Belajar jadi Guru

RPP Bahasa Inggris SMA Kelas 12 semester 2 pola BKOF,MOT,JICOT dan ICOT

Posted on: January 9, 2011


Sumber File: Ibu Nikmah Nurbaity, S.Pd.

Instruktur LPMP Jawa Tengah

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris

Kelas/Semester   : XII / Gasal

Jenis Text            : Naratif

Waktu                 : 25 X 45 menit

 

  1. Kompetensi Dasar

.       Mendengarkan

Memahami wacana transaksional ringan: Ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan dan atau monolog lisan terutama berkenaan dengan  banner dan wacana berbentuk naratif.

b.      Berbicara

Mengungkapkan nuansa makna dalam wacana transaksional: Ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan atau monolog lisan terutama berkenaan dengan banner dan wacana berbentuk naratif.

c.       Membaca

Memahami nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika dalam teks tertulis berbentuk naratif.

d.      Menulis

Mengungkapkan nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar dalam teks tertulis berbentuk naratif.

 

  1. Indikator ( meliputi tindak bahasa, pembentuk wacana, sosiokultural, strategi dan    sikap)
  • Mendengarkan

ü      Merespon ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakan kemungkinan

ü      Mengidentifikasi mengusulkan, memohon,  mengeluh , menyatakan kemungkinan.

ü      Menggunakan ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakan kemungkinan dalam kontek yang benar.

ü      Merespon wacana monolog

  • Berbicara

ü      Mengidentifikasi ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan .

ü      Menggunakan ungkapan yang benar.

  • Membaca

ü      Mengidentifikasi langkah-langkah retorika naratif.

ü      Mengidentifikasi makna gagasan.

ü      Mencari informasi rinci  dari wacana.

ü      Mengidentifikasi linguistic features

  • Menulis

ü      Mengidentifikasi kata dan tanda baca yang tidak sesuai dengan ejaannya dan membenarkannya.

ü      Menulis gagasan utama.

ü      Membuat banner dan naratif.

ü      Merevisi dan menyunting.

ü      Menghasilkan teks banner dan naratif.

  1. Materi

 

1.      Contoh teks :

    1. Wacana dialog ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan

b.      Wacana monolog banner dan naratif.

2.      Linguistic features

 

  1. Pengalaman Relajar

1.      SIKLUS LISAN

a. Building knowledge of the field

§         Berlatih mengucapkan intonasi dan ejaan

§         Membahas tata cara mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan.

§         Membahas ungkapan-ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan.

§         Sharing experience tentang fenomena alam atau tema lain yang akan muncul dalam teks naratif.

§         Memperkenalkan Gerund.

§         Memperkenalkan Participle

§         Review Gerund dan Participle

b.Modelling of the text

§          Mendengarkan percakapan transaksional : mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan.dari model guru dan siswa atau tape recorder

§          Mengidentifikasi siapa yang terlibat dalam percakapan

§          Mengidentifikasi isi percakapan

§          Membahas penggunaan tindak tutur dalam konteks

§          Mendengarkan teks monolog tentang narative

§         Diskusi tentang isi teks

§          Diskusi tentang struktur teks dan fungsinya: naratif.

§          Diskusi menyusun informasi dengan baik

§          Membahas fitur-fitur bahasa dalam teks

c. Joint Construction

§         Berlatih membuka percakapan dan merespon tentang mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan

§         Berlatih merespon terhadap reason untuk memperpanjang percakapan

§         Berlatih menceritakan kembali isi percakapan yang didengar

§         Berlatih menceritakan isi monolog teks naratif

§         Berlatih membuat deskripsi tentang sesuatu secara lisan

d. Independent Construction

§       Bercakap-cakap dengan teman untuk tujuan transaksional ( dialog )

§       Bercerita tentang sesuatu yang pernah didengar atau dibaca ( monolog )

§       Bercerita berdasarkan karangan siswa sendiri

§       Bermain peran dalam percakapan

 

II. SIKLUS TULIS

a.  Building the knowledge of the field

§         Membahas kosa kata yang akan muncul dalam teks monolog

§         Mengembangkan kosa kata dalam berbagai teknik

§         Menekankan kembali penggunaan lingustics features yang sudah dibahas di siklus lisan

§         Berlatih membuat kalimat yang sesuai dalam bentuk naratif

§         Membahas cirri-ciri banner dan narative

b. Modelling of the text

§         Membaca banner dan teks naratif

§         Menginterpretasi isi teks dan susunannya

§         Membahas unsur-unsur teks dan fungsinya

§         Membahas teks-teks lain dalam bentuk naratif

§         Membahas fakta,kosa kata dalam teks

§         Membahas linguistic features yang digunakan agar tercipta kohesi dan koherensi

§         Membaca nyaring

c. Joint construction

§         Merencanakan penulisan deskripsi dengan brainstorming berkelompok

§           Menyusun naratif dalam kelompok dengan memperhatikan struktur teks

§         Menyusun banner dan naratif konsep pertama

§         Berkonsultasi dengan guru dan teman

§         Membahas balikan dari guru dan teman

§         Memberikan balikan kepada teman

§         Menggunakan kamus

§         Memajang hasil tulisan

d. Independent construction

§         Merencanakan menulis sebuah banner dan teks naratif secara individu

§         Menentukan dengan guru tema apa yang akan ditulis

§         Menulis konsep pertama

§         Meminta balikan dari guru

§         Memperbaiki konsep

§         Menulis versi akhir

§         Memajang tulisan dalam bentuk banner dan naratif

 

D  SUMBER BAHAN

1. LKS

2. Erlangga

3. Sumber lain yang mendukung

 

  1. ASSESSMENT / PENILAIAN

1.      Penilaian proses

2.      Porto Folio

3.      test tertulis

4.      Performance Test

 

Purworejo, 18 Juli 2008

Mengetahui :                                                           Guru Mata Pelajaran

Kepala SMA N 1 Purworejo

 

 

 

Nikmah Nurbaity S.Pd                                            Nikmah Nurbaity S.Pd

NIP 132 051 903                                                    NIP 132 051 903

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2

Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris

Kelas/Semester   : XII / Gasal

Jenis Text            :  Explanation

Waktu                 : 25 X 45 menit

 

  1. Kompetensi Dasar

a.       Mendengarkan

Memahami wacana transaksional ringan: Ungkapan kemungkinan,menyesal, mengeluh dan atau monolog lisan terutama berkenaan dengan wacana berbentuk explanation.

b.      Berbicara

Mengungkapkan nuansa makna dalam wacana transaksional: Ungkapan kemungkinan,menyesal, mengeluh atau monolog lisan terutama berkenaan dengan wacan berbentuk explanation.

c.       Membaca

Memahami nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika dalam teks tertulis berbentuk explanation.

d.      Menulis

Mengungkapkan nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar dalam teks tertulis berbentuk explanation.

 

  1. Indikator ( meliputi tindak bahasa, pembentuk wacana, sosiokultural, strategi dan    sikap)
  • Mendengarkan

ü      Merespon ungkapan kemungkinan, menyesal dan mengeluh

ü      Mengidentifikasi ungkapan kemungkinan, menyesal dan mengeluh

ü      Menggunakan ungkapan dalam kontek yang benar.

ü      Merespon wacana monolog

  • Berbicara

ü      Mengidentifikasi ungkapan kemungkinan, menyesal dan mengeluh.

ü      Menggunakan ungkapan yang benar.

  • Membaca

ü      Mengidentifikasi langkah-langkah retorika explanation.

ü      Mengidentifikasi makna gagasan.

ü      Mencari informasi rinci  dari wacana.

ü      Mengidentifikasi linguistic features

  • Menulis

ü      Mengidentifikasi kata dan tanda baca yang tidak sesuai dengan ejaannya dan membenarkannya.

ü      Menulis gagasan utama.

ü      Membuat explanation.

ü      Merevisi dan menyunting.

ü      Menghasilkan teks explanation.

  1. Materi

3.      Contoh teks :

a.       Wacana dialog ungkapan kemungkinan, menyesal dan mengeluh.

b.      Wacana monolog explanation

4.      Linguistic features

a.       Causative

b.      Subjunctive

 

  1. Pengalaman Relajar

5.      SIKLUS LISAN

a. Building knowledge of the field

§         Berlatih mengucapkan intonasi dan ejaan

§         Membahas tata cara menyatakan kemungkinan, menyesal dan mengeluh.

§         Membahas ungkapan-ungkapan menyatakan kemungkinan, menyesal dan mengeluh

§         Sharing experience tentang fenomena alam atau tema lain yang akan muncul dalam teks explanation

§         Memperkenalkan Causative.

§         Memperkenalkan Subjunctive

§         Review Causative dan subjunctive

b.Modelling of the text

§          Mendengarkan percakapan transaksional : menyatakan kemungkinan,  menyesal dan mengeluh

§         .dari model guru dan siswa atau tape recorder

§          Mengidentifikasi siapa yang terlibat dalam percakapan

§          Mengidentifikasi isi percakapan

§          Membahas penggunaan tindak tutur dalam konteks

§          Mendengarkan teks monolog tentang explanation

§          Diskusi tentang isi teks

§          Diskusi tentang struktur teks dan fungsinya: explanation.

§          Diskusi menyusun informasi dengan baik

§          Membahas fitur-fitur bahasa dalam teks

c. Joint Construction

§         Berlatih membuka percakapan dan merespon tentang menyatakan kemungkinan, menyesal dan mengeluh

§         Berlatih merespon terhadap reason untuk memperpanjang percakapan

§         Berlatih menceritakan kembali isi percakapan yang didengar

§         Berlatih menceritakan isi monolog teks explanation

§         Berlatih membuat explanation tentang sesuatu secara lisan

d. Independent Construction

§       Bercakap-cakap dengan teman untuk tujuan transaksional ( dialog )

§       Bercerita tentang sesuatu yang pernah didengar atau dibaca ( monolog )

§       Bercerita berdasarkan karangan siswa sendiri

§       Bermain peran dalam percakapan

 

II. SIKLUS TULIS

a.  Building the knowledge of the field

§         Membahas kosa kata yang akan muncul dalam teks monolog

§         Mengembangkan kosa kata dalam berbagai teknik

§         Menekankan kembali penggunaan lingustics features yang sudah dibahas di siklus lisan

§         Berlatih membuat kalimat yang sesuai dalam bentuk explanation

§         Membahas cirri-ciri explanation

b. Modelling of the text

§         Membaca teks explanation

§         Menginterpretasi isi teks dan susunannya

§         Membahas unsur-unsur teks dan fungsinya

§         Membahas teks-teks lain dalam bentuk explanation

§         Membahas fakta,kosa kata dalam teks

§         Membahas linguistic features yang digunakan agar tercipta kohesi dan koherensi

§         Membaca nyaring

c. Joint construction

§         Merencanakan penulisan explanation dengan brainstorming berkelompok

§         Menyusun explanation dalam kelompok dengan memperhatikan struktur teks

§         Menyusun explanation konsep pertama

§         Berkonsultasi dengan guru dan teman

§         Membahas balikan dari guru dan teman

§         Memberikan balikan kepada teman

§         Menggunakan kamus

§         Memajang hasil tulisan

d. Independent construction

§         Merencanakan menulis sebuah teks explanation secara individu

§         Menentukan dengan guru tema apa yang akan ditulis

§         Menulis konsep pertama

§         Meminta balikan dari guru

§         Memperbaiki konsep

§         Menulis versi akhir

§         Memajang tulisan dalm bentuk explanation

 

D  SUMBER BAHAN

1. Tuntas

6. Erlangga

7. Sumber lain yang mendukung

 

  1. ASSESSMENT / PENILAIAN

1.      Penilaian proses

2.      Porto Folio

3.      test tertulis

4.      Performance Test

 

Purworejo, 18 Juli 2008

Mengetahui :                                                           Guru Mata Pelajaran

Kepala SMA N 1 Purworejo

 

Drs. Muhammad Hani, M.Hum                               Nur Aziz,S.Pd

Nip 130901923                                                     Nip

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris

Kelas/Semester   : XII / Gasal

Jenis Text            : Discussion

Waktu                 : 25 X 45 menit

 

  1. Kompetensi Dasar

 

a.       Mendengarkan

Memahami wacana transaksional ringan: Ungkapan setuju dan tidak setuju dan atau monolog lisan terutama berkenaan dengan wacana berbentuk discussion.

b.      Berbicara

Mengungkapkan nuansa makna dalam wacana transaksional: Ungkapan setuju dan tidak setuju atau monolog lisan terutama berkenaan dengan wacan berbentuk discussion.

c.       Membaca

Memahami nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika dalan teks tertulis berbentuk discussion.

d.      Menulis

Mengungkapkan nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar dalam teks tertulis berbentuk discussion.

 

  1. Indikator ( meliputi tindak bahasa, pembentuk wacana, sosiokultural, strategi dan    sikap)
  • Mendengarkan

ü      Merespon ungkapan setuju dan tidak setuju.

ü      Mengidentifikasi ungkapan setuju dan tidak setuju.

ü      Menggunakan ungkapan kemampuan dalam kontek yang benar.

ü      Merespon wacana monolog

  • Berbicara

ü      Mengidentifikasi ungkapan setuju dan tidak setuju.

ü      Menggunakan ungkapan yang benar.

  • Membaca

ü      Mengidentifikasi langkah-langkah retorika discussion.

ü      Mengidentifikasi makna gagasan.

ü      Mencari informasi rinci  dari wacana.

ü      Mengidentifikasi linguistic features

  • Menulis

ü      Mengidentifikasi kata dan tanda baca yang tidak sesuai dengan ejaannya dan membenarkannya.

ü      Menulis gagasan utama.

ü      Membuat discussion.

ü      Merevisi dan menyunting.

ü      Menghasilkan teks discussion.

  1. Materi

 

5.      Contoh teks :

a.       Wacana dialog ungkapan setuju dan tidak setuju.

b.      Wacana monolog discussion.

6.      Linguistic features

a.       Direct/Indirect

b.      Elliptical sentences

 

  1. Pengalaman Relajar

5.      SIKLUS LISAN

a. Building knowledge of the field

§         Berlatih mengucapkan intonasi dan ejaan

§         Membahas tata cara menyatakan setuju dan tidak setuju.

§         Membahas ungkapan-ungkapan setuju dan tidak setuju.

§         Sharing experience tentang fenomena alam atau tema lain yang akan muncul dalam teks discussion.

§         Memperkenalkan Direct/Indirect

§         Memperkenalkan Elliptical sentences

§         Review Direct/Indirect dan Elliptical sentences

b.Modelling of the text

§          Mendengarkan percakapan transaksional : menyatakan setuju dan tidak setuju model guru dan siswa atau tape recorder

§          Mengidentifikasi siapa yang terlibat dalam percakapan

§          Mengidentifikasi isi percakapan

§          Membahas penggunaan tindak tutur dalam konteks

§          Mendengarkan teks monolog tentang discussion suatu masalah.

§          Diskusi tentang isi teks

§          Diskusi tentang struktur teks dan fungsinya: discussion.

§          Diskusi menyusun informasi dengan baik

§          Membahas fitur-fitur bahasa dalam teks

c. Joint Construction

§         Berlatih membuka percakapan dan merespon tentang menyatakan setuju dan tidak setuju

§         Berlatih merespon terhadap reason untuk memperpanjang percakapan

§         Berlatih menceritakan kembali isi percakapan yang didengar

§         Berlatih menceritakan isi monolog teks discussion

§         Berlatih membuat text discussion tentang sesuatu secara lisan

d. Independent Construction

§       Bercakap-cakap dengan teman untuk tujuan transaksional ( dialog )

§       Bercerita tentang sesuatu yang pernah didengar atau dibaca ( monolog )

§       Bercerita berdasarkan karangan siswa sendiri

§       Bermain peran dalam percakapan

 

II. SIKLUS TULIS

a.  Building the knowledge of the field

§         Membahas kosa kata yang akan muncul dalam teks monolog

§         Mengembangkan kosa kata dalam berbagai teknik

§         Menekankan kembali penggunaan lingustics features yang sudah dibahas di siklus lisan

§         Berlatih membuat kalimat yang sesuai dalam bentuk discussion

§         Membahas cirri-ciri discussion

b. Modelling of the text

§         Membaca teks discussion

§         Menginterpretasi isi teks dan susunannya

§         Membahas unsur-unsur teks dan fungsinya

§         Membahas teks-teks lain dalam bentuk discussion

§         Membahas fakta,kosa kata dalam teks

§         Membahas linguistic features yang digunakan agar tercipta kohesi dan koherensi

§         Membaca nyaring

c. Joint construction

§         Merencanakan penulisan discussion dengan brainstorming berkelompok

§           Menyusun text discussion dalam kelompok dengan memperhatikan struktur teks

§         Menyusun discussion konsep pertama

§         Berkonsultasi dengan guru dan teman

§         Membahas balikan dari guru dan teman

§         Memberikan balikan kepada teman

§         Menggunakan kamus

§         Memajang hasil tulisan

d. Independent construction

§         Merencanakan menulis sebuah teks discussion secara individu

§         Menentukan dengan guru tema apa yang akan ditulis

§         Menulis konsep pertama

§         Meminta balikan dari guru

§         Memperbaiki konsep

§         Menulis versi akhir

§         Memajang tulisan dalm bentuk discussion

 

D  SUMBER BAHAN

1. Tuntas

6. Erlangga

7. Sumber lain yang mendukung

 

  1. ASSESSMENT / PENILAIAN

1.      Penilaian proses

2.      Porto Folio

3.      test tertulis

4.      Performance Test

 

Purworejo, 18 Juli 2008

Mengetahui :                                                           Guru Mata Pelajaran

Kepala SMA N 1 Purworejo

 

 

 

Drs. Muhammad Hani, M.Hum                               Nur Aziz,S.Pd

Nip 130901923                                                     Nip 131900042

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

2 Responses to "RPP Bahasa Inggris SMA Kelas 12 semester 2 pola BKOF,MOT,JICOT dan ICOT"

kenapa alokasi waktunya per lesson plan kok begitu banyak ya???? ANYWAY THANKS FOR THE IDEA

he he he……….silahkan direvisi piyambak njih…………..namanya juga masih draf……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,314,930 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: