Belajar jadi Guru

RPP Berkarakter SMP Matematika

Posted on: February 14, 2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah            :     ………………………..

Mata Pelajaran           :     Matematika

Kelas                         :    VII (Tujuh)

Semester                   :     1 (Satu)

Standar KompetensiALJABAR

  1. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan

Pertidaksamaan linear satu variabel.

Kompetensi Dasar :              2.1.Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.

Alokasi Waktu :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.

v      Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

B.     Materi Ajar

Aljabar dan Aritmetika Sosial, yaitu mengenai:

  1. Mengenal bentuk aljabar.
  2. Memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar.
  3. Menjelaskan pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis.

C.     Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan.

Pertemuan Pertama

Pendahuluan        :  –  Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.

-  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

Kegiatan Inti :

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F     Peserta didik dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis

F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     memfasilitasi peserta didik Membaca teks puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat

F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

F     Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E.  Alat dan Sumber Belajar

Sumber :

-     Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,

-     Buku referensi lain.

Alat :

-    Laptop

-    LCD

-    OHP

F. Penilaian Hasil Belajar

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
  • Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

 

Tes lisan Daftar pertanyaan 1. Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta? 

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.

Mengetahui, 

Kepala SMP/MTs …………….

( ………………………………………………… )

NIP/NIK :…………..……………….

………, ……, …………… 20… 

Guru Mapel Matematika.

( …………………………………….. )

NIP/NIK :…….…………….

Download:

RPP Berkarakter SMP Matematika

Silabus Berkarakter SMP Matematika



About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,572,006 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 162 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 162 other followers

%d bloggers like this: