Belajar jadi Guru

RPP Bahasa Inggris SMA kelas X sem 1 2008 Mahasiswa PPL

Posted on: January 29, 2011


Sumber : http://www.scribd.com

Download:

RPP-Bahasa-Inggris X sem 1 2008 PPL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran         :        Bahasa Inggris

Sekolah                    :        SMAN 03 Blitar

Kelas/Semester         :        X/I

Pertemuan                :        I

Waktu                      :        1x tatap muka (2 x 45 menit)

 

STANDAR KOMPETENSI

Mendengarkan            : 2. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog

sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam

konteks kehidupan sehari-hari.

Berbicara         : 4. Mengungkapkan makna teks fungsional pendek dn teks

monolog sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

KOMPETENSI DASAR (Spoken Cycle)

2.2        Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure.

4.2        Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure.

INDIKATOR

Mengidentifikasikan social function, generic structure, dan tense yang sering digunakan dalam teks recount.

 

I TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa mampu merespon, mengungkapkan, dan memonologkan teks recount.

 

II MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN

  1. Teks recount
  2. Materi grammar, utamanya past tense yang mendukung teks recount.

 

III. METODE PEMBELAJARAN

Metode      : Cooperative Learning

Model        : Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan awal
  1. Memberi salam
  2. Bertanya tentang kesiapan/kondisi siswa dalam belajar.
  3. Perkenalan
  4. Building knowledge of field
  1. Kegiatan inti
  • Membuat pertanyaan umpan mengenai teks recount,” Unforgettable experiences”
  • Menemukan kata kerja yang menggunakan past tense (V2)
  1. Modelling of the Text
  • Mendengarkan dan membaca text recount
  • Mendiskusikan social function, generic structure, dan past tense
  1. Independent Construction of Text
  • Menceritakan teks recount

 

  1. Kegiatan akhir : Guru meminta siswa untuk menyampaikan kesimpulan

dari kegiatan pembelajaran hari ini.

V   ALAT/ BAHAN/ SUMBER

  • Alat           :     teks recount
  • Bahan        :     teks recount

Contoh teks recount:

Text I

Two days ago, exactly on Monday, I went to SMAN 03 Blitar for the first time. I went there by motorcycle. Because I did not know where that school was, I was so afraid if I would go ashtray and be late.

After having arrived at SMAN 03 Blitar, I did not find any friend of mine. I thought whether I was in the right place or not. A few minutes later, one of my friends came and he was followed by all my friends who had teaching training there.

Before I joined the flag ceremony, I had gone to library. I could see many new things there such as a great magazine “PIONEER”, newspaper, wise words, etc. Then, a teacher asked me to go out and join the flag ceremony. Joining it, I got a new thing, a teacher greeted students using English in ceremony.

Then, a teacher explained to me about SMAN 03 Blitar and showed me all facilities there. I thought this school was different from other school which I had found before.

I decided to do the best in my teaching training in this school.

Written by Fitria Umi Kh

 

  • Sumber      :     English for A Better Life (SMA student Grade X)

 

VI PENILAIAN (Authentic Assesment)

1. Praktek (Speaking-Monolog)

No Aspek Diskripsi Skor
1 Fluency
  • ·Sangat lancar
  • ·Lancar
  • ·Cukup lancar
  • ·Kurang lancar
  • ·Tidak lancar
5

4

3

2

1

2 Accuracy
  • ·Penggunaan grammar, vocab, dan pronounciation tepat
  • Penggunaan grammar, vocab, dan  pronounciation mendekati tepat
  • Penggunaan grammar, vocab, dan pronounciation cukup tepat
  • Penggunaan grammar, vocab, dan pronounciation kurang tepat
  • Penggunaan grammar, vocab, dan pronounciation tidak tepat
5

 

4

 

3

 

2

 

1

3 Performance
  • ·Penampilan (expresi, sikap, gesture) sangat baik
  • ·Penampilan (expresi, sikap, gesture) baik
  • ·Penampilan (expresi, sikap, gesture) cukup baik
  • ·Penampilan (expresi, sikap, gesture) kurang baik
  • ·Penampilan (expresi, sikap, gesture) tidak baik
5

4

3

2

1

4 Generic structure
  • Struktur teks lengkap dan runtut
  • Struktur teks lengkap tapi tidak runtut
  • Struktur teks tidak lengkap
  • Struktur teks tidak benar
  • Struktur teks tidak ada
5

4

3

2

1

 

 

2. Afektif

Format Lembar Pengamatan Sikap Siswa

No Indikator

Sikap

 

 

 

 

Nama siswa

Motivasi belajar Ketekunan belajar Kerajinan Tenggang rasa Kedisiplinan Kerjasama Ramah dengan teman Hormat pada guru Kejujuran Menepati janji Kepedulian Tanggung jawab Nilai rata-rata (Kualitatif/ huruf)
1                            
2                            
3                            

 

Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s/d 5

 

1          =          Sangat kurang

2          =          Kurang

3          =          cukup

4          =          Baik

5          =          Amat baik

 

85-100             = A

75-84               = B

65-74               = C

50-64               = D

50>                = E

 

 

VII PROGRAM TINDAK LANJUT

  1. Remedial

Siswa yang belum kompeten diberi kesempatan untuk melakukan praktek ulang pada pertemuan berikutnya.

 

  1. Pengayaan

Siswa yang sudah kompeten diberi kesempatan untuk melakukan praktek dengan menggunakan pola yng lebih variatif

Blitar,…….2008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran         :        Bahasa Inggris

Sekolah                    :        SMAN 03 Blitar

Kelas/Semester         :        X/I

Pertemuan                :        II – III

Waktu                      :        2 x tatap muka (2 x 25 menit)

 

STANDAR KOMPETENSI

Membaca         : 5. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana

berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks

kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

 

Menulis           : 6. Mengungkapkan makna teks tulis fungsional pendek dan esei

sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam

konteks kehidupan sehari-hari.

 

KOMPETENSI DASAR (Written Cycle)

5.2              Merespon makna dan lagkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.

6.2              Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.

 

INDIKATOR

Mengidentifikasikan social function, generic structure, dan tense yang sering digunakan dalam teks procedure.

 

I TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa mampu merespon dan mengungkapkan teks procedure.
  • Siswa dapat membuat teks procedure.

II. MATERI POKOK PEMBELAJARAN

  1. Teks procedure
  2. Materi grammar, utamanya imperative sentence (action verb) yang mendukung teks procedure.

III. METODE PEMBELAJARAN

Metode      : Diskusi

Model        : cooperative learning

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  1. Memberi salam
  2. Bertanya tentang kesiapan/kondisi siswa dalam belajar.
  3. Mengecek daftar hadir siswa
    1. Mengulang sekilas pelajaran pertemuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai.

 

  1. Kegiatan inti (30 menit)
  1. Building knowledge of field
  • Memberikan pertanyaan umpan yang sesuai dengan teks procedure,” How do you do it?”
  • Mendiskusikan social function, generic structure, dan imperative sentence.
  • Menemukan imperative sentence pada teks procedure.
  1. Modelling of the Text

i.      Mendengarkan dan membaca text procedure

ii.      Mendiskusikan social function, generic structure, dan imperative sentence.

  1. Joint Construction
  • Mendiskusikan social function, generic structure, dan imperative sentence untuk teks procedure.
  • Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan teks procedure yang diberikan
  • Menulis teks procedure.
  • Guru meminta siswa untuk menyampaikan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran hari ini.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)

V   ALAT/ BAHAN/ SUMBER

  • Alat           :     teks bacaan procedure
  • Bahan        :     teks procedure

Contoh teks procedure:

HOW TO MAKE A BANANA SHAKE

You will need Method:

 

  • ½ glass milk
  • 1 banana
  • 1 egg
  • 2 scoops ice cream
  • Pitcher (jug)
  • Bowl
  • Fork
  • Glass

 

  1. Pour the milk into the pitcher.
  2. Carefully break the egg into the milk.
  3. Peel the banana and mash it with a fork in a bowl.
  4. Add the banana to the milk
  5. Add the ice cream.
  6. Beat the mixture with the fork until it is smooth.
  7. Pour the mixture into the glass.
  8. Clean up the mess.
  9. Drink your banana shake

 

 

Answer the questions based on the text above!

  1. Does the text above mention the materials?
  2. What are they?
  3. What tense does the text mostly use?
  4. What is the purpose of the text?
  5. Does it have temporal conjunction?
  6. What kind of the text above?
  7. What is the goal of the text above?
  8. How many steps are there in the text above? Mention them!.

 

  • Sumber      :     English for A Better Life (SMA student Grade X)

 

VI PENILAIAN (Authentic Assessment)

  1. Praktek (Writing)
No Aspek Diskripsi Skor
1 Genre
  • ·Struktur teks lengkap dan runtut
  • ·Struktur teks lengkap tapi tidak runtut.
  • ·Struktur teks tidak lengkap.
  • ·Struktur teks tidak benar
  • ·Struktur teks tidak ada.
5

4

3

2

1

2 Sistematika

Monolog/ development of ideas

  • ·Sesuai dengan struktur teks yang maksimal

dalam genre yang dipilih

  • ·Sesuai dengan struktur teks yang minimal

dengan genre yang dipilih

  • ·Struktur teks yang kurang jelas dan

mempengaruhi kejelasan makna

  • ·Gagasan dan struktur teks kurang jelas
  • ·Gagasan dan struktur teks sulit dipahami
5

 

 

4

 

3

 

2

1

3 Accuracy
  • ·Penggunaan grammar dan vocab tepat.
  • ·Penggunaan grammar dan vocab mendekati

tepat.

  • ·Penggunaan grammar dan vocab cukup tepat.
  • ·Penggunaan grammar dan vocab kurang tepat.
  • ·Penggunaan grammar dan vocab tidak tepat.
5

4

 

3

2

1

4 Mechanics
  • Penggunaan tanda baca tepat
  • Pengunaan tanda baca mendekati tepat
  • Penggunaan tanda baca cukup tepat
  • Penggunaan tanda baca kurang tepat
  • Penggunaan tanda baca tidak tepat
5

4

3

2

1

2. Afektif

Format Lembar Pengamatan Sikap Siswa

 

No Indikator

Sikap

 

 

 

 

 

Nama siswa

Motivasi belajar Ketekunan belajar Kerajinan Tenggang rasa Kedisiplinan Kerjasama Ramah dengan teman Hormat pada guru Kejujuran Menepati janji Kepedulian Tanggung jawab Nilai rata-rata (Kualitatif/ huruf)
1                            
2                            
3                            

 

Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s/d 5

 

1          =          Sangat kurang

2          =          Kurang

3          =          cukup

4          =          Baik

5          =          Amat baik

 

85 – 100           = A

75 – 84            = B

65 – 74            = C

50 – 64           = D

50 >             = E

 

VII PROGRAM TINDAK LANJUT

  1. Remedial

Siswa yang belum kompeten diberi kesempatan untuk melakukan praktek ulang pada pertemuan berikutnya.

  1. Pengayaan

Siswa yang sudah kompeten diberi kesempatan untuk melakukan praktek dengan menggunakan pola yng lebih variatif

Blitar,…….2008

 

 

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,595,679 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 162 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 162 other followers

%d bloggers like this: