Belajar jadi Guru

Contoh RPP Bahasa Inggris Eksplorasi, elaborasi dan Konfirmasi SMP N 16 Berau

Posted on: January 29, 2011


Sumber : http://www.scribd.com

Download:

Rpp-EEk-Inggris-Smp

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

A. Identitas

Sekolah                     :  SMP Negeri 16 Berau

Kelas / Semester       :  VIII / 1

Mata Pelajaran          :  Bahasa Inggris

Program                    :  -

Jumlah Pertemuan    :  2 Pertemuan

  1. B. Standar Kompetensi (SK)

1.     Mendengarkan

Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

  1. C. Kompetensi Dasar (KD)

1.1      Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat.

  1. D. Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
  2. Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
  3. Mengakui, mengingkari fakta
  4. Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat
  1. E. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat:

  1. Memahami berbagai ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
  2. Memahami berbagai ungkapan meminta, memberi, menolak barang
  3. Memahami berbagai ungkapan mengakui dan mengingkari fakta
  4. Memahami berbagai ungkapan meminta dan memberi pendapat
  1. F. Materi Ajar

1.  To ask for someone’s help, you could use these expressions:

•   Can you help me, …?

•   Please, help me.

•   Can you do me a favour, please?

•   Would you be so kind as to …?

2.  To give help to someone, you could use these expressions:

•   Let me give you a hand.

•   Here, I’ll do it for you.

•   May I help you with …, Sir/Ma’am?

3.  To reject someone’s help, you could use these expressions:

•   No, it’s not necessary.

•   Thank you for offering, but ….

•   No, Thank you

4.   You can use these expressions to ask for items from someone.

•   Can I have …?

•   Can you give me …?

•   May I have …?

5.   You can use these expressions to give items to someone.

•   Here you are.

•   This is for you.

•   I’d like to give you ….

•   Please accept ….

6.   You can use these expressions to reject items from someone.

•   No, thank you.

•   Not for me, thanks.

•   Not this time, thanks.

7.  To admit a fact, you could use these expressions:

•   Yes, I admit it.

•   Yes, I did ….

•   Yes, it’s true.

8.  To deny a fact, you could use these expressions:

•   I’m not lying, Dad. (actually you lie).

•   No, I didn’t say that. (actually you said it).

•   The flower smells good. (actually the flower smells bad)

9.  To ask for opinion, you could use these expressions:

•   What’s your opinion of/about ….?

•   What do you think about that?

•   What do you feel about the ….?

•   Do you think …….?

10. To give opinion, you could use these expressions:

•   In my opinion, ….

•   I think ……

  1. G. Alokasi Waktu

Pertemuan pertama (2 x 40 menit) digunakan untuk membahas berbagai bentuk ungkapan menawarkan, memberi dan menolak bantuan (barang/jasa) beserta contoh percakapan, pertemuan kedua digunakan untuk membahas berbagai bentuk ungkapan mengakui dan menginkari fakta, dan meminta serta memberi pendapat beserta contoh percakapannya.

  1. H. Metode Pembelajaran

Three phase Techniques :

  • Pre listening
  • Whilst listening
  • Post Listening
  1. I. Kegiatan Pembelajaran
    1. 1. Kegiatan Awal

Dalam kegiatan awal, guru:

  • Mengucapkan salam secara santun dan berdoa bersama siswa sebelum memulai pelajaran.
  • Menanyakan kehadiran siswa di kelas.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
  • Menghubungkan materi dengan kehidupan siswa sehari-hari untuk memperoleh pemahaman siswa.
  1. 2. Kegiatan Inti

A)   Eksplorasi

Dalam kegiatannya guru:

  • Mendengarkan dialog tentang ungkapan meminta dan memberi barang dan  jasa melalui ucapan guru atau media electronik seperti CD, Podcast, atau MP3 .
  • Mengidentifikasi kosakata sulit yang terkait dengan ungkapan menawarkan, meminta dan menolak jasa dan barang, mengakui dan mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.dan memberi barang dan jasa, dan pemakaian tata bahasa untuk membentuk kalimat sederhana.
  • Menemukan jenis kalimat yang dipakai dalam ungkapan menawarkan, meminta dan menolak jasa dan barang, mengakui dan mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.dan memberi barang dan jasa.

B)   Elaborasi:

Dalam kegiatannya guru meminta siswa untuk:

  • Membahas ungkapan yang telah ditemukan siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  • Merespon kalimat-kalimat yang diucapkan guru terkait tentang menawarkan, meminta dan menolak jasa dan barang, mengakui dan mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.dan memberi barang dan jasa dengan menirukan kembali.
  • Menjawab pertanyaan tentang isi ungkapan tentang menawarkan, meminta dan menolak jasa dan barang, mengakui dan mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.dan memberi barang dan jasa melalui ungkapan yang diucapkan guru atau melalui media.

C)   Konfirmasi:

Dalam kegiatannya guru:

  • Memberi   umpan balik tentang ungkapan menawarkan, meminta dan menolak jasa dan barang, mengakui dan mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.dan memberi barang dan jasa yang telah diperagakan .
  • Membuat rangkuman materi tentang meminta dan memberi barang dan jasa
  1. 3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

  • Menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung
  • Menyimpulkan materi pembelajaran
  • Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya
  1. J. Penilaian Pembelajaran
No. Indikator Teknik Bentuk Instrumen
1. Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa Tes lisan Merespon secara lisan

 

I. Listen to the expressions and give your response orally

  1. Can you water these plants ? ( accept )

………………………………………

  1. Do you want me to water the flowers ? (accept )

………………………………………

  1. Can I help you dig the soil ? ( refuse )

………………………………………

  1. Do you think it is good to plant flowers in this garden ?

………………………………………

  1. I think it will be better if we plant the orchids over here ?

………………………………………

2. Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang Tes lisan PG

 

II. Listen to the expressions and choose the best response, a, b, c or d.

  1. A  :   Can you get me any grass to feed the zebra ?

B :   …

a.   Sure, where do you keep them

b.   I don’t think it’s a good idea

c.   Thank you, that’s very kind of you

d.   Don’t worry, they are already full

  1. A  :   I bring some pet-food for your cat ?

B :   …

a.   Yes, I know.

b.   Oh thank you so much.

c.   I don’t think I will like it.

d.   Sure ,  here you are

  1. A  :   Did you break the vase ?

B :   ………………………..

a.   I don’t know.

b.   Yes, I did

c.  I’m not sure

d.   All right.

  1. A  :   What do you think of this orchid ?

B : …

a.   Sure, I will

b.   Yes, I know

c.   That’s very kind of you

d.   Not bad

  1. A  :   The coffee is bitter. Can I have some more sugar, please ?

B : …

a.   Yes, Sir. You have to buy it.

b.   No, Sir. It’s sweet already

c.   Ok, I’ll make another one.

d.   Ok, how much sugar do you need ?

3. Merespon ungkapan mengakui dan mengingkari fakta

 

Tes tertulis Mendengarkan III. Fill in the gap with suitable words

Baron and Jaja are visiting the Bogor otanical Garden. Jaja wants to see the Raflesia flower.

Jaja     : I’ve never seen a Raf􀃁 esia 􀃁 ower.

Baron : You’ll be surprised when you see it?

Jaja     : Why? Is it beautiful?

Baron : 1) ………

Jaja     : Does it smell good!

Baron  : Yes, it smells very good.

Jaja      : I can’t wait to see it.

After a few minutes, they arrive at the Rafl esia flower place.

Jaja      : 2)  …………….?

Baron  : What smell? I don’t smell anything. Anyway, that is the Raflesia flower. (pointing at the Raflesia flower)

Jaja      : Wow, it is beautiful.

Baron  : Just like I said, right?

Jaja      : Yes. But I still smell something. The smell is stronger now. I wonder …. Ron, you said a Raflesia flower smells good, didn’t you?

Baron  : 3) ………. .

Jaja      : Yes, you did. You lied to me. This flower doesn’t smell good at all. It smells very bad.

Baron : Yes, it does. I lied to you.

Jaja     : Now you admit it.

Baron  : 4) ………… I was just trying to give you a surprise for you.

4. Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat Tes tertulis Membuat kalimat IV. Make a short dialogue based of the given situation.

  1. Some people often throw rubbish into the river.

A:  What do you think about people who throw rubbish into the river?

B:  I think they are very careless.

  1. some people burn the forest to build houses
  2. some people wash their clothes in the river
  3. some people pick flowers from the public garden
  4. people stand in line to get ticket.

Pedoman Penilaian:

1.  Untuk nomor I, tiap jawaban benar skor 2

2.  Untuk nomor II, tiap jawaban benar diberi skor 2

3.   Untuk nomor III, tiap jawaban benar diberi skor 2,5

4.   Untuk nomor IV, tiap jawaban benar diberi skor 2,5

3.   Jumlah skor maksimal       I     5 x 2    = 10

II    5 x 2    = 10

III  4 x 2,5 = 10

IV  4 x 2,5 = 10

Jumlah = 40

4.   Nilai maksimal = 10

5.   Nilai Siswa =

  1. K. Sumber Belajar

1. Artono Wardiman, dkk. Buku BSE: English in focus for grade IX Junior High School. Jakarta : Pusat Perbukuan

2. Joko Priyana, dkk. Buku BSE: Scaffolding: English for Junior High School Students, grade VIII. Jakarta: Pusat Pembukuan

3.  Gambar-gambar peristiwa/benda terkait

Tumbit Melayu, Agustus 2010

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                             Guru Mata Pelajaran

Alpaseh Gegarang,                                             S.Pd Muhammad Rusli, SS

NIP. 19640206 198603 1 017            NIP. 19820118 201001 1 012

Donasi dengan klik iklan:

BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat

About these ads

4 Responses to "Contoh RPP Bahasa Inggris Eksplorasi, elaborasi dan Konfirmasi SMP N 16 Berau"

I like to have the RPP with eksploration, elaboration and confirmation.

could you please show me the rest?

Maaf, yang kami punya adalah yang kami unggah….kalau belum lengkap berarti kami juga tidak mempunyai data lainnya….makasih

thanks for sharing…may God bless you…aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,595,941 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 162 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 162 other followers

%d bloggers like this: