Belajar jadi Guru

RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 pola eksplorasi, elaborasi, konfirmasi

Posted on: January 21, 2011


Sumber : www.scribd.com

Download:

RPP Bahasa Indonesia SMP KELAS VIII Pola Eksplorasi Elaborasi dan Konfirmasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NO  1 

Sekolah                       :  SMP  Negeri 1 Rembang

Mata Pelajaran          :  Bahasa Indonesia

Kelas  /  Semester     :  VIII  /  1

Alokasi Waktu           :  4  x  40 menit

 

  1. A.     Standar Kompetensi

1 Memahami wacana lisan berbentuk laporan. 

  1. B.     Kompetensi Dasar

1.1  Menganilis laporan. 

  1. C.     Indikator
    1. mampu menuliskan pokok-pokok laporan perjalanan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat, jelas, dan santun.
    2. mampu  menganalisis urutan waktu dan ruang  dalam laporan yang diperdengarkan dengan baik dan santun. 
  2. D.    Tujuan Pembelajaran
  3. Siswa dapat menyimak laporan perjalanan dengan baik dan santun.
    1. Siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan isi laporan yang diperdengarkan dengan baik dan santun.
  4. Siswa dapat menuliskan kembali pokok-pokok isi laporan yang didengarnya secara

singkat dan  benar.

  1. Siswa dapat menganalisis urutan waktu dan ruang dalam  laporan perjalanan dengan baik dan santun.
  2. E.     Materi Pembelajaran
    1. a.    Pengertian laporan

Laporan merupakan suatu keterangan mengenai suatu peristiwa atau perihal yang ditulis berdasarkan berbagai data, fakta,dan keterangan yang melingkupi peristiwa atau perihal tersebut.

Laporan mengenai peristiwa atau perihal yang bersifat penting atau resmi biasanya disampaikan dalam bentuk tulisan.

Menganalisis laporan berarti melakukan suatu kajian atau penelitian terhadap suatu laporan. Hal yang dianalisis dalam laporan dapat meliputi isi peristiwa, kronologi waktu, kelengkapan data,

kebahasaan, dan bentuk laporan.

Supaya dalam menganalisis laporan yang kalian simak dapat memberikan hasil yang maksimal, kalian perlu memerhatikan hal-hal berikut.

1. Menyimak laporan dengan saksama, sehingga dapat menangkap informasi yang disampaikan  secara utuh dan lengkap serta terperinci.

2. Melakukan pengecekan terhadap setiap hal yang dilaporkan secara detail dan cermat.

3. Tidak mencampuradukkan antara fakta (yang bersifat objektif) dan opini atau pendapat (yang cenderung bersifat subjektif).

  1. b.     Langkah-langkah menganalisis laporan

 Beberapa langkah yang dapat membantu dalam proses menganalisis laporan adalah berikut.

1. Memahami isi laporan dari bentuk, isi, maupun kebahasaan.

2. Menguraikan secara detail atau rinci pokok-pokok isi laporan.

3. Memberikan suatu pandangan atau pendapat terhadap laporan berdasarkan suatu teori atau definisi (referensi).

  1. c.        Urutan  laporan perjalanan

Dalam sebuah laporan dapat dijumpai urutan waktu, urutan tempat, juga urutan kejadian.

Laporan  berisi hal-hal berikut ini.

a. Apa yang dilaporkan.

b. Siapa yang membuat laporan.

c. Kapan laporan itu dibuat.

d. Di mana hal yang dilaporkan itu terjadi.

e. Bagaimana bentuk laporan itu.

  1. F.      Skenario Pembelajaran

Pertemuan  Pertama 

No Kegiatan Waktu Metode/ Teknik
1.2.

3.

Pendahuluan

  1. Guru memeriksa kesiapan siswa.
  2. Guru menyampaikan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.
  3. Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari siswa dengan pelajaran sebelumnya.

Kegiatan Inti

Eksplorasi

  1. 1.  Siswa dan guru bertanya jawab  mengenai laporan yang biasa dibacakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya laporan perjalanan.
  2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang urutan laporan perjalanan dengan baik dan santun.

Elaborasi

  1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
  2. Secara kelompok  siswa menyimak pembacaan laporan perjalanan.
  3. Guru memberikan tugas dan masing-masung kelompok memngerjakannya.
  4. Siswa secara kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompoknya mengerjakan dan mengetahui jawabannya.
  5. Guru memanggil salah satu nomor  siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka tentang pokok-pokok laporan dan pola urutan waktu atau ruang dalam laporan.
  6. Kelompok yang lain memberikan tanggapan .
  7. Guru menunjuk nomor yang lain dari kelompok yang berbeda.

Konfirmasi

1. Hasil presentasi disimpulkan bersama-sama dengan pengarahan guru.

Penutup

  1. Guru bersama siswa melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah dipelajari dan kesulitan yang dihadapi siswa.
  2. Guru menjelaskan tugas-tugas pada pertemuan berikutnya, yaitu menanggapi isi laporan perjalanan.
10’60’

10’

Tanya jawabCeramah

Diskusi

Tanya jawab

Inkuiri

Tanya jawab

 

Pertemuan  Kedua

No Kegiatan Waktu Metode/ Teknik
1.2.

3.

Pendahuluan

  1. Guru memeriksa kesiapan siswa.
  2. Guru menyampaikan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.
  3. Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari siswa dengan pelajaran sebelumnya.

Kegiatan Inti

Eksplorasi

a.  Siswa dan guru bertanya jawab tentang urutan laporan perjalanan dengan baik dan santun.

  1. Guru menjelaskan tentang menganalisis laporan dan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam menganalisis laporan perjalanan.

Elaborasi

  1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
  2. Secara kelompok  siswa menyimak pembacaan laporan perjalanan.
  3. Guru memberikan tugas dan masing-masung kelompok memngerjakannya.
  4. Siswa secara kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompoknya mengerjakan dan mengetahui jawabannya.
  5. Guru memanggil salah satu nomor  siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka tentang pokok-pokok laporan dan pola urutan waktu atau ruang dalam laporan.
  6. Kelompok yang lain memberikan tanggapan .
  7. Guru menunjuk nomor yang lain dari kelompok yang berbeda.

Konfirmasi

1. Hasil presentasi disimpulkan bersama-sama dengan pengarahan guru.

Penutup

  1. Guru bersama siswa melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah dipelajari dan kesulitan yang dihadapi siswa.
  2. Guru menjelaskan tugas-tugas pada pertemuan berikutnya, yaitu menanggapi isi laporan perjalanan.
10’60’

10’

Tanya jawabCeramah

Diskusi

Tanya jawab

Inkuiri

Tanya jawab

 

  1. G.    Metode dan model pembelajaran

Metode

  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Inkuiri
  4. Diskusi

 

Model Pembelajaran

  1. Kepala Bernomor
  2. H.    Media dan Sumber Belajar

H.1. Contoh Laporan Perjalanan

H.2. Rekaman Pembacaan Laporan

H.3. BSE Bahasa Indonesia

  1. I.       Penilaian

1.1.   Teknik              : Tes unjuk kerja.

1.2.   Bentuk instrumen          : Uji petik kerja produk

1.3.   Soal /Instrumen :

1.3.1.      Tulislah enam pokok laporan dari laporan perjalanan yang diperdengarkan !

1.3.2.      Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya !

Rubrik Penilaian Menulis Pokok-pokok Laporan

Aspek Deskriptor skor skor maksimal
Pokok–pokok laporan ü      Menyebutkan enam pokok laporanü      Menyebutkan lima pokok laporan

ü      Menyebutkan empat pokok laporan

ü      Menyebutkan tiga pokok laporan

ü      Menyebutkan dua pokok laporan

ü      Menyebutkan satu pokok laporan

ü      Tidak  menyebutkan pokok laporan

65

4

3

2

1

0

6
Pola urutan laporan ü      Menentukan pola urutanlaporan dengan tepatü      Menentukan pola urutan laporan tidak tepat

ü      Tidak menentukan pola urutan laporan

42

0

4
  Jumlah skor maksimal   10

Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah sebagai berikut:

  Perolehan Skor      
Nilai akhir = ———————— X Skor Ideal (100)  
  Skor Maksimum (10)      

 Mengetahui,                                                                  Rembang,     12  Juli  2010

Kepala SMPN 1 Rembang                                           Guru Mata Pelajaran

     SUPARDI, S.Pd.                                                        SUTRISNO, S. Pd.

     NIP  19560218 197711 1 002                           NIP 19700605 199802 1 004

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,534,602 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 158 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 158 other followers

%d bloggers like this: