Belajar jadi Guru

Internet sebagai sumber belajar

Posted on: September 2, 2010


Koneksi Internet

Sebagai Sumber Belajar

Tujuan Umum

Setelah mempelajari materi ini peserta mampu menggunakan internet sebagai sumber belajar.

Tujuan Khusus

  1. Peserta mengetahui arti dan berbagai istilah dalam internet
  2. Peserta mengetahui perangkat internet
  3. Peserta mengetahui manfaat internet bagi penyusunan bahan ajar
  4. Peserta mengetahui prinsip penggunaan internet
  5. Peserta mengetahui langkah-langkah penggunaan  internet
  6. peserta mengetahui langkah-langkah penelusuran bahan ajar didunia maya

Materi

Pendahuluan

Ada dua hal yang harus dibahas dalam hal yang berkaitan dengan topic diatas, yakni kata internet dan sumber belajar.

Istilah internet berasal dari singkatan Interconecction Networking, yang berarti a global network of computer networks (Randall & Latulipe, 1995).

Sedangka sumber belajar merupakan sarana dimana informasi itu diperoleh. Dengan demikian maka topic diatas dapat diartikan sebagai pencarian informasi melalui koneksi jaringan.

Dengan koneksi melalui internet, maka informasi menjadi bebas dan murah, dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa membedakan gender, pangkat dan profesi. Hal ini dapat terjadi karena how to use. Informasi apa saja dapat diperoleh, misalnya: politik, jurnal, ekonomi, ensiklopedia, ramalan bintang, kontak jodoh, persahabatan dan pengetahuan lainnya melalui jarak yang tidak terbatas. Keberadaan internet, khususnya di kota-kota besar sudah begitu banyak dijumpai, bahkan hampir setiap jengkal di pinggir jalan raya dapat diketemukan warung internet (warnet). Untuk koneksi internet tidak harus menggunakan computer PC atau NoteBook dapat juga diakses melalui handphone, kulkas dan lain sebagainya.

Arti Internet

Internet sebuah kata yang mungkin sudah begitu akrab ditelinga seyiap orang. Beberapa lalu masih banyak orang yang masih bertanya “apa itu internet?” bahkan sering kita sendiri menyebut kata internet tapi tak paham apa yang dimaksud. Internet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung keseluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Jutaan komputer tersebut saling terhubung dengan berbagai cara (telepon, serat optik, satelit). Komputer-komputer tersebut dihubungkan dengan suatu protokol standar yang sama yaitu Transfer Control Protocol/Internet protocol (TCP/IP). TCP/IP ini dapat dimisalkan sebagai bahasa yang dapat dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung ke internet. Tanpa adanya protokol standar ini maka komputer tidak akan mampu berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di internet.

Manfaat Internet

Sudah barang tentu bahwa sesuatu itu dibuat tentunya ada gunanya. Demikian halnya manusia merancang dan membuat internet tentu memiliki tujuan tertentu pula. Dengan mengakses internet ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh para penggunanya, yakni :

  1. Komunikasi

Pengguna dapat berkomunikasi dengan cepat antara tempat yang satu dengan tempat yang lain tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Tentu saja syarat yang diperlukan adalah mengetahui alamat yang dituju.

  1. Informasi

Karena penggunaan komputer yang masing – masing komputer memiliki banyak data dan informasi maka dapat diperoleh berbagai informasi yang diperlukan untuk berbagai kebutuhan.

  1. Kolaborasi

Suatu pekerjaan dapat dikerjakan secara bersama – sama tanpa harus dalam satu ruangan. Dapat melakukan suatu pekerjaan dan bahkan melakukan konferensi dengan berbagai pihak.

Manfaat Bagi Penyusuna Bahan Ajar

Pengguna dapat menyediakan informasi sebagai bahan untuk diketahui oleh orang lain. Misalnya, widyaiswara, guru atau orang – orang yang berkecimpung dalam kegiatan pembelajaran dapat membuat bahan ajar atau materi pokok yang dapat diakses orang lain untuk dijadikan sebagai bahan ajar. Sehingga untuk berbagai kegiatan yang bersifat perpustakaan, ensiklopedia, jurnal ilmiah di internet.

Contoh alamat perpustakaan :

Perpustakaan URL
e-library http://ask.elibrary.com/
Internet Public Library http://www.ipl.org/
The British Library http://www.bl.uk/
Indonesia Digital Library Network http://idln.itb.ac.id/
Central Library ITB http://www.lib.itb.ac.id/

Alamat Ensiklopedia

Ensiklopedia URL
Encarta Encyclopedia http://www.encarta.msn.com/enenet/refpages.aspx,
Encyclopedia Britannica http://www.eb.com
Webster’s Gold Encyclopedia http://www.websterword.com/support/main.html
Free Internet Encyclopedia http://www.clever.net/cam/encyclopedia.html
Encyclopedia of Women’s History http://www.teleport.com/~megaines/women.html

Prinsip Penggunaan Internet

Ada dua cara yang digunakan agar komputer dapat terhubung dengan internet, yakni :

  1. 1. Dial Up Connection

Merupakan koneksi ke internet yang bersifat sementara. Perangkat yang diperlukan :

  1. Hardware / perangkat keras (komputer, modem dan saluran telepon)
  2. Software / perangkat lunak (sistem / program)
  1. 2. Dedicated  Connection

Merupakan koneksi ke internet yang bersifat menetap, artinya koneksi ke internet berlangsung non stop. Biasanya cara ini banyak digunakan oleh perusahaan atau institusi yang memiliki komputer dan karyawan yang cukup banyak. Dengan demikian maka jumlah modem dan saluran telepon yang harus disediakan serta biaya yang cukup besar.

Fasilitas Yang Tersedia

Internet sebagai istilah untuk menyebut sebuah jaringan, tidak berarti apa – apa, apabila tidak disertai aplikasi yang sesuai di dalamnya. Berbagai aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam akses suatu jaringan yang tersedia antara lain :

  1. 1. Electronic Mail

Electronic Mail atau surat electronic (email) merupakan salah satu program aplikasi yang sering dan banyak digunakan oleh para pengguna. Tentunya surat elektronik ini hanya dapat dikirim kepada para pengguna yang memiliki alamat secara elektronik  juga (e-mail address) baik terdiri atas 4 (bagian) dan berbentuk :

Userid Nama pemilik e-mail, biasanya singkatan nama pemilik
@ Dibaca at. Merupakan tanda yang merujuk kepada tempat host pemilik e-mail, artinya melalui alamat e-mail tersebut
nama Nama server yang digunakan oleh pemilik e-mail
namadomain http://www.websterword.com/support/main.html

Perhatikan contoh e-mail dibawah ini

Artinya, userid nya = jaliteng

Nama-host = hotmail

Nama domain = com

  1. 2. World Wide Web (www)

Fasilitas ini paling banyak disukai oleh para pengguna karena tampilannya yang multimedia. Program ini untuk membuka halaman sebuah situs (home page) dalam format HTML (Hypertext Markup Language) sehingga tampil lebih menarik. Untuk menggunakan www hanya diperlukan alamat web yang akan dibuka. Alamat ini biasa disebut dengan URL (Uniform Resource Locator), contoh

Protokol : //www.domain

http://www.widyiswara

http = hypertext tranfser protocol, jenis protokol yang digunakan

widyaiswara.com = nama domain

  1. 3. File Transfer Protocol

Fasilitas ini untuk mentransfer data atau file dari komputer ke internet atau sebaliknya.

Ada dua istilah yang dipakai dalam FTP yakni :

  1. Down – load
  2. Up – load
  1. 4. Mailing List

Fasilitas ini digunakan untuk membuat kelompok diskusi atau penyebaran informasi melalui e-mail. Cara kerjanya adalah para pemilik e-mail membuat kelompok dan memproleh satu buah alamat e-mail sebagai alamat kelompok. Dengan demikian maka apabila salah satu anggota kelompok memperoleh e-mail maka anggota kelompok yang lain akan memperoleh surat tersebut.

  1. 5. Internet Relay Chat (IRC)

Sarana ini sering dipergunakan untuk Chatting dengan cara menuliskan baris – baris tulisan singkat. Para Chatter melakukan komunikasi melalui komputer.

  1. 6. Newsgroup dan Usenet

Fasilitas yang dipergunakan untuk Chatting dengan cara menuliskan baris – baris tulisan singkat. Para Chatter melakukan komunikasi melalui komputer.

  1. 7. Telnet (Remote Login)

Suatu cara yang memungkinkan untuk mengakses atau menggunakan komputer orang lain dari jarak jauh melalui internet.

  1. 8. Finger Service

Fasilitas yang menawarkan tentang informasi yang tersimpan di dalam komputer pengguna. Contoh, untuk mengetahui informasi tentang gempa bumi, pemakai dapat mengunakan fasilitas ini dengan menghubungi username (nama pemakai) dari ITB.

  1. 9. WAIS Server

Wide Area Information Service, bentuk layanan yang menyediakan berbagai informasi yang tersebar di internet. Fasilitas ini menyimpan database berbagai informasi. Untuk memperolehnya, pengguna diminta menuliskan keyword yang dibutuhkan.

  1. 10. Gropher

Fasilitas ini sama dengan www, hanya saja tampilan kalah menarik jika dibandingkan dengan tampilan www yang multi media maka fasilita ini mulai ditinggalkan.

Langkah – Langkah Penelusuran Bahan Ajar

Untuk menyusun bahan ajar, maka langkah yang diperlukan adalah melakukan browsing ke situs – situs internet. Oleh karena itu pengguna wajib memiliki banyak alamat situs yang dijadikan database sesuai dengan klasifikasi yang diperlukan. Situs yang ada biasanya memiliki kekhasan dalam isi. Misalnya, tentang fotography maka yang ditampilkan adalah masalah – masalah atau informasi yang berkaitan dengan fotography. Begitu juga dengan biologi, ilmu pendidikan, matematika, fisika, pariwisata dan lain sebagainya.

Adapun langkah yang dapat dilakukan diantaranya:

  1. Mencari Informasi Melalui Directory

Directory atau portal, merupakan sekumpulan situs informasi yang diorganisasikan seperti organisasi file dalam windows explorer.  Salah satu directory yang banyak memuat klasifikasi informasi antara lain situs Yahoo.com

  1. Melalui Search Engine

Fasilitas ini disediakan oleh penghimpun informasi berupa program piranti lunak yang mampu mencari dan menghimpun hasil pencarian.  Beberapa Search Engine yang cukup populer dan sering dipergunakan dan dianggap terbaik oleh pengguna antara lain : google, altavista, excite, infoseek dan lycos.

  1. Melalui alamat situs (URL)

Cara ini sangat mudah, pengguna tinggal mengetikkan alamat situs yang dicari.  Akan tetapi apabila sulit dan terbatas wawasan tentang situs sebaiknya pengguna menggunakan search engine, kemudian mencari situs yang diperlukan dengan menuliskan keyword saja.

Dari berbagai topik yang diperlukan untuk penyusunan bahan ajar yang ditelusuri melalui internet, tentunya pengguna akan mengambil atau mengutip materi yang dibutuhkan tersebut untuk kelengkapan bahan ajar.  Etika pengutipan yang diambil dari internet haruslah dijaga betul bagaimana penulisan hasil kutipan ke dalam bahan ajar.  Kutipan yang diambil dari internet dituliskan sebagai berikut:

Carvin, Andy (1966). ”Paying the First Path: The Internet”

Dalam EdWeb: Exploring Technology and School

Reform.http://www.cnidr.org:90/ibahn.intl.html

(accessed 24 Maret 2006)

http://www.library.usyd.edu.au:8080/Index/searchbib.html

(accessed 24 Maret 2006)

http://www.searchenginewatch.com/report/npd.htm

(25 Maret 2006)

Penutup

Internet memang sebuah fenomena dalam berkomunikasi, dapat mengubah kultur dan tatanan budaya, mendorong kebebasan mendapatkan informasi. Tidak ada batasan dalam internet, informasi positif dan negatif bersifat subyektif dan akan lebih bermanfaat apabila dipergunakan untuk menambah wawasan dan ilmu bagi kepentingan dunia pendidikan.  Salah satunya melakukan koneksi sebagai sumber belajar dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Contoh-contoh alamat situs

  1. Berita

detik.com

kompas.com

liputan6.com

bbc.co.uk

times.com

  1. Search Engine

yahoo.com

google.com

search.com

msn.com

  1. Belajar Komputer

ilmukomputer.com

sony_ak.com

Beberapa istilah domain

  1. edu (pendidikan)
  2. gov (pemerintahan)
  3. com (bisnis/ komersil)
  4. mil (militer)
  5. net (institusi yang berhubungan dengan jaringan computer)
  6. ac (pendidikan/ academic)
  7. go (pemerintah)
  8. org (organisasi)
  9. sg (Singapore)
  10. id (Indonesia)
  11. ind (India)
  12. my (Malaysia)
  13. th (Thailand)
  14. au (Australia)
  15. uk (Inggris)

Sumber Bacaan

Budi Rahardjo.2000. Implikasi Teknologi Informasi dan Internet terhadap Pendidikan, Bisnis dan Pemerintahan, Avaiable at (on line)

http:/budi.insan.co.id/articles/riau-it.doc.

Ferry C. Syifa.2000. Web Based Learning : Proses Pembelajaran dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi,  Avaiable at (on line) http:/www.geocities.com/vey212/wbl.htm.

Graifan Ramadahani.2003. Modul Pengenalan Internet, Available at (on line) http:/www.singcat.com/files/pengenalan internet.

Sumber : Materi Diklat Pengembangan Bahan Ajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 2,587,829 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 198 other followers

%d bloggers like this: