Belajar jadi Guru

Dari SP sampai RPP, sebuah kilas balik bagian 2

Posted on: September 18, 2010


Pada bagian 2 ini kami sajikan contoh sebuah “Rencana Pembelajaran”, agak sedikit berbeda dengan di bagian satu yaitu  “Rencana Pengajaran” . Rencana Pembelajaran ini lazim dipakai sewaktu kurikulum KBK tengah dikembangkan dulu.

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran :  Bahasa Inggris

Satuan Pendidikan        :  SMP

Kelas/Semester            :  VII/1

Materi Pokok               :  Teks Deskriptif

Siklus                           :  Lisan dan Tulis

Alokasi Waktu :  52 Jam Pelajaran

  1. I. KOMPETENSI DASAR :
Mendengarkan :

Memahamai wacana interaksional dan interpersonal ringan mis: mengenalkan diri, membeli buku instruksi guru, memberi reaksi, spontan serta monolog lisan pendek terutama yang berbentuk deskriptif sederhana.

Berbicara;

Mengungkapkan berbagai makna interpersonal dan atau monolog  lisan terutama dalam wacana berbentuk deskripsi

Membaca :

Memahami nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika di dalam teks tertulis berbentuk deskriptif.

Menulis :

Mengembangkan nuansa makna dengan langkah-langkah retorika yang benar di dalam teks tertulis berbentuk deskriptif.

  1. INDIKATOR
    1. Tindak bahasa

1. Mendengarkan :

Merespon dengan benar tindak tutur di dalam wacana transaksional /interpersonal

seperti:

  • Pernyataan orang lain yang memberi Informasi/jasa
  • Perintah atau larangan
  • Permintaan dan pemberian informasi berupa fakta
  • Permintaan dan pemberian informasi pendapat

2. Berbicara :

a. Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan transaksional dan atau

interpersonal seperti :

  • Menyatakan sesuatu
  • Mengungkapkan tindak tutur yang menyertai kegiatan fisik dikelas (language

accompanying actions)

  • Meminta dan memberi informasi faktual
  • Meminta dan memberi pendapat
  • Meminta dan memberi petunjuk.
  • Meminta dan memberi persetujuan / ketidak setujuan
  • Mempertanyakan sesuatu
b. Mendeskripsikan benda, orang atau tempat secara sederhana

c. Melakukan monologue dalam bentuk deskriptif.

2.  Membaca :

  • Mengidentifikasi main idea
  • Mengidentifikasi supporting details.
  • Mengidentifikasi informasi faktual
  • Mengidentifikasi langkah-langkah retorika di dalam wacana deskriptif

4.  Menulis:

  • Menulis kalimat fungsional sederhana
  • Menghasilkan teks deskriptif
  1. Linguistic
  • Mengidentifikasi Simple Present Tense
  • Mengidentifikasi relational process dan material process
  • Mengidentifikasi Noun tense.
  • Mengidentifikasi Attributive dan penggunaannya.
  • Mengidentifikasi dan menggunakan epithet, Clasifiers.
  1. Sociacultural
  • Mendiskripsikan benda, orang atau tempat tertentu.
  1. Strategi
  • Bekerja sama dengan teman
  • Pengulangan kata
  • Membaca nyaring
  • Membacakan teks contoh sebanyak-banyaknya
  1. Sikap
  • Memiliki rasa percaya diri untuk meningkatkan kemampuan memahami jenis teks

deskriptif.

  • Melakukan presentasi tentang/penjelasan tentang fakta yang diketahuinya.
  • Berpartisipasi aktif dalam kegiatan membahas setiap teks atau tugas dengan guru dan

teman.

  • Antusias mengerjakan tugas-tugas yang diberikan

III. MATERI

Ujaran-ujaran (Gambits)

  1. Fitur-fitur bahasa

–         Present Tense

–         Adjectives

–     Noun Phrase

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Pembukaan
  2. Inti
  1. Mengabsen dan memberi salam.
  2. Mereview pelajaran sebelumnya.
Waktu

Tahap dan Siklus

Kegiatan dan Materi

20 X 45 Menit Introduction of English F     Guru memberikan pemodelan siswa mendengarkan

F     Guru memberikan pemodelan, siswa menirukan

F     Siswa diminta untuk melatih ucapan-ucapan dengan teman sebangku

F     Guru mengadakan interaksi dengan siswa dengan ungkapan-ungkapan yang sudah dilatihkan

F      Ucapan salam selalu dilakukan oleh guru siswa setiap memulai dan mengakhiri pelajaran.

F     Setelah siswa dapat mengucapkan dengan benar ujaran-ujaran yang ditargetkan guru memajang tulisan-tulisan dengan huruf yang dapat dibaca dengan jelas tentang ungkapan-ungkapan yang digunakan. Pada waktu tertentu, misalnya satu minggu, ujaran-ujaran yang dipakai diganti dengan ujaran yang lain. Dengan demikian dalam waktu 20 sesi. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut dalam percakapan sehari-hari.

SIKLUS LISAN
8 X 45 Menit Building Knowledge of the Field

(Prinsip literasi:Konvensi dan cultural knowledge)

  • Mengenalkan present tense
  • Sharing experience tentang kehidupan keluarga
  • Membahas kosakata seputar keluarga seperti family tree dll.
  • Membahas kebiasaan keluarga seperti makanan sehari-hari, ruang keluarga dengan segala perangkatnya yang melibatkan nouns.
  • Berlatih pengucapan, intonasi dan ejaan.

(misalnya dengan berlomba mengeja dll.)

  • Dll.
4 X 45 Menit Modelling of Text (Prinsip literasi:interpretasi, refleksi dan problem solving)
  • Memberi contoh teks deskriptif  melalui kaset.
  • Diskusi tentang isi teks.
  • Diskusi tentang struktur teks dan fungsi unsur-unsurnya.
  • Diskusi  tentang  bagaimana  informasi  disusun   dengan

baik agar mudah dipahami.

4 X 45 Menit Joint Construction (Prinsip literasi:kolaborasi dan language use)
  • Berlatih membuka percakapan dan merespon.
  • Berlatih merespon terhadap respon untuk memperpanjang percakapan.
  • Berlatih menceritakan kembali cerita yang sudah didengar bersama teman. Misalnya, A membuka dengan satu kalimat, kemudian B melanjutkan dengan kalimat kedua dst.
  • Berlatih membuat teks deskripsi tentang keluarga yang mirip secara berpasangan.
  • Berlatih membuat ceritera yang mengandung percakapan.
4 X 45 Menit Independent Construction (Prinsip literasi:language use)
  • Bercakap-cakap dengan teman untuk tujuan transaksional (dialog).
  • Berceritera tentang sesuatu yang pernah didengar atau dibaca (monolog)
  • Berceritera berdasarkan karangan siswa sendiri.
SIKLUS TULIS
8 X 45 Menit Building Knowledge of the Field
  • Menekankan kembali penggunaan tenses yang sudah dibahas di siklus lisan.
  • Mengembangkan kosa kata dengan berbagai teknik.
  • Membahas ciri-ciri teks deskriptif.
4 X 45 Menit Modelling of Text
  • Membaca teks deskriptif tentang keluarga.
  • Menginterpretasi isi teks deskriptif.
  • Membahas unsur-unsur teks dan susunannya.
    • Membahas teks-teks lain yang mirip.
    • Membahas fakta, kosakata dan rinci-rinci lain dalam teks
    • Membahas kesamaan dan perbedaan budaya, jika ada
    • Membaca nyaring
    • Dll.
4 X 45 Menit Joint Constuction
  • Merencanakan penulisan deskriptif dengan brainstorming dalam kelompok.
  • Menyusun teks deskriptif dalam kelompok dengan memperhatikan struktur teks.
  • Berkonsultasi dengan guru atau teman.
  • Membahas balikan yang diberikan guru
  • Membahas balikan yang diberikan teman lain
  • Memberi balikan kepada teman yang memerlukan
  • Menggunakan kamus
  • Memajang hasil kerja sama
4 X 45 Menit Independent Construction
  • Merencanakan sebuah teks deskriptif secara individual
  • Membuat “kontrak” dengan guru tentang apa yang akan ditulis.
  • Menulis konsep pertama
  • Meminta balikan dari guru
  • Membuat konsep kedua
  • Memperbaiki konsep
  • Menulis versi akhir
  • Memberi ilustrasi untuk tulisannya
  • Memajang tulisan deskriptif
  1. Penutup

a.  Menyimpulkan materi yang diajarkan

b.  Memberi tugas untuk di kerjakan di rumah

V. MEDIA , ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  1. Media                                : Flash cards, transparan, realia, captions
  2. Alat                                    : OHP, Tape Recorder, VCD
  3. Sumber                              : Kurikulum 2004 STANDAR KOMPETENSI Mata Pelajaran

Bahasa  Inggris SMP dan MTS, Depdiknas  tahun 2003

V. PENILAIAN

  1. Tes Tertulis
  2. Kinerja
  3. Produk
  4. Penugasan/Proyek
  5. Portofolio

………….,……………

Mengetahui,                                                      Guru Mata Pelajaran

……………………. ………………..

NIP. ……………..                                                                     NIP. …………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 2,587,829 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 198 other followers

%d bloggers like this: