Belajar jadi Guru

RPP Berkarakter SMP Mapel Bahasa Indonesia

Posted on: February 14, 2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                       : ………………………………

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : VII/1

Standar Kompetensi   : 2. Berbicara (Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman.

Kopetensi dasar         : 2.1. Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat yang efektif.

Alokasi waktu             : 4x 40 menit ( 2x Pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama:

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
  2. Peserta didik dapat menentukan pengalaman yang paling mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi
  3. Peserta didik dapat menyusun pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan

Pertemuan Kedua:

Peserta didik dapat mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

v      Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

B.Materi Pembelajaran

Penyampaian cerita

  1. Daftar pengalaman peserta didik
  2. Cara menyampaikan cerita
  3. Bercerita

C.Metode Pembelajaran

Bercerita,Tanya jawab,Tes unjuk kerja

D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama: 2 X 40’

  1. Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi :

  • Peserta didik mencermati cerita pengalaman dari narasumber
  • Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang isi cerita pengalaman
  • Peserta didik mengidentifikasi kebermaknaan bercerita pengalaman
  • Peserta didik menyepakati tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Motivasi :

  • Menyusun tentang pentingnya pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan
  1. Kegiatan Inti

Kegiatan Inti

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
  • memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
  • memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  • memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  • memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  • memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
    • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
    • membantu menyelesaikan masalah;
    • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
    • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
    • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Pertemuan Kedua: 2 X 40’

  1. Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi :

  • Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang kegiatan berlatih bercerita pada kegiatan sebelumnya
  • Peserta didik menjelaskan tujuan kegiatan bercerita
  • Peserta didik berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya

Motivasi :

  • Ceritakan  tentang pentingnya pengalaman yang paling mengesankan
  • Eksplorasi
  1. Kegiatan Inti

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F     Peserta didik menceritakan pengalaman secara individu

F     Beberapa Peserta didik lain dan guru menilai Peserta didik yang tampil

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

F     Peserta didik dan guru menentukan tiga pencerita terbaik

F     Tiga pencerita terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

F     menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.Sumber Belajar

  1. Bagan identifikasi pengalaman
  2. Gambar
  3. VCD
  4. Narasumber
  5. Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

F.Penilaian

Indikator Pencapaian Penilaian
Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen
  1. Mampu mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
  2. Mampu menentukan pengalaman yang paling mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi
  3. Mampu menyusun pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan
  4. Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok cerita yang disusun dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
Tes praktik/kinerja Uji petik kerja
  1. Identifikasilah minimal tiga pengalamanmu yang paling mengesankan!
  2. Tentukan satu pengalaman yang kamu anggap paling mengesankan dari daftar yang telah kamu buat untuk diceritakan!
  3. Susunlah   pokok-pokok cerita pengalaman yang paling mengesankan itu dengan runtut!
  4. Ceritakanlah secara lisan pengalaman yang mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita yang telah kamu susun dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!

 

Pedoman Penilaian Menceritakan Pengalaman

  1. Identifikasilah minimal tiga pengalamanmu yang paling mengesankan!

Pedoman Penskoran:

Kegiatan Skor
Peserta didik menuliskan 3 pengalaman atau lebih 2
Peserta didik menuliskan 1—2 pengalaman 1
Peserta didik tidak menuliskan apa-apa 0
  1. Tentukan satu pengalaman yang kamu anggap paling mengesankan dari daftar yang telah kamu buat untuk diceritakan!

Pedoman Penskoran:

Kegiatan Skor
Peserta didik menentukan satu pengalaman yang mengesankan 1
Peserta didik tidak dapat  menuliskan apa-apa 0
  1. Susunlah   pokok-pokok cerita pengalaman yang paling mengesankan itu dengan runtut!

Pedoman Penskoran:

Kegiatan Skor
Peserta didik menyusun pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan dengan  runtut 2
Peserta didik menyusun  pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan, tapi tidak runtut 1
Peserta didik tidak dapat  menuliskan apa-apa 0
  1. Ceritakanlah secara lisan pengalaman yang mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita yang telah kamu susun dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!

Rubrik Penilaian Bercerita (perlu disepakati dulu oleh guru dan Peserta didik)

Berilah tanda cek (Ö) pada kolom nilai 1, 2, 3, atau 4  dengan ketentuan: 1 =  kurang; 2 = sedang; 3 = baik; 4 = sangat baik.

Nama Peserta didik: ………………………………..

Tanggal       :  ……………………………….

Judul Cerita  :  ………………………………

No. Aspek Deskriptor 1 2 3 4
1 Kesesuaian isi Isi cerita sesuai dengan pokok-pokok cerita yang disusun
2 Kesesuaian visualisasi Visualisasi mendukung isi cerita
3 Pelafalan Pelafalan kata secara jelas dan tepat
4 Jeda dan Intonasi Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan cepat-lambat cerita
5 Gerak/mimik Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan

Skor maksimal:

No 1.    = 2

No 2.    = 1

No 3.    = 2

No 4.   = 20

Jumlah = 25

Saat Peserta didik melaksanakan perintah soal no. 4, dia sudah harus melaksanakan soal no 1,1 2, dan 3

Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah sebagai berikut:

  1. Prosedur (1 + 2 + 3) diberi bobot 20 % atau 30 %
Perolehan Skor
Nilair = ——————— X Skor Ideal (100) X Bobot (20/30 %) =  ….
Skor Maksimal (5)
  1. Produk /unjuk kerja (d) diberi bobot lebih besar daripada prosedur, misalnya 80 atau 70 %
Perolehan Skor
Nilai  = ——————— X Skor Ideal (100) X Bobot (80/70 %) =  ….
Skor Maksimal (20)
  1. Nialai akhir = prosedur+unjuk kerja = 20/30+80/70 = 100

Download gratis

RPP Berkarakter SMP Bahasa Indonesia

Silabus Berkarakter SMP Bahasa Indonesia


About these ads

3 Responses to "RPP Berkarakter SMP Mapel Bahasa Indonesia"

Matur nuwun, saya ikut ngundhuh.

apa bedanya rpp berkarakter dengan rpp biasa???

terimakasih,,,saya ikut baca yo,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,316,666 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: