AUTHENTIC ASSESSMENT :

1.      Penilaian Kognitif  (terlampir)

2.      Penilaian Psikomotorik – Life Skills (terlampir)

3.      Penilaian Afektif (terlampir)

J.       REFERENSI/ BUKU ACUAN :

  1. Kurikulum 2004, Depdiknas
  2. Kimia SMA untuk Kelas I, Irfan Anshory
  3. Modul Kimia SMA Kelas X, MGMP Kimia DKI Jakarta
  4. Kimia SMA Kelas I  (Reaktor), Ramlah Rasyid dan Yeni St. Yuliani

Sumber :

WORKSHOP GURU MIPA DAN SOSIALISASI SEAMEO-RECSAM REGION II  DI PPPG KEJURUAN, SAWANGAN, BOGOR. 10 – 21  JULI 2004

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,532,077 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 158 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 158 other followers

%d bloggers like this: