Belajar jadi Guru

RPP dan Silabus Bahasa Inggris Kelas 9 semester 2 2008

Posted on: January 7, 2011


Download:

RPP Bahasa Inggris kelas 9 sem 2 2008

Silabus B Ing Kelas 9 Sem 2 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

SMP NEGERI  3 MOJOLABAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX / Genap
Standar Kompetensi : 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional

dan interpersonal lisan  pendek sederhana untuk berinteraksi

dalam konteks kehidupan  sehari-hari

Kompetensi Dasar : 7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan

transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi)

pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima

untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan

Indikator : Merespon ungkapan kesantunan
Jenis Teks : Text Transaksional dan Interpersonal
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran.

Pada Akhir Pembelajaran Siswa Dapat :

-          Merespon Ungkapan Kesantunan

B. Materi Pembelajaran.

Ungkapan ungkapan tentang kesantunan, contoh :

-          Could you ……….

-          Please, ………….

-          With Pleasure.

-          Would you mind repeating that ?

-          Sory, what did you say ?

-          Oh thank you.

C. Metode Pembelajaran : Three-phase technique.

D. Langkah-langkah kegiatan.

a.       Kegiatan Pendahuluan.

§  Tanya jawab menggunakan ungkapan kesantunan dalam percakapan transaksional dan interpersonal.

b.      Kegiatan Inti.

-        Membahas kosa kata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang santun.

-        Mendengarkan percakapan-percakapan yang santun.

-        Mendengarkan gambit-gambit dalam percakapan-percakapan yang santun.

-        Menjawab pertanyaan tentang struktur percakapan yang santun.

-        Menjawab pertanyaan tentang isi pertanyaan.

c.       Kegiatan Penutup.

§  Menanyakan kesulitan belajar selama PBM.

§  Menugaskan siswa untuk menggunakan gambit-gambit dalam percakapan yang santun.

E. Sumber Belajar.

-  Scrip Percakapan.

-  Rekaman Percakapan.

-  CD, VCD, film tentang percakapan.

F. Penilaian.

-          Tes Lisan : Isian singkat.

-          Tes Tulis  : Pilihan ganda, Melengkapi, Benar/salah.

-          Merespon.

Mojolaban, ……………2008

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 3 Mojolaban                Guru Mata Pelajaran,

Drs. Bambang Sugiri, M.Pd ……………………..

NIP.   132139973 NIP.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

SMP NEGERI  3 MOJOLABAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX / Genap
Standar Kompetensi : 7. Mendengarkan

Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan  pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

9. Berbicara

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Kompetensi Dasar : 7.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita.
9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita.
Indikator : 7.2.1. Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana yang memuat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dengan cara yang benar.

7.2.2. Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana yang memuat ungkapan memberi komentar tentang berita dengan cara yang benar

9.2.1. Mengungkapkan makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana yang memuat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dengan cara yang benar.

9.2.2. Mengungkapkan makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana yang memuat ungkapan memberi komentar tentang berita dengan cara yang benar.

Jenis Teks : Teks fungsional pendek
Aspek/Skill : Mendengarkan dan Berbicara
Alokasi Waktu : 6 X 40 MENIT

A.    Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

Pada akhir pelajaran siswa dapat:

1.      Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana yang memuat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dengan cara yang benar.

2.      Mengungkapkan makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana yang memuat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dengan cara yang benar.

Pertemuan 2

Pada akhir pelajaran siswa dapat:

1.      Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana yang memuat ungkapan memberi komentar tentang berita yang menarik perhatian dengan cara yang benar.

2.      Mengungkapkan makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana yang memuat ungkapan memberi komentar tentang  berita yang menarik perhatian dengan cara yang benar.

B.     Materi Pembelajaran

Pertemuan 1

Short functional text – makna tindak tutur

Memberi berita yang menarik perhatian.

Yang dimaksudkan dengan short functional text adalah suatu teks pendek yang memiliki tujuan sosial tertentu, dalam bahasan ini adalah short functional text yang bertujuan memberi berita yang menarik perhatian. Makna tindak tutur dimaksudkan si pendengar memahami apa yang dikehendaki oleh pembicara. Dalam hal ini siswa diharapkan mengerti bahwa si guru atau lawan berbicara memberikan berita, bukan bertanya atau memberikan instruksi, sehingga respon yang dikehendaki tentunya yang sesuai dengan bila orang diberi berita, bukan orang yang menerima instruksi, misalnya.

Pertemuan 2

Short functional text – makna gagasan

Memberi berita yang menarik perhatian.

Yang dimaksudkan dengan short functional text adalah suatu teks pendek yang memiliki tujuan sosial tertentu, dalam bahasan ini adalah short functional text yang bertujuan memberikan berita kepada orang lain. Makna gagasan dimaksudkan si pendengar memahami apa yang dikehendaki oleh pembicara. Dalam hal ini siswa diharapkan mengerti bahwa si guru atau lawan berbicara memberikan informasi tertentu, berita tertentu yang isinya tertentu pula. Sehingga respon yang diberikan bisa saja minta klarifikasi tentang berita tertentu, heran dan bahkan balik bertanya tentang isi berita yang belum jelas.

Untuk teks fungsional pendek yang lain, penjelasannya kurang lebih sama. Berikut adalah daftar materi yang bisa dikembangkan. Untuk pertemuan 1 dan 2

Jenis teks
Ragam Tindak tutur
Ragam makna
Contoh Ungkapan dan Respon
Ungkapan
Respon
Fungsional pendek (Short functional text)
Memberi berita yang menarik perhatian
Makna tindak tutur
I’ve something to tell you…

Hey, have you heard that…

This is about ….

Tindakan : Diam dan memperhatikan orang yang memberi berita. (nodding)

Verbal : Oh, what is it?
Makna gagasan
Tindakan    :

Verbal : Bisa balik bertanya

Memberi komentar tentang berita
Makna tindak tutur
Well,… what can I say?
Tindakan         :

Verbal             :.
Makna gagasan
Tindakan    :

Verbal             :

C.    Metode / Teknik : Three – phase technique

  • Pre listening
  • Whilst listening
  • Post Listening

D.    Langkah-langkah Kegiatan

Setiap pertemuan dikemas dalam 3 tahapan:

a. Kegiatan awal:

-        Greetings, Checking for the roll.

-        Pre- test, review

b. Kegiatan Inti

-        Guru memberikan kegiatan pre-listening dengan menyajikan kosa kata, tata bahasa untuk mengantar ke  materi mendengarkan yang ditargetkan. (Pre-listening)

-        Guru membacakan / memutarkan tape untuk ditindak lanjuti siswa dengan tugas yang relevan. (While listening)

-        Guru memberikan follow up, dengan memberikan tugas lain, bisa berupa praktek tanya jawab seperti yangsiswa telah dengarkan. Bila dirasa perlu, siswa bisa juga mencatat daftar barang yang diperdengarkan

-        pada teks lisan tadi.

c. Kegiatan Akhir

-        Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani,

-        Membuat rangkuman

-        Memberikan post test, penugasan di rumah mendengarkan teks serupa di radio atau televisi.

E.     Sumber Belajar

a.Contoh teks berupa script untuk dibaca guru.

b. Kaset berisi teks yang terkait.

c. Buku teks yang digunakan. (judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman).

F.     Penilaian

a.   Teknik             : Tes lisan dan tesl tulis.

b.   Prosedur          : Selama proses (butir tes sekaligus juga student’s worksheet).

c.   Bentuk                        : Tes mendengarkan berbicara

d    Instrumen        : Terlampir

Mojolaban,……………2008

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 3 Mojolaban                Guru Mata Pelajaran,

Drs. Bambang Sugiri, M.Pd ……………………..

NIP.   132139973 NIP.

Dst,….


About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,648,621 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 166 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

%d bloggers like this: