Belajar jadi Guru

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

Posted on: November 18, 2011


Download:

Lamp 5_Instrumen_Penil_Komp_Kepribadian_Guru Mapel dan BK

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

IDENTITAS GURU

 

NAMA                                                                     : ……………………………………………………………………………………..

NIP                                                                          : ……………………………………………………………………………………..

UNIT KERJA                                                          : ……………………………………………………………………………………..

ALAMAT                                                                : ……………………………………………………………………………………..

JENJANG JABATAN FUNGSIONAL   : …………………………………………………………………………………….

Petunjuk Penggunaan Instrumen

  1. 1.        Instrumen ini digunakan untuk mengukur kompetensi kepribadian guru.
  2. Teknik penilaiannya adalah dengan cara memberikan tanda cek (√) pada kolom yang sesuai (TP, P, JR, SR, dan SL)

INSTRUMEN PENILAIAN

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

NO

KOMPETENSI

INDIKATOR KOMPETENSI

DESKRIPTOR

Skala Penilaian

TP

P

JR

SR

SL

11. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia. 11.1 Menghargai peserta didik tanpa membedakan

keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat,

daerah asal, dan gender.

Skor 4 : Mengakui keberadaan peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender.          
      Skor 3:  Menerima keberadaan peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender.          
      Skor 2: Merespon peserta didik lain tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender          
      Skor 1: Mendengarkan pendapat peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal, dan gender.          
    11.2 Bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam Skor 4: Membiasakan  sikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam          
      Skor 3: Membentuk sikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam          
      Skor 2: Membangun sikap yang sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam          
      Skor 1:  Mengidentifikasi sikap yang sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam

 

         
12. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat. 12.1 Berperilaku jujur, tegas, dan manusiawi. Skor 4: Membiasakan berperilaku jujur, tegas, dan manusiawi.

 

         
      Skor 3: Berperilaku  jujur, tegas, dan manusiawi.          
      Skor 2: Membangun perilaku jujur, tegas, dan manusiawi.          
      Skor 1: Meyakini perilaku jujur, tegas, dan manusiawi.

 

         
    12.2 Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan

akhlak mulia.

 

Skor 4: Membiasakan  berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia.          
      Skor 3: : Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia.          
      Skor 2: Membangun perilaku mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia..          
      Skor 1: Memprakarsai perilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia.          
    12.3 Berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta

didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.

 

Skor 4: Membiasakan  perilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
      Skor 3: Berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
      Skor 2: Membangun perilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
      Skor 1: Memprakarsai perilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.          
13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa 13.1 Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap

dan stabil.

 

 

Skor 4: Membiasakan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.          
      Skor 3: Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.          
      Skor 2: Membangun cara menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.          
      Skor 1: memprakarsai cara menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.

 

         
    13.2 Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa,

arif, dan berwibawa.

 

 

Skor 4: Membiasakan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
      Skor 3: Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
      Skor 2: Membangun cara menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
      Skor 1: Memprakarsai cara menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.          
14. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri. 14.1 Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.

 

 

 

Skor 4: Membiasakan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
      Skor 3: Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
      Skor 2: Menampilkan  etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
      Skor 1: Memprakarsai etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.          
    14.2 Bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.

 

 

Skor 4: Membiasakan perilaku bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.          
      Skor 3: Mengubah perilaku bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.          
      Skor 2: Membuktikan kebanggaan menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.

 

         
      Skor 1: Menunjukkan kebanggaan menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.          
    14.3 Bekerja mandiri secara profesional. Skor 4:  Membangun bekerja mandiri secara profesional.          
      Skor 3:  mengelola bekerja mandiri secara profesional.          
      Skor 2: Menata cara bekerja mandiri secara profesional.          
      Skor 1: Mengklasifikasikan cara bekerja mandiri secara profesional.          
15. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

 

15.1 Memahami kode etik profesi guru.

 

 

Skor 4: Mengaktualisasikan setiap kode etik profesi guru.

 

         
      Skor 3:  Membedakan contoh kode etik profesi guru.

 

         
      Skor 2: Memberikan kode etik profesi guru.

 

         
      Skor 1:  Mengklasifikasikan kode etik profesi guru.

 

         
    15.2 Menerapkan kode etik profesi guru.

 

Skor 4: Mempertahankan kode etik profesi guru.          
      Skor 3: Membangun kode etik profesi guru.          
      Skor 2: Memadukan cara penerapan kode etik profesi guru.          
      Skor 1: Mengklasifikasi kode etik profesi guru.          
    15.3 Berperilaku sesuai dengan kode etik profesi guru. Skor 4: Mengaktualisasi perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
      Skor 3: Mengubah pelayanan dalam bentuk perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
      Skor 2:  Memberi respon terhadap perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
      Skor 1: Menunjukkan perilaku sesuai dengan kode etik profesi guru.          
  Jumlah skor          
  Jumlah Skor Total          
  Nilai Akhir = Jumlah Perolehan Skor : 24          

 

 

Keterangan :

TP           : Tidak pernah dengan skor 0

P              : Pernah dengan skor 1

JR            : Jarang dengan skor 2

SR           : Sering dengan skor 3

SL            : Selalu dengan skor 4

KATERGORI PROFIL KOMPETENSI KEPRIBADIAN

A = 3,00 -4,00 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI TINGGI

B = 2,00-2,99 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI SEDANG

C = 1,00-1,99 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI RENDAH

D = 0,00-0,99 ARTINYA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU KATEGORI SANGAT RENDAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

……………………………………………., ……………………………………………………

Penilai,

 

 

 

………………………………………………………………………………………………………

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 1,526,766 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 156 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 156 other followers

%d bloggers like this: