Belajar jadi Guru

RPP Bahasa Indonesia SMK Paramitha 1 kelas X,XI,XII

Posted on: January 29, 2011


Sumber : http://www.scribd.com

Download:

RPP-Bahasa-Indonesia-SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                     : X / 1

Pertemuan ke                        : 1, 2, 3, 4

Alokasi Waktu                       : 8 x 45 menit (8 jam pelajaran)

Standar Kompetensi             : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara

tingkat Semenjana.

Kompetensi Dasar                 : 1.1 Menyimak untuk memahami Informasi lisan

dalam konteks bermasyarakat.

_____________________________________________________________________

I. INDIKATOR

  1. Mengidentifikasi informasi lisan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci.
  2. Mengidentifikasi sumber informasi lisan.
  3. Mengenal ragam dan laras bahasa.
  4. Membedakan proses dan hasil dengan memperhatikan ciri atau penanda kata/kalimat.
  5. Membedakan fakta dan opini.

II. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa mampu Menyimak untuk memahami Informasi lisan dalam konteksn bermasyarakat.

III. MATERI AJAR

A. Fakta

Jika Anda menyimak suatu berita atau wacana dengan seksama, Anda akan memperoleh banyak informasi, baik berupa fakta maupun bukan fakta. Fakta ialah peristiwa, fenomena, keadaan atau kenyataan yang sebenarnya, sedangkan informasi yang bukan fakta dapat berupa pendapat (opini), gagasan, konsep, proses, asumsi, pengandaian, harapan ataupun khayalan.

Contoh :

Fakta:

- Pengangguran di Indonesia mencapai 40 juta orang.

- Bali telah menjadi kawasan wisata internasional.

Bukan Fakta :

- Angka pengangguran di Indonesia merupakan masalah serius.

- Tingginya tingkat pendidikan tidak menjamin sukses hidup seseorang.

Fakta ada yang bersifat umum ada juga yang bersifat spesifik

Contoh :

- Ayah membeli mobil. (umum)

- Ayah membeli Daihatsu Zebra keluaran tahun 2000. (spesifik)

-  Merokok membahayakan kesehatan perokok maupun orang di sekitarnya (umum)

- Merokok membahayakan system pernafasan perokok maupun orang di sekitasrnya. (spesifik)

B. Sumber Informasi

Selain memperoleh informasi, melalui menyimak Anda juga dapat mengetahui sumber informasi. Dari menyimak, Anda akan dapat memperkirakan atau mengidentifikasi dari mana sumber informasi tersebut. Apakah dari seorang narasumber, radio, televisi, Koran, majalah atau internet.

C. Ragam Bahasa, Laras Bahasa, dan Bahasa Baku

Ragam bahasa ialah variasi bahasa yang berbeda-beda menurut penutur dan cara penyampaiannya. Dari segi penutur, ragam bahasa dibedakan menurut daerah, pendidikan dan sikap.

a)    Variasi menurut daerah, disebut logat/dialek. Misal: orang Batak, Bali, Jakarta, Tegal

b)    Variasi menurut pendidikan, ragam orang berpendidikan dan tidak berpendidikan.

c)    Variasi menurut sikap penutur, dibedakan antara ragam resmi, dan ragam santai/gaul. Variasi ini sering disebut langgam, laras, atau gaya. Menurut pemakaiannya kita juga dapat merasakan perbedaan laras antara bahasa berita, bahasa laporan, bahasa keilmuan, bahasa hokum, bahasa prosa, bahasa gaul dan sebagainya.

Dari segi cara penyampaiannya, bahasa dibedakan ragam bahasa tulis dan bahasa lisan.

a)      Bahasa lisan memiliki intonasi lengkap, yang tidak seluruhnya dapat dilukiskan dalam bahaas tulis. Pengertian bahasa lisan dibantu olehsituasi, ekspresi dan gerak ataupun isyarat.

b)      Bahasa tulis mengenal huruf kapital, huruf miring, tanda kutip, tangda petik, paragraph yang tidak ada padanannya dalam bahasa lisan. Bahasa tulis cenderung lebih cermat dan fungsi-fungsi gramatika lebih eksplisit. Hal ini dilatarbelakangi oleh:

(1).Tidak adanya kontak langsung yang memungkinkan adanya pengulangan.

(2).Tidak adanya pendukung pemahaman yang berupa ekspresi dan gerak atau isyarat.

 

Bahasa baku merupakan salah satu variasi bahasa yang pada umumnya mengacu pada bahasa orang terdidik/terpelajar dalam situasi resmi/formal baik lisan maupun tulis dengan tidak menampakkan ciri kedaerahan atau asing. Bahasa baku merupakan salah satu variasi bahasa yang diidentifikasi berdasarkan aneka variasi bahasa diatas dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Pada umumnya mengacu pada bahasa orang terdidik / terpelajar.
  2. Diterima untuk berkomunikasi dalam situasi resmi / formal baik lisan maupun tulis.
  3. Tidak menampakkan cirri kedaerahan

Bahasa baku sering digunakan dalam :

  1. Komunikasi resmi, misalnya surat resmi atau dinas, pengumuman resmi,perundang-undangan.
  2. Wacana teknis, misalnya laporan penelitian, makalah, buku keilmuan, tesis, desertasi.
  3. Pembicaraan di lembaga, di sekolah, kuliah, rapat, konferansi, konggres, pidato kenegaraan.
  4. Pembicaraan dengan orang yang dihormati, dengan atasan, pejabat, guru/dosen, dengan orang yang baru dikenal.

Ciri-ciri Bahasa Baku :

1)      Menggunakan lafal, tekanan, intonasi yang sesuai dengan sistem bunyi bahasa Indonesia.

2)      Menggunakan penempatan jeda yang sesuai dengan satuan makna/sintaksisnya.

3)      Dalam bahasa tulis, harus sesuai dengan EYD dan Pedoman Pembentukan Istilah.

4)      Menggunakan kata-kata baku yang sesuai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menghindari pemakaian bahasa gaul, daerah maupun asing.

5)      Menghindari pemakaian bentuk-bentuk ketatabahasaan yang menyimpang dari kaidah baik morfologi maupun sintaksis.

D. Membedakan proses dan hasil

Informasi yang kita simak ada yang berisi proses dan ada pula yang berisi hasil. Kata berimbuhan ke-an sering dipakai untuk menandai informasi proses dan kata berakhiran -an sering dipakai untuk menandai hasil. Penanda lain ialah pengeksplisitan kata proses untuk informasi yang berisi proses dan kata hasil untuk informasi yang berisi hasil. Namun demikian tidak semua proses dan hasil memiliki penanda khusus seperti diatas.Dalam banyak hal antara proses dan hasil hanya dapat dikenali dari logika urutan maknanya. Dalam kenyataan proses

selalu mendahului hasil. Penyajian yang alamiah mengikuti urutan proses – hasil. Akan tetapi dalam retorika mungkin saja hasil dikemukakan lebih dulu dan proses menyusul.

Contoh:

  1. Tahu yang masih mengandung air dibungkus kain tipis lalu ditindih pemberat sehingga air yang terperangkap dalam pori-pori tahu keluar dan tahu menjadi lebih padat.(proses – hasil).
  2. Perampas sepeda motor itu akhirnya tertangkap setelah melalui kejar mengejar dengan polisi selama dua jam lebih. ( hasil – proses).

IV. METODE PEMBELAJARAN

Metode Audiolingual  siswa menyimak rekaman .

V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Awal :

  1. Guru mengadakan pre tes pelajaran lalu
  2. Guru memancing siswa dengan pertanyaan yang   berhubungan dengan materi yang akan diajarkan

B. Kegiatan Inti :

  1. Siswa mengidentifikasi informasi sesuai dengan wacana yang disimak.
  2. Siswa mengidentifikasi sumber informasi lisan.
  3. Siswa megenali ragam/laras bahasa berdasarkann informasi lisan.
  4. Siswa membedakan proses dan hasil untuk memahami isi informasi lisan.
  5. Siswa membedakan fakta dan opini berdasarkan informasi lisan.

C. Kegiatan Akhir :

Siswa menyimpulkan isi materi dan menyampaikan kembali informasi

yang disimak.secara bergantian dan evaluasi.

VI. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR :

Tape, rekaman / kaset, Modul

VII. PENILAIAN

1. Jenis tes     : Tertulis

2. Bentuk tes  : Objektif

SOAL LATIHAN 1

1.   Yang termasuk fakta adalah ….

  1. Rumah yang terkena banjir berjumlah 92 buah.
  2. Semua anak Indonesia wajib bersekolah.
  3. Kita harus memberantas narkoba sampai ke akarnya.
  4. Agar lingkungan kota bersih mari kita jaga kebersihan.
  5. Jakarta rawan kecelakaan lalu lintas.

 

2.   Seorang siswa SMK bercita-cita ingin masuk ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Alasan yang tepat untuk dapat masuk ke Fakultas Ekonomi di UI ialah ….

  1. Keluarganya umumnya lulusan UI.
  2. Nilai Matematika dan IPA saya selalu sangat memuaskan.
  3. Lulusan Fakultas Ekonomi UI selalu dapat pekerjaan.
  4. Saya akan mengembangkan bakat, minat, kemampuan di bidang ekonomi.
  5. Setuju ekonomi sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

 

3.   Sejak jam tujuh pagi, ia mengikuti … tentang narkoba.

Kata berimbuhan pe–an untuk pengisi titik-titik yang tepat adalah

  1. pelajaran
  2. pemberantasan
  3. penanggulangan
  4. penyuluhan
  5. penelitian

 

4.   Ia diminta pimpinan untuk menyerahkan … keuangan bulan ini.

Kata berakhiran –an untuk pengisi titik-titik yang tepat pada kalimat di atas adalah

  1. laporan
  2. rincian
  3. uraian
  4. rancangan
  5. bayaran

 

5.   Karangan yang berisi uraian cara atau tahapan proses beserta pernyataan hasilnya disebut juga

  1. narasi               D. argumentasi
  2. deskripsi          E.  persuasi
  3. eksposisi

 

6.   Kata hubung yang menunjukkan adanya proses yang berlangsung atau penandaan urutan waktu ialah di bawah ini, kecuali

  1. selanjutnya      D. kemudian
  2. setelah itu        E. lalu
  3. dan lagi

 

7.   Pemerintah kota dan DPRD menyepakati anggaran untuk pendidikan sekitar 23 persen tahun ini.

Akhiran –an pada kata anggaran berarti

  1. sesuatu yang berkaitan dengan uang
  2. hasil dari sesuatu yang dianggarkan
  3. proses menganggarkan
  4. hal penganggaran
  5. masalah keuangan yang direncanakan

8.   Kalimat yang termasuk opini ialah ….

  1. Indonesia belum memiliki kereta api bawah tanah.
  2. Peristiwa itu terjadi pada pagi hari, Sabtu, 23 Juni 2007 di Pantai Indramayu.
  3. Beberapa perairan pantai rusak akibat abrasi karena tidak dipelihara dengan baik.
  4. Para siswa harus melakukan ujian susulan karena sakit.
  5. Kita harus menghormati orang tua dan guru.

9. Kalimat yang merupakan fakta khusus ialah ….

  1. Indonesia belum memiliki kereta api bawah tanah….
  2. Peristiwa itu terjadi pada pagi hari, Sabtu, 23 Juni 2007 di Pantai Indramayu.
  3. Beberapa nelayan dinyatakan hilang saat melaut.
  4. Para siswa harus melakukan ujian susulan karena sakit.
  5. Kita harus menghormati orang tua dan guru.

10. Bahasa yang dipakai di berbagai bidang ilmu dan masing-masing memiliki perbedaan disebut ….

  1. ragam bahasa
  2. bentuk bahasa
  3. laras bahasa
  4. gaya bahasa
  5. unsur bahasa

11. Gizi yang baik sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan kecerdasan, terutama untuk anak-anak balita dan usia sekolah. Dalam situasi krismon seperti sekarang, banyak anak usia sekolah yang perlu mendapatkan bantuan. Ibu-ibu pengajian mengadakan kegiatan sosial dengan nama “peduli balita”, misalnya pemberian minuman susu gratis dan pemberian makanan bergizi.

Pernyataan yang sesuai dengan fakta dalam bacaan di atas adalah ….

  1. Kegiatan itu baik, tetapi apakah tidak menimbulkan kecemburuan sosial?
  2. Kegiatan-kegiatan positif dalam menunjang perbaikan gizi balita perlu direalisasikan.
  3. Sebaiknya, sebelum kita melaksanakan kegiatan, perlu dievaluasi untung dan ruginya.
  4. Pikiran saya sejalan dengan gagasan Anda, yaitu bahwa fakta tentang anak putus sekolah perlu dicari.
  5. Saya sependapat dengan Anda dan siap membantunya.

12. (1) Di sini peran pendidikan sangat vital. (2) Pemberdayaan perempuan pun menjadi agenda  dalam proses pembelajaran. (3) Para penentu kebijakan kurikulum mestinya berkaca pada agenda ini. (4) Data empiris dari ekonomi Marco Francesconi dan British Household Panel Survey yang mendata 10 ribu individu dari 5.500 keluarga. (5) Penelitian dilakukan sejak 1991-1999. (6) Data ini menunjukkan bahwa pria yang sukses justru akan memilih dengan wanita karier yang bekerja keras.

Kalimat yang berisi fakta pada paragraf tersebut terdapat pada nomor ….

A.  (1) dan (2)       D.  (2) dan (3)

B.  (4) dan (5)       E.   (4) dan (6)

C. (3) dan (5)

13. Terjadi gerakan reformasi dan krisis ekonomi yang berkepanjangan di negeri ini telah membawa pengaruh dalam kehidupan sosial. Salah satu contoh negatif dari pengaruh itu adalah makin meluasnya kenakalan remaja. Berbagai tindakan kenakalan seperti kebut-kebutan, penggunaan obat-obat terlarang, pencurian, perampokan, sampai dengan tindakan asusila hampir setiap hari tertampung di surat kabar. Tentu saja kita tak boleh tinggal diam menghadapi peristiwa seperti ini.

Kalimat opini yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ….

  1. Maraknya aksi kebut-kebutan di Jalan Karangmenjangan setiap malam minggu meresahkan masyarakat sekitar dan pemakai kendaraan.
  2. Berkali-kali gobang itu dibacokkan ke tubuh Dewi karena tidak mau menyerahkan  sepeda motornya.
  3. Sabtu dini hari, petugas Polres Surabaya menangkap empat “ayam” ABG yang sedang beroperasi di hotel.
  4. Para orang tua seharusnya memerhatikan lebih serius perilaku putranya untuk mengurangi perilaku yang menyimpang.
  5. Minggu dini hari, petugas kepolisian berhasil mengamankan empat remaja yang kedapatan membawa cimeng (ganja) setelah melakukan razia.

14. Ragam bahasa sastra ialah ….

A.              Polisi dan Tim SAR belum menemukan nelayan yang hilang.

B.              Lelaki umur tiga puluh tahun dan berjenggot itu masuk ke rumah makan itu dengan tenang.

C.              Pasien rumah sakit itu memprotes adanya mal praktek yang terjadi padanya.

D. Tumbuhan anggur hidup di daerah tropis dengan kelembaban tertentu.

E.  Hasil penyelidikan sementara menunjukkan ialah tersangkanya.

15. Ragam bahasa ilmu pengetahuan ialah ….

A.              Kejadian ini melibatkan berbagai disiplin ilmu.

B.              Drama kolosal itu digarap oleh sutradara Imam Tantowi.

C.              Saturnus memiliki diameter kurang lebih 10 kali diameter bumi dalam tata surya.

D.              Beberapa pekerja ikut tertimbun tanah longsor itu.

E.   Gunung Semeru menunjukan aktifitasnya.

16. (1) Lain benalu lain pula cendana. (2) Kalau benalu dianggap bukan tanaman berharga, lain cerita dengan pohon yang bernama santalun album atau cendana. (3) Kayu berbau harum ini termasuk komoditi agak bernilai tinggi. (4) Jelas harganya mahal. (5) Sayangnya, populasinya makin menipis karena para penangkar mengalami kesulitan mengembangkannya. (6) Biji cendana sulit tumbuh. (7) Meski bijinya mudah berkecambah, cendana muda mudah mati.

Kalimat fakta dalam paragraf di atas terdapat pada nomor ….

A.   1 dan 3

B.   3 dan 5

C.   4 dan 6

D.   5 dan 6

E.   6 dan 7

17. Kalimat yang menyatakan proses ialah ….

A.              Pemerintah merencanakan membangun transportasi sungai di Jakarta.

B.              Penantian yang panjang membuahkan hasil sangat mengharukan antara sang ibu dan anaknya.

C. Habis manis sepah dibuang.

D.              Pengungsi korban lumpur Lapindo mengharapkan bantuan pemerintah.

E.  Telah terjadi unjuk rasa besar-besar pada hari buruh sedunia.

 

18. Kalimat yang menyatakan hasil adalah ….

A.  Rambutan itu mahal harganya.

B.  Ia suka berkumpul dengan temannya di pangkalan itu.

C.  Penghasilannya bisa mencapai lima juta rupiah per bulan.

D.  Ia memendam perasaannya selama lima tahun.

E.  Karangannya mendapat juara satu lomba mengarang tingkat kotamadya.

19 . Kalimat yang berisi pemerian adalah ….

A.  Ahmad membeli sepatu di Pasar Baru dan Jatinegara.

B.              Barang itu dijual seharga Rp. 50.000 dan Rp. 30.000.

C.              Ibu sedang menawar harga barang-barang rumah tangga.

D.  Bibi membeli keperluan dapur berupa kecap, garam, gula pasir, dan cabe.

E.  Barang-barang rumah tangga ini dapat dijual di pasar loak.

20. Kata hubung yang menunjukkan adanya proses yang berlangsung atau penandaan urutan waktu ialah di bawah ini, kecuali ….

A. selanjutnya                   D.  kemudian

B. setelah itu                     E.  Lalu

C. dan lagi

VIII. KUNCI JAWABAN

1. A                 6.  C                11. B               16. E

2. D                 7.  E                 12. B               17. A

3. D                 8.  E                 13. A               18. E

4. A                 9.  B                14. B               19. B

5. C                 10.A                15. C               20. E

IX. SCORE

Jumlah benar x 10 = 20 x 10 = 100

2                           2

Selengkapnya dapat di unduh di bagian download di atas.

About these ads

1 Response to "RPP Bahasa Indonesia SMK Paramitha 1 kelas X,XI,XII"

terima kasih banyak, sungguh ini sangat membantu saya.
jazakumullah ahsanal jaza
semoga kelak syurga mlikmu, amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,462,650 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 151 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 151 other followers

%d bloggers like this: