Belajar jadi Guru

Contoh Pemetaan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris SMP MTs

Posted on: February 13, 2011


CONTOH PEMETAAN KOMPETENSI DASAR DAN

ALOKASI WAKTU

PELAJARAN BAHASA INGGRIS MTs

KELAS VII SEMESTER 1

 

NO

ASPEK

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

TINDAK TUTUR

GENRE

ALOKASI

WAKTU

URUTAN

1 Listening

1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

 

 

1.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang

1.2.   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

●menyapa orang yang belum/sudah dikenal

 

●memperkenal-kan diri sendiri/orang lain

 

●memerintah atau melarang

 

 

 

 

 

 

 

 

●meminta dan memberi informasi

●mengucapkan terima kasih

●meminta maaf

●mengungkapkan kesantunan

Script of dialogue/ monologue

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Script of dialogue/ monologue

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

   
  1. Memahami makna dalam  teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.1   Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

2.2   Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

●Simple present tense

 

●Imperative

 

●Prohibition

 

●Simple present tense

 

●Imperative

 

●Prohibition

 

pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.

 

 

pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.

 

4

 

 

 

 

 

 

 

4

7

 

 

 

 

 

 

 

9

2 Speaking 3       Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

 

3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang

 

3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

●menyapa orang yang belum/sudah dikenal

●memperkenalkan diri sendiri/orang lain

●memerintah atau melarang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

●meminta dan memberi informasi

●mengucapkan terima kasih

●meminta maaf

●mengungkapkan kesantuna

Dialogue/ monologue

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dialogue/ monologue

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

    4 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

4.1   Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

4.2   Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

●Simple present tense

 

●Imperative

 

●Prohibition

 

 

●Simple present tense

 

●Imperative

 

●Prohibition

pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.

 

 

 

 

pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

3 Reading
  1. 4. Memahami  makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

.

5.1   Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

5.2   Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  

●Simple present tense

●Simple past tense

●Imperative

●Prohibition

 

 

 

●Simple present tense

●Simple past tense

●Imperative

●Prohibition

pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.

 

pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.

6

 

 

 

 

 

 

6

5

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

4 Writing 6         Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional  pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

6.1   Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

6.2   Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

●Simple present tense

●Simple past tense

●Imperative

●Prohibition

 

 

 

 

 

 

 

●Simple present tense

●Simple past tense

●Imperative

●Prohibition

pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.

 

 

 

 

 

pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja,  dll.

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

  4 Aspek 6 SK 12 KD   2 Genre 68 Jam  

Sumber:  Panduan Teknis Pengembangan Kurikulum Madrasah Tsanawiyah 2009, Departemen Agama RI

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,463,578 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 151 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 151 other followers

%d bloggers like this: