Belajar jadi Guru

Simulasi Penilaian Kinerja Guru

Posted on: April 12, 2011


Download:

Paket Simulasi utk Verifikasi Penilaian Kinerja Guru

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU

PAKET SIMULASI UNTUK VERIFIKASI PENILAIAN KINERJA

 

( PK GURU DI SEKOLAH )

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU

PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

2010

http://www.bermutuprofesi.org


KEGIATAN LATIHAN VERIFIKASI DATA PK GURU DAN PENILAIANNYA

Kegiatan 1.

  1. Lihat catatan pengamatan dan penilaian yang telah dibuat untuk kompetensi yang telah disediakan
  2. Bandingkan skor yang ditetapkan untuk setiap indikator dengan bukti dalam catatan pengamatan
  3. Untuk setiap pernyataan indikator, tetapkan apakah skor yang diberikan sesuai atau tidak sesuai dengan bukti catatan pengamatan yang disediakan
  4. Diskusikan hasil latihan dengan anggota kelompok
  5. Bandingkan hasil yang diperoleh dengan contoh hasil yang diberikan


CATATAN PENGAMATAN (Bahasa Inggris)

Kompetensi 6    : Komunikasi dengan peserta didik

Nama Guru         : Ellis Rosdiawati

Nama Penilai      : Bahrudin

 

Selama Pengamatan

Tanggal 20 November 2010
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa  
Hasil pengamatan:

  1. Guru memberikan salam dan menanyakan kondisi siswa
  2. Guru mereview materi minggu yang lalu
  3. Guru menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi
  4. Guru memberikan petunjuk penugasan/latihan
  5. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi secara sukarela dalam mengerjakan latihan di kelas
  6. Guru memberikan penghargaan terhadap jawaban siswa
  7. Guru mengajak seluruh siswa untuk bersama-sama mengulangi jawaban latihan
  8. Guru memberikan pertanyaan terbuka untuk semua siswa dan menerangkan jawaban latihan
  9. Guru memberi penjelasan/melengkapi jawaban siswa

10.  Guru interaktif dalam mengajar dengan berjalan keliling kelas

  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan pendapatnya
  2. Guru memberi perhatian yang sama terhadap siswa di depan, di belakang, dan di samping kanan maupun kiri
  3. Guru mengecek apakah siswa membawa alat bantu yang dibutuhkan dalam latihan
  4. Guru menggunakan alat bantu/format tertentu untuk latihan
  5. Guru mengatur tempat duduk siswa agar semua mendapat perhatian
  6. Siswa bekerja dalam kelompok/berpasangan dengan tugas yang berbeda
  7. Guru berjalan keliling kelas mengecek pelaksanaan tugas siswa
  8. Guru mendengarkan dengan baik pertanyaan siswa dan menghargai pertanyaannya dan menggunakan pertanyaan itu untuk memberi informasi kepada seluruh kelas
  9. Guru menindak lanjuti tugas yang diberikan kepada seluruh kelas kemudian memilih satu siswa untuk menjawab dan memberikan kesempatan berikutnya untuk seluruh siswa
Tindak lanjut yang diperlukan:

  1. Perlu melihat tugas yang diberikan minggu sebelumnya
  1. Melakukan pemantauan dalam hubungan sosial dengan teman sejawat

 

 

 

Penilaian untuk Kompetensi 6:  Komunikasi dengan peserta didik
Indikator Skor
Tidak ada bukti (Tidak  terpenuhi) Terpenuhi sebagian Terpenuhi

seluruhnya

  1. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
0 1  
  1. Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan respon peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/respon tersebut.
  1 2
  1. Guru merespon pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
0   2
  1. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik.
0 1  
  1. Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
0 1  
  1. Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
  1 2
Total skor untuk kompetensi 6 7
Skor maksimum kompetensi 6  = jumlah indikator ×2 12
Persentase = (total skor/12 ) × 100% 58%
Nilai untuk kompetensi 6

(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;

50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)

3

 

 

 

 

 

Kegiatan 2.

  1. Lihat catatan pengamatan dan penilaian yang telah dibuat untuk kompetensi yang telah disediakan
  2. Bandingkan skor yang ditetapkan untuk setiap indikator dengan bukti dalam catatan pengamatan
  3. Untuk setiap pernyataan indikator, tetapkan apakah skor yang diberikan sesuai atau tidak sesuai dengan bukti catatan pengamatan yang disediakan
  4. Diskusikan hasil latihan dengan anggota kelompok
  5. Bandingkan dengan contoh yang diberikan


CATATAN PENGAMATAN (Kimia)

Kompetensi 2                   : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

Nama Guru         : Hasan Bachri

Nama Penilai      : Syafril

 

Selama Pengamatan

Tanggal 23 November 2010
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa  
Hasil pengamatan:

  1. Guru memberi salam
  2. Guru mengecek kehadiran siswa
  3. Guru mengenalkan topik yang akan dibahas dengan memberi pertanyaan kepada siswa dan menuliskan di papan tulis
  4. Guru mengingatkan kembali tentang materi di kelas sebelumnya tanpa mengecek pemahaman siswa
  5. Beberapa siswa mencatat penjelasan guru dan tidak semua siswa memperhatikan guru
  6. Guru memberikan contoh tentang topik yang akan dibahas
  7. Guru hanya berdiri di depan kelas dan menggunakan papan tulis, tetapi beberapa tulisan tidak jelas karena tidak terbaca oleh siswa di belakang
  8. Guru memberikan penjelasan topik yang dibahas melalui gambar di papan tulis
  9. Guru memilih siswa untuk menjawab pertanyaan, namun tidak bisa dijawab oleh siswa, pertanyaan dilimpahkan ke siswa yang lain, namun tidak terjawab juga sehingga guru akhirnya menjawab pertanyaannya sendiri
  10. Guru memberikan pertanyaan kepada semua siswa, namun saat siswa menjawab, guru juga ikut menjawab
  11. Siswa terlihat takut terhadap guru
  12. Siswa cenderung pasif
  13. Guru selalu mengharapkan siswa dapat meneruskan pernyataannya tanpa melihat kemampuan siswa
    1. Guru sangat menguasai materi dan tidak pernah menggunakan referensi/catatannya
  1. Guru melemparkan pertanyaan, tidak ada siswa yang merespon dan guru mengulangi pertanyaan yang sama kembali, guru tidak berusaha mencari masalah yang ada pada siswa dan hanya memberikan jawaban menurutnya sendiri
  2. Guru melanjutkan pernyataannya secara lisan saja
  3. Guru cenderung tidak memberi peluang kepada siswa untuk bertanya
  4. Perhatian guru hanya terpusat pada siswa di baris depan saja
  5. Guru menggunakan gambar ilustrasi materi yang dijelaskan, namun hanya dapat dilihat oleh  siswa di baris depan saja
  6. Guru tidak membagi perhatiannya kepada semua siswa di kelasnya
  7. Guru memberi tugas kepada siswa melalui dikte
  8. Beberapa siswa tidak memperhatikan/menulis tugas dari guru dan guru tidak melakukan apapun untuk itu
  9. Guru tidak merangsang siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran
  10. Sebagian besar pembelajaran tidak mencirikan pembelajaran yang aktif, hanya ceramah oleh guru
  11. Guru tidak melakukan pengecekan terhadap pemahaman siswa akan materi yang disampaikan
Tindak lanjut yang diperlukan:

  1. Cek RPP, Silabus
  2. Lakukan pemantauan
  3. Cek teman sejawat, siswa, Kasek.

 

 

Penilaian untuk Kompetensi 2:  Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

yang mendidik

Indikator Skor
Tidak ada bukti (Tidak  terpenuhi) Terpenuhi sebagian Seluruhnya terpenuhi
  1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
0   2
  1. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
0 1  
  1. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
0 1 2
  1. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
0 1  
  1. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
0   2
  1. Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
  1 2
Total skor untuk kompetensi 2 6
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indikator × 2 12
Persentase = (total skor/12) × 100% 50%
Nilai untuk kompetensi 2

(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;

50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)

2

 

 

 

 

LEMBAR VERIFIKASI KEGIATAN 2
Indikator Kompetensi 2 KESESUAIAN SKOR
SESUAI/TIDAK SESUAI NOMOR HASIL PENGAMATAN
  1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
   
  1. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
   
  1. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
   
  1. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
   
  1. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
   
  1. Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
   

 

………………….,………………………..20

Penilai,

 

………………………………..

NIP.

 

 

 

JAWABAN STANDAR

PAKET SIMULASI PK GURU

BAGI TIM PENILAI ANGKA KREDIT

 

Jawaban Kegiatan 1.

LEMBAR VERIFIKASI
Indikator Kompetensi 6 KESESUAIAN SKOR
SESUAI/TIDAK SESUAI NOMOR HASIL PENGAMATAN
  1. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
SESUAI 2, 4, 8, 13
  1. Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan respon peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/respon tersebut.
TIDAK SESUAI 5, 8, 9, 11, 19
  1. Guru merespon pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
TIDAK SESUAI 5, 6, 7, 19
  1. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik.
SESUAI 14, 15, 16, 19
  1. Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
SESUAI 5, 7, 8, 9, 10, 15, 18, 19
  1. Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
TIDAK SESUAI 12, 18

 

 

Jawaban Kegiatan 2

LEMBAR VERIFIKASI KEGIATAN 2
Indikator Kompetensi 6 KESESUAIAN SKOR
SESUAI/TIDAK SESUAI NOMOR HASIL PENGAMATAN
  1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
SESUAI 3, 4, 6, 8, 10, 17, 21, 23, 24
  1. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
TIDAK SESUAI 4, 13, 15, 17, 23, 25
  1. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
TIDAK DINILAI belum ada bukti
  1. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
TIDAK SESUAI 7, 17, 23, 24, 25
  1. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
TIDAK SESUAI Bukti belum cukup tetapi lihat no: 7, 12, 13
  1. Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
SESUAI 9, 10, 12, 13, 15, 17

 

Sumber: Materi Bintek Guru SMK Disdikprov Jawa Tengah 2011

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,463,528 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 151 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 151 other followers

%d bloggers like this: