Belajar jadi Guru

Contoh RPP Tematik SD model Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi kelas 2 sem 1

Posted on: January 16, 2011



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tema   I                       : Diri Sendiri

Kelas / Semester         : II / I

Waktu                          : 3 Minggu

  1. STANDAR KOMPETENSI
  1. PKN                              : 1. Membiasakan hidup bergotong royong
  2. IPS                               : 1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
  3. IPA                               : 1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan,
  • Makhluk hidup            Pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup

Dan proses                  makhluk hidup.

kehidupan

  • Benda dan

Sifatnya

  1. Matematika                 : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
  • Bilangan
  1. Bahasa Indonesia       : 1. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
  • Mendengarkan       2. Mengungkapkan pikiran,peranan dan pengalaman secara lisan

Melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi

  • Berbicara                3. Memahami teks pendek dengan membaca puisi anak
  • Membaca               4. Memahami teks pendek dengan membaca puisi anak
  • Menulis                  5. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
  1. SBK                              : 1. Mengekspresikan karya seni rupa
  • Seni rupa                2. Mengekspresikan karya seni tari
  • Seni tari
  1. KOMPETENSI DASAR
  1. PKN                              : 1.1. Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong –

menolong

  1. IPS                               : 1.1. Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.

1.2. Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai

Sumber cerita.

  1. IPA                               : 1.1. Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar

Rumah dan sekolah melalui pengamatan

2.1. Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cir yang ada dilingkungan

Sekitar.

  1. Matematika                 : 1.1. Membandingkan bilangan sampai 500

1.2. Mengurutkan bilangan sampai 500

  1. Bahasa Indonesia       : 1.1. Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks

Pendek.

1.2. Mendiskripsikan isi puisi

2.1. Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.

2.3. Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat

3.1. Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.

3.2. Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca

4.1. Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.

4.2. Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikkan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dengan tanda titik

  1. SBK                              : 1.1. Mengenal unsure rupa pada seni rupa

1.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.

5.1. Mengidentifikasi gerak alam semesta.

  1. INDIKATOR
    1. PKN
  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman
  1. IPS
  • Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
  • Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen
  • Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi
  • Menyampaikan pendapat / komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
  1. IPA
  • Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan disekitar rumah
  • Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
  • Menjelaskan sifat benda padat
  • Menjelaskan sifat benda cair
  1. MATEMATIKA
  • Menentukan bilangan 1 sampai 500
  • Menentukkan bilangan lebih besar
  • Menentukan bilangan lebih kecil
  • Membandingkan dua bilangan dengan menggunakan symbol <, =, >, =
  • Membandingkan kumpulan benda dengan mengunakan istilah lebih dari, kurang dari.
  • Menyusun bilangan dari yang kecil ke yang besar
  • Menyusun bilangan dari yang besar ke yang kecil
  • Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500
  • Menyebutkan pengertian bilangan genap
  • Menyebutkan pengertian bilangan ganjil
  • Mengurutkan bilangan ganjil dari 1 – 21
  • Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20
  1. BAHASA INDONESIA
  • Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru
  • Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
  • Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri
  • Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
  • Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
  • Mendeklamasikan puisi
  • Menjelaskan isi puisi
  • Memperagakan percakapan
  • Membuat percakapan
  • Memberikan tanggapan terhadap cerita teman
  • Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
  • Membaca teks dengan bersuara
  • Mengajukan pertanyaan bacaan
  • Menceritakan kembali isi bacaan
  • Membaca puisi
  • Menceritakan puisi
  • Melengkapi cerita
  • Menyusun kalimat menjadi cerita
  • Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf bersambung
  • Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik
  • Menggunakan huruf capital dalam kalimat
  1. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN ( SBK )
  • Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritual keseimbangan & kesatuan
  • Mengelompokkan berbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
  • Menggunakan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda dialam sekitar.
  • Memilih obyek benda alam yang menarik
  • Menggunakan perasaan secara lisan tentang obyek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
  • Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan seni rupa
  • Membedakan gerak angin sepoi-sepoi dengan gerak angin rebut
  • Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat          :

PKN

  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman

IPS

  • Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
  • Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen
  • Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi
  • Menyampaikan pendapat / komentar tentang peristiwa yag dialami teman

IPA

  • Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah
  • Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
  • Menjelaskan sifat benda padat
  • Menjelaskan sifat benda cair

MATEMATIKA

  • Menentukan bilangan 1 sampai 500
  • Menentukan bilangan lebih besar
  • Menentukan bilangan lebih kecil
  • Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, >, =.
  • Membandingkan kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
  • Menyusun bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar.
  • Menyusun bilangan dari yang terbesar ke yang terkecil.
  • Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500
  • Menyebutkan pengertian bilangan genap
  • Menyebutkan pengertian bilangan ganjil
  • Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil
  • Mengurutkan bilangan ganjil dari 1 – 21
  • Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20

BAHASA INDONESIA

  • Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru
  • Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
  • Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri
  • Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
  • Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
  • Mendeklamasikan puisi
  • Menjelaskan isi puisi
  • Memperagakan percakapan
  • Membuat percakapan
  • Memberikan tanggapan terhadap cerita teman
  • Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
  • Membaca teks dengan bersuara
  • Mengajukan pertanyaan bacaan
  • Menceritakan kembali isi bacaan
  • Membaca puisi
  • Menceritakan isi puisi
  • Melengkapi cerita
  • Menyusun kalimat menjadi cerita
  • Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf bersambung
  • Menuliskan kalimat yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
  • Menggunakan huruf capital dalam kalimat

SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN

  • Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan
  • Mengelompokkan berbagai  ukuran : bintik, garis, bidang warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
  • Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
  • Memilih objek benda alam yang menarik
  • Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
  • Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
  • Membedakan gerak angin sepoi-sepoi dengan gerak angin rebut.
  • Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang
  1. MATERI BELAJAR
  • Hidup gotong royong
  • Dokumen pribadi dan keluarga
  • Manfaat dokumen
  • Bagian utama tumbuhan dan hewan
  • Sifat benda
  • Bilangan 1 – 500
  • Mengurutkan bilangan
  • Mendengarkan teks pendek
  • Deskripsi puisi
  • Percakapan
  • Puisi
  • Membaca teks pendek
  • Menjelaskan isi puisi
  • Melengkapi kalimat
  • Menulis
  • Unsur rupa
  • Gerak alam semesta
  1. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
    1. Metode
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Tanya Jawab
  • Demintrasi
  • Pemberian Tugas
  1. Metode Pembelajaran : Siswa Aktif
  2. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN I

No KEGIATAN WAKTU METODE
1. Pendahuluan 

  • Berdo’a
  • Absensi
  • Menyanyi / dongeng yang berkaitan dengan materi
2. Kegiatan Inti 

Minggu I

Pertemuan I : ( Matematika, Bahasa Indonesia )

  1. Eksplorasi
  • Guru membilang bilangan 1,2,3 dan seterusnya
  • Guru menunjukkan bilangan yang lebih besar
  • Guru menunjukkan bilangan yang lebih kecil
  1. Elaborasi
  • Siswa menyebutkan bilangan 1, 2, 3, dan seterusnya
  • Siswa mampu menunjukkan bilangan yang lebih besar
  • Siswa mampu menunjukkan bilangan yang lebih kecil
  1. Konfirmasi
  • Siswa dapat mengerjakan soal bilangan 1, 2, 3, dan seterusnya
  • Siswa dapat mengerjakan soal bilangan yang lebih besar
  • Siswa dapat mengerjakan soal bilangan yang lebih kecil

BAHASA INDONESIA

  1. Eksplorasi
  • Guru membcakan teks pendek
  • Guru memberikan pertanyaan tentang isi teks pendek.
  • Guru menyuruh anak menceritakan kembali dengan bahasa sendiri
  1. Elaborasi
  • Siswa mampu mendengarkan teks pendek
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek
  • Siswa dapat menceritakan kembali isi teks bacaan
  1. Konfirmasi
  • Guru  memberikan tugas menirukan pembacaan teks pendek
  • Guru memberikan tugas pertanyaan tentang isi teks pendek
  • Guru menceritakan kembali isi teks pendek

 

3. Penutup 

  • Guru bersama murid membuat rangkuman mengenai teks pendek.
  • Guru memberikan jawaban pertanyaan tentang isi teks pendek

 

Pertemuan Ke II    : Matematika, Bahasa Indonesia, IPS

No KEGIATAN WAKTU METODE
1. Pendahuluan 

  • Berdo’a
  • Absensi
  • Materi
2. Kegiatan Inti 

MATEMATIKA

  1. Eksplorasi
  • Guru menanyakan tentang symbol >, <, =
  • Guru menanyakan tentang kumpulan benda yang lebih besar dan lebih kecil
  1. Elaborasi
  • Siswa mampu menjawab tentang symbol >, <, =
  • Siswa dapat menyebutkan kumpulan benda yang lebih besar dan kecil
  1. Konfirmasi
  • Siswa mengerjakan soal tentang bilangan >, <, =
  • Siswa dapat mengelompokkan kumpulan benda yang lebih besar dan kecil

BAHASA INDONESIA

  1. Eksplorasi
  • Guru membacakan Puisi
  • Guru mendeklamasikan Puisi
  • Guru memperagakan Puisi
  1. Elaborasi
  • Siswa menirukan bacaan puisi guru
  • Siswa menjawab pertanyaan tentang isi Puisi
  • Siswa menafsirkan isi Puisi
  1. Konfirmasi
  • Guru menyuruh anak membaca Puisi
  • Guru memberikan pertanyaan tentang isi Puisi
  • Guru menyuruh anak untuk menafsirkan isi Puisi

IPS

  1. Eksplorasi
  • Guru menunjukkan KTP, SIM, Akte dll
  • Guru menceritakan peristiwa melalui foto
  1. Elaborasi
  • Siswa mampu menyebutkan dokumen diri
  • Siswa mampu menyebutkan dokumen keluarga
  1. Konfirmasi
  • Guru menyuruh anak menunjukkan KTP, SIM, AKTE dll             ( dokumen diri )
  • Guru menyuruh siswa menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil

 

3. Penutup 

 

Pertemuan Ke III   : ( Matematika, Bahasa Indonesia )

No KEGIATAN WAKTU METODE
1. Pendahuluan 

  • Berdo’a
  • Absensi
  • Materi
2. Kegiatan Inti 

MATEMATIKA

  1. Eksplorasi
  • Guru membilangan bilangan dari yang kecil ke yang besar
  • Guru membilang bilangan dari yang besar ke yang kecil
  • Guru menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500
  1. Elaborasi
  • Siswa membilang bilangan dari yang kecil ke yang besar
  • Siswa membilang bilangan dari yang besar ke yang kecil
  • Siswa mampu menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500
  1. Konfirmasi
  • Guru menyuruh anak menyusun bilangan dari yang kecil ke yang besar
  • Guru menyuruh anak menyusun bilangan dari yang besar ke yang kecil
  • Guru menyuruh anak membilang bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500

BAHASA INDONESIA

  1. Eksplorasi
  • Guru memberikan sebuah cerita
  • Guru mendeklamasikan puisi dengan akspresi yang tepat
  • Guru memberikan pertanyaan tentang isi cerita
  1. Elaborasi
  • Siswa menirukan puisi yang dibacakan guru serta ekspresinya
  • Siswa menjawab tentang pertanyaan isi Puisi.
  • Siswa mampu menceritakan kembali tentang isi Puisi
  1. Konfirmasi
  • Guru menyuruh anak untuk menirukan Puisi
  • Siswa mampu menjawab isi Puisi
  • Siswa mampu menceritakan kembali isi Puisi
3. Penutup 

 

Pertemuan ke IV   : ( Bahasa Indonesia, IPA, PKn )

No KEGIATAN WAKTU METODE
1. Pendahuluan 

  • Berdo’a
  • Absensi
  • Materi
2. Kegiatan Inti 

BAHASA INDONESIA

  1. Eksplorasi
  • Guru menceritakan isi Puisi
  • Guru menyusun kalimat menjadi cerita
  1. Elaborasi
  • Siswa menirukan pembacaan Puisi guru
  • Siswa dapat menyusun kalimat menjadi cerita
  1. Konfirmasi
  • Guru menyuruh anak menceritakan isi Puisi
  • Guru menyuruh anak menyusun kalimat menjadi cerita.

IPA

  1. Eksplorasi
  • Guru menjelaskan bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
  • Siswa menjelaskan bagian utama tumbuhan
  • Guru menjelaskan sifat benda padat dan benda cair
  1. Elaborasi
  • Siswa mendengarkan bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah
  • Siswa menyimak keterangan tentang bagian utama tumbuhan
  • Siswa dapat menyebutkan sifat benda padat dan benda cair
  1. Konfirmasi
  • Guru member pertanyaan tentang bagian utama tubuh hewan
  • Guru menyuruh anak menjelaskan bagian utama tumbuhan.
  • Siswa di suruh mencari contoh-contoh benda padat dan benda cair

PKN

  1. Eksplorasi
  • Guru menanyakan tentang akibat hidup rukun dan tidak rukun
  • Guru menerangkan manfaat saling berbagi dengan teman
  1. Elaborasi
  • Siswa menjawab pertanyaan guru tentang arti hidup rukun
  • Siswa mengetahui manfaat saling berbagi dengan teman
  1. Konfirmasi
  • Guru member pertanyaan tentang hidup rukun.
  • Guru menyuruh siswa memberikan contoh manfaat saling berbagi dengan teman

 

3. Penutup 

 

Minggu ke III

Pertemuan I          : ( Matematika, Bahasa Indonesia )

No KEGIATAN WAKTU METODE
1. Pendahuluan 

  • Berdo’a
  • Absensi
  • Materi
2. Kegiatan Inti 

MATEMATIKA

  1. Eksplorasi
  • Guru menentukan bilangan 1 – 500
  • Guru menyebutkan bilangan yang lebih besar
  • Guru menyebutkan bilangan yang lebih kecil
  1. Elaborasi
  • Siswa dapat menyebutkan bilangan 1 – 500
  • Siswa dapat menyebutkan bilangan yang lebih besar
  • Siswa dapat menyebutkan bilangan yang lebih kecil
  1. Konfirmasi
  • Guru menyuruh anak menyusun bilangan 1 – 500
  • Guru menyuruh anak menyusun bilangan dari yang besar ke yang kecil
  • Guru menyuruh anak membilang bilangan dengan benar secara urut

BAHASA INDONESIA

  1. Eksplorasi
  • Guru membacakan teks pendek
  • Guru memberikan pertanyaan tentang teks pendek yang dibacakan guru
  • Guru menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri
  1. Elaborasi
  • Siswa membaca teks pendek
  • Siswa menjawab pertanyaan yang dibacakan guru tentang teks pendek
  • Siswa menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri
  1. Konfirmasi
  • Guru menyuruh siswa membaca teks pendek
  • Guru menyuruh siswa untuk menjawab pertanyaan
  • Guru menyuruh siswa menceritakan kembali isi teks bacaan

 

3. Penutup 

 

Pertemuan II         ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS )

No KEGIATAN WAKTU METODE
1. Pendahuluan 

  • Berdo’a
  • Absensi
  • Materi
2. Kegiatan Inti 

Matematika

  • Membandingkan dua bilangan dengan menggunakan symbol <, =, >
  • Membandingkan kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
  1. Elaborasi
  • Siswa membandingkan dua bilangan dengan menggunakan symbol <, =, >.
  • Siswa membandingkan kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari dan kurang dari.
  1. Konfirmasi
  • Guru menyuruh siswa membandingkan dua bilangan dengan menggunakan <, =, >.
  • Guru menyuruh siswa untuk membandingkan kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari dan kurang dari.

Bahasa Indonesia

  • Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri
  • Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri

Elaborasi

  • Siswa menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri
  • Siswa menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri

Konfirmasi

  • Guru menyuruh siswa menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
  • Guru menyuruh siswa menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri

IPS

  • Menunjukkan dokumen diri dari keluarga
  • Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri sendiri dan keluarga melalui dokumen.

Elaborasi

  • Siswa menunjukkan dokumen diri dari keluarga
  • Siswa menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri sendiri dan keluarga melalui dokumen

Konfirmasi

  • Guru menunjukkan dokumen diri dari keluarga.
  • Guru menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri sendiri dan keluarga melalui dokumen.

 

3. Penutup 

 

Pertemuan III ( Matematika, Bahasa Indonesia )

No KEGIATAN WAKTU METODE
1. Pendahuluan 

  • Berdo’a
  • Absensi
  • Materi
2. Kegiatan Inti 

Matematika

  • Menyusun bilangan dari yang kecil ke yang besar
  • Menyusun bilangan dari yang besar ke yang kecil

Elaborasi

  • Siswa menyusun bilangan dari yang kecil ke yang besar
  • Siswa menyusun bilangan dari yang besar ke yang kecil

Konfirmasi

  • Guru menyusun bilangan dari yang kecil ke yang besar.
  • Guru menyusun bilangan dari yang besar ke yang kecil

Bahasa Indonesia

  • Menjawab pertanyaan tentang isi Puisi
  • Mendeklamasikan isi Puisi

Elaborasi

  • Siswa menjawab pertanyaan tentang isi Puisi
  • Siswa mendeklamasikan Puisi
  • Siswa memahami isi Puisi

Konfirmasi

  • Guru memberikan pertanyaan tentang isi puisi
  • Guru member contoh / mendeklamasikan Puisi
  • Guru menjelaskan isi Puisi

 

3. Penutup 

 

Pertemuan ke IV ( Bahasa Indonesia, PKn, IPA )

No KEGIATAN WAKTU METODE
1. Pendahuluan 

  • Berdo’a
  • Absensi
  • Materi
2. Kegiatan Inti 

Bahasa Indonesia

  • Memperagakan percakapan
  • Membuat percakapan

Elaborasi

  • Siswa memperagakan percakapan
  • Siswa dapat membuat percakapan

Konfirmasi

  • Guru  memperagakan percakapan
  • Guru membuat percakapan

Pendidikan Kewarganegaraan

  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.

Elaborasi

  • Siswa dapat mengerti arti rukun
  • Siswa dapat menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.

Konfirmasi

  • Guru menjelaskan arti rukun
  • Guru menyebtkan manfaat saling berbagidengan teman

Ilmu Pengetahuan Alam

  • Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewab di sekitar rumah
  • Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan

Elaborasi

  • Siswa menidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekita rumah
  • Siswa mengidentifikasi bagian utama tumbuhan

Konfirmasi

  • Guru mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah
  • Guru mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
3. Penutup 

 

  1. SUMBER BELAJAR
    1. Buku Pengetahuan Sosial SD Kelas II, Penerbit Erlangga
    2. Buku Sains SD Kelas II, Penerbit Erlangga
    3. Buku PKn kelas II, Penerbit Grapindo Media Pratama
    4. Buku pelajaran Matematika SD kelas II, Penerbit Erlangga
    5. Buku Bina Bahasa ndonesia dan Sastra SD kelas II, Penerbit Erlangga
  1. Penilaian
Indikator Penilaian Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
  • Menjelaskan arti rukun
Lisan Isian Apa yang disebut hidup Rukun ?
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman
Tertulis Isian Sebutkan apa saja manfaat saling berbagi dengan teman.
  • Menyebutkan dokumen diri dan keluarga.
Tertulis Isian Sebutkan apa yang termasuk dokumen diri dan dokumen keluarga ?
  • Menceritakan peristiwa yg berkesan di waktu kecil tentang diri dan keluarga.
Lisan Isian Coba ceritakan peristiwa yang kamu alami di waktu kecil.
  • Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan.
Tertulis Pilihan Ganda Burung mempunyai sayap untuk …. 

  1. Terbang
  2. Melompat
  3. Berenang
  • Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
Tertulis Isian Bagian pohon mangga yang dapat di makan yaitu …..
  • Menentukan bilangan 1 – 500
Tertulis Isian Nama bilangan dari 154 adalah ………
  • Menentukan bilangan lebih besar
Tertulis Isian 231 ……….. 442
  • Membaca Puisi
Lisan Bacakan Puisi ini ! 

Indahnya pagi

Setitik embun membasahi

Bunga Mawarku

Bagaikan pelangi di pagi hari segar harum

Wangi di tamanku.

  • Menceritakan kembali isi Puisi dengan bahasa sendiri
Lisan Ceritakan apa isi puisi diatas?
  1. KUNCI JAWABAN
No Jawaban Skor Nilai
1. Hidup rukun adalah hidup bersama saling membantu yang menciptakan kehidupan yang bahagia
2. Manfaat saling berbagi denga teman : 

  1. Kita mempunyai banyak teman
  2. Kita dapat belajar bersama teman-teman
  3. Kita dapat bermain bersama dengan teman
3. Yang termasuk dokumen diri : 

Akta Kelahiran, KTP, SIM, Foto diri, Ijazah, Piagam Penghargaan.

Yang termasuk dokumen keluarga :

Foto keluarga, Kartu Keluarga, Buku Nikah, Sertifikat tanah, BPKB, atau STNK

4. Pernah jadi juara kelas, pernah juara mengikuti lomba menyanyi, waktu usia TK pernah copot giginya.
5. Terbang
6. Buahnya
7. Seratus lima puluh empat
8. <
9. Puisi Indahnya Pagi di baca : 

Indahnya Pagi

Setitik embun membasahi bunga mawarku

Bagaikan pelangi di pagi hari

Segar harum

Wangi di tamanku

10. Isi puisi diatas : 

Di pagi yang undah bunga mawarku dibasahi oleh setitik embun yang sangat menyegarkan.

Sehingga bunga di tamanku menjadi segar dan harum.

Jumlah Skor Maksimal

…………….., …………………………………………

Mengetahui                                                                 Guru Kelas II,


About these ads

9 Responses to "Contoh RPP Tematik SD model Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi kelas 2 sem 1"

tolong kirim saya rpp tematik model eksplorasi, elaborasi, konfirmasi kelas 2 sem 2, cuma kurang itu saja makasih…

kirim rpp kelas 2, model baru dg eksp+ela+k0nf, lengkap smt 1 + 2, sbg bahan pembanding pembuatan rpp di kkg kecamatan. Tq.

hmmmm……….ASAP

minta kirim rpp kelas 2, model baru dg eksp+ela+k0nf, lengkap smt 1 + 2….thanks

SAYA ACUNGI JEMPOL UNTUK PENULIS BLOG INI…
KAMI MERASA SNGAT TRBANTU DENGAN CONTOH RPP TEMATIK INI… KARENA PENYUSUNAN RPP TEMATIK SANGAT2 SULIT BILA DIBANDINGKAN DENGAN PENYUSUNAN RPP PELAJARAN LAIN.
kami harapkan bapak/ibu mengirimkan rpp tematik kelas 2 untuk tema yang lainnya pada sem 1 dan 2
terima kasih.

Saya tidak menulis sendiri pak, saya hanya menggunggah yang saya dapat dari berbagai sumber.

pak, saya juga mau dikirim rpp semester 2 kelas 2.. :)

contoh rpp tema “binatang” tolong dong kirim kesini, biar kami yang mengkopi

Kami sangat senang dengan adanya blog ini, jujur kami baru akan menerapkan pembelajan tematik disekolah kami,jadi kami mohon bantuannya untuk memberikan contoh pembuatan RPP tematik untuk kelas 1 semester 1 & 2. trimakasih smoga kita dapat saling berbagi pengalaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,636,077 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 166 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

%d bloggers like this: