Belajar jadi Guru

Dari SP sampai RPP, sebuah kilas balik bagian 3

Posted on: September 18, 2010


Pada bagian 3 ini kami unggah contoh ” Rencana Pembelajaran”  yang telah dimodifikasi oleh seorang guru dari Kabupaten Banyumas di tahun 2005. Model-model RP seperti ini berbasis Kurikulum KBK. Istilah yang dipakai untuk yang bagian “Payungnya” adalah “Desain Pembelajaran”. Sedangkan untuk bagian-bagian terincinya tetap menggunakan istilah “Rencana Pembelajaran”. ‘

DESAIN PEMBELAJARAN NO 1

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris

Materi Pokok               : Teks Deskriptif

Siklus Pembelajaran  : Lisan dan Tulis

Kelas/ Semester         : VII / 1

Alokasi Waktu              : 16 X Pertemuan

I. Kompetensi Dasar

  1. Tindak Bahasa
  2. Mendengarkan

q       Memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan serta monolog pendek yang berbentuk deskriptif lisan sederhana.

  1. Berbicara

q       Mengungkapkan berbagai nuansa makna dalam wacana transaksional dan atau monolog, terutama dalam wacana berbentuk descriptive sederhana.

  1. Membaca

q       Memahami nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika di dalam teks tertulis dalam bentuk descriptive sederhana, serta instruksi/ larangan pendek.

  1. Membaca

q       Mengungkapkan nuansa makna dengan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar di dalam teks tertulis berbentuk descriptive sederhana.

  1. Wacana

Menerapkan unsur-unsur pembentuk teks (piranti kohesi, piranti untuk menyatakan konteks situasi, piranti koheren, struktur generic, struktur percakapan) untuk menghasilkan teks yang komponen-komponennya kohesif dan koheren.

  1. Linguistik

Memahami dan menerapkan unsur-unsur tata bahasa, kosa kata, lafal dan ejaan di dalam teks descriptive dengan benar.

  1. Sosiokultural

Menyatakan pesan dengan benar dan berterima menurut konteks sosial budaya yang terkait dengan kegiatan komunikatif yang dilakukan.

  1. Strategik

Menerapkan berbagai strategi komunikasi untuk dapat memahami dan menghasilkan teks lisan maupun tulis, memudahkan pemahaman teks lisan, untuk mengatasi kesulitan komunikasisesaat, memudahkan dalam memahami bacaan, memudahkan menghasilkan teks tertulis yang kohesif dan koheren.

  1. Sikap

Memiliki rasa percaya diri dan keinginan untuk meningkatkan kemampuan memahami teks descriptive dengan cara menanggapi pernyataan/pertanyaan dalam bahasa Inggris dalam interaksi dengan guru dan atau dengan teman dan tidak takut membuat kesalahan.

II. Indikator

Tindak Bahasa

    1. Mendengarkan
  • Merespon dengan benar wacana transaksional
  • Merespon dengan benar wacana interpersonal
  • Merespon dengan benar wacana monolog
  • Merespon dengan benar permintaan dan pemberian informasi berupa fakta
  1. Berbicara
  • Melakukan tindak tutur mengajak orang lain melakukan sesuatu
  • Melakukan tindak tutur yang menyertai kegiatan fisik di kelas
  • Meminta dan memberi informasi faktual
  • Meminta dan memberi pendapat
  • Melakukan monolog dalam bentuk deskriptif sederhana
  1. Membaca
  • Mengidentifikasi main idea
  • Mengidentifikasi supporting details
  • Mengidentifikasi informasi faktual
  • Mengidentifikasi langkah-langkah retorika di dalam wacana deskriptif
  • Membaca nyaring wacana ragam tulis dengan ucapan dan intonasi yang menunjang pemahaman
  1. Menulis
  • Menulis kalimat sederhana
  • Menyusun teks berbentuk deskriptif
  1. Wacana
  2. Mengidentifikasi piranti kohesi dan koherensi
  3. Mengidentifikasi stuktur generic teks deskriptif
    1. Linguistik
    2. Mengidentifikasi kalimat berita
    3. Mengidentifikasi frasa nomina, pronoun, adjective dan lainnya dan menggunakannya dengan benar
    4. Memahami dan menggunakan secara tepat kosa kata yang terkait dengan tema/konteks dengan benar.
      1. Sosiokultural
      2. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pesan dengan benar dan berterima sesuai dengan faktor sosial dan kontektual
      3. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pesan dengan benar dan berterima sesuai dengan faktor gaya dan kepatutan
      4. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pesan dengan benar dan berterima sesuai dengan faktor budaya
      5. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pesan dengan benar dan berterima sesuai dengan faktor komunikasi non-verbal
        1. Strategi
        2. Bekerjasama dengan teman
        3. Meminta bantuan orang lain yang lebih kompeten
        4. Meminta pengulangan (dalam siklus lisan) atau dengan mengingat ingat
        5. Menggunakan cara non linguistik (gerakan meniru, menunjuk)
        6. Merespon lawan bicara.
          1. Sikap
          2. Berinisiatif untuk berlatih dengan teman
          3. Menjawab/menanggapi pertanyaan/pernyataan dalam bahasa Inggris dalam interaksi di kelas
          4. Tidak takut membuat kesalahan

III. Langkah-langkah Pembelajaran

A.  Pembukaan

  1. Siswa merespon salam guru
  2. Siswa merespon guru mencek kehadiran
  3. Guru memberikan small chat atau review pelajaran yang lalu.

B. Inti

  1. Building Knowledge of Field
  • Berinteraksi dengan siswa untuk membekali kosa kata terkait dengan deskripsi
  • Berinteraksi dengan siswa untuk menemukan makna kata dengan konteks gambar
  • Mengucapkan kata terkait dengan ejaan dan ucapan yang benar
  • Mengidentifikasi penggunaan S + fimite (verb of being) dan verb of having
  • Mengidentifikasi penggunaan noun phrase
  1. Modelling of Text
  • Memberikan contoh berbagai teks deskriptif
  • Meminta siswa untuk menemukan semua informasi yang diperlukan dalam teks(micro reading skills) dan struktur generik teks
  • Mengidentifikasi  lexico-grammatical features
  • Menunjukkan cara membuat teks deskriptif
  1. Joint Construction of Text
  • Membentuk kelompok yang beranggotakan sesuai kelayakan tugasnya
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih topik yang akan dideskripsikan
  • Meminta siswa menyusun teks deskriptif dari topik yang telah disepakati bersama
  • Meminta tiap kelompok untuk mengadakan pembagian tugas
  • Mendiskusikan hasil deskripsinya dengan anggota kelompok
  • Melaporkan hasil yang disampaikan secara lisan
  1. Independent Construction of Text
  • Meminta siswa untuk mendeskripsikan rumahnya masing-masing
  • Siswa memilih salah satu topik yang diberikan guru secara acak. Misal: binatang, gedung, pohon, mobil, sepeda atau …….tertentu untuk dideskripsikan secara lisan.
  • Meminta siswa mendeskripsikan lebih dari dua objek tertentu secara lisan
  • Memberikan tips untuk memfasilitasi siswa mencek apakah teks descriptive mereka telah sesuai dengan aturan yang semestinya.

C. Penutup

  1. Guru dan siswa melakukan refleksi atas kegiatan yang telah dilaksanakan untuk perbaikan di waktu yang akan datang.
  2. Membuat rangkuman dari apa yang telah dipelajari
  3. Guru memberikan tugas/proyek penulisan deskritif yang lainnya
  4. Guru menutup dengan salam.

IV. Media, Alat dan Sumber Bahan Ajar

A. Media     : Gambar, Kartu Kwartet

B. Alat        : Worksheet

C. Sumber   : – Kurikulum 2004

– English 4 Skills in Context (Merle Morcom)

– LKS buatan guru (Teacher’s made worksheet)

V. Penilaian

  1. Tes Tertulis                     : Paper-pen test
  2. Kinerja                           : Keaktifan siswa melaksanakan tugas
  3. Produk                           : Tingkat kesesuaian produk dengan aturan
  4. Penugasan/Proyek          : Dengan rubrik hasil kesepakatan dengan siswa
  5. Portfolio                          :

Banyumas,        Agustus 2005

Mengetahui                                                                                 Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,                                                                         Bahasa Inggris Kelas VII

TARPIN SUSILO AJI, S. Pd.                                                        NOOR ZAINI AS, S. Pd.

NIP 130340523                                                                           NIP 130899465

Inggris

Materi Pokok              : Teks Deskriptif

Siklus Pembelajaran     : Lisan/ Spoken

Tahap Pembelajaran     : BKoF

Kelas/ Semester           : VII / 1

Pertemuan ke               : 1 – 2

A.     Kompetensi Dasar
Mendengarkan    : Memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan serta monolog pendek yang berbentuk naratif lisan sederhana.
Berbicara            : Mengungkapkan berbagai nuansa makna dalam wacana transaksional dan atau monolog, terutama dalam wacana berbentuk naratif sederhana.
B.     Indikator

Mendengarkan    : – Merespon berbagai sapaan dengan benar wacana transaksional

– Merespon perintah dengan benar. Merespon Ucapan terima kasih

Berbicara            : – Menyapa orang yang sudah dikenal. Meminta maaf

– Merespon pendapat dengan benar. Mengucapkan Terima kasih

C.     Bahan Pembelajaran
  1. Matei Pokok            : Teks Deskriptif (Definition/ Identification/ Classification, Description)
  2. Kebahasaan            : Penggunaan Present tense dan Verbs of Being (IS dan ARE)
  3. Keterampilan           : Penerapan unsur-unsur untuk mencapai kompetensi wacana lisan.
  4. Sumber                   : English Students Books VII, Teacher’s Made Materials, Dictionary, etc.
  5. Media                     : Gambar, VCD Player, PCMM, Obyek-obyek dalam kehidupan nyata, dan teks
  6. Teks Masukan         : (Digunakan untuk beberapa kelas dengan judul teks yang berbeda-beda)

v Listening text : a. Our Classroom                        b. The School Garage              c. My Cat

B.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL Approach)

Tahap Pembelajaran: Building Knowledge of the Field (BKoF)

  1. Kegiatan Awal (Opening Activities)

–          Siswa menanggapi wacana transaksional/ interpersonal untuk shared knowledge activity

–          Siswa melakukan perintah guru untuk menyimak dan menanggapi cerita lisan

  1. Kegiatan Inti (Main Activities)

–          Siswa memperhatikan dan merespon pemodelan yang diberikan oleh guru di kelas.

–          Siswa merespon perintah/ permintaan guru untuk mengerjakan latihan sesuai model.

–          Siswa bekerja sama secara berpasangan untuk mengerjakan tugas/ tasks.

–          Siswa bersama dengan guru mendiskusikan ujaran untuk klarifikasi/ konfirmasi makna.

–          Siswa menunjukkan hasil karyanya di kelas dengan peragaan bicara monolog sederhana.

–          Siswa melontarkan pertanyaan untuk meningkatkan kompetensinya menggunakan pertanyaan.

–          Siswa membuat catatan untuk kegiatan belajar mandiri/ kolaborasi di luar kelas.

  1. Kegiatan Akhir (Closing Activities)

–          Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan kegiatan dan materi pembelajaran.

–          Guru memberi kesempatan siswa mengungkapkan kesulitan selama pembelajaran.

–          Guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar.

–          Guru bersama siswa merencanakan tugas untuk belajar siswa di rumah/ di luar kelas.

C.     Penilaian/ Assessment

ö     Kehadiran siswa dalam pembelajaran (through observation and checklist)

ö     Keaktifan siswa selama pembelajaran (through observation: involvement or participation)

ö     Kemajuan belajar/ketercapaian kompetensi (project, performance, written tasks, product)

Mengetahui:                                                                                    Dibuat oleh:

Kepala SMP Negeri 1 Kembaran                                                     Guru Bahasa Inggris Kelas VII

TARPIN SUSILO AJI, S. Pd.                                                       NOOR ZAINI AS, S. Pd.

NIP 130340523                                                                             NIP 130899465

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris

Materi Pokok              : Teks Deskriptif

Siklus Pembelajaran     : Lisan/ Spoken

Tahap Pembelajaran     : MoT

Kelas/ Semester           : VII / 1

Pertemuan ke               : 3 – 4

A.     Kompetensi Dasar
Mendengarkan    : Memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan serta monolog pendek yang berbentuk naratif lisan sederhana.
Berbicara            : Mengungkapkan berbagai nuansa makna dalam wacana transaksional dan atau monolog, terutama dalam wacana berbentuk naratif sederhana.
B.     Indikator

Mendengarkan    : – Merespon perintah lisan dengan tindakan. Merepon permintaan/ perintah lisan

– Merespon permintaan maaf. Merepon ucapan terima kasih

Berbicara            : – Meminta dan memberi informasi factual.

– Meminta dan memberi pendapat. Mempertanyakan sesuatu.

C.     Bahan Pembelajaran
  1. Matei Pokok            : Teks Deskriptif (Definition/ Identification/ Classification, Description)
  2. Kebahasaan            : Penggunaan Present tense dan Verbs of Being (IS dan ARE)
  3. Keterampilan           : Penerapan unsur-unsur untuk mencapai kompetensi wacana lisan.
  4. Sumber                   : English Students Books VII, Teacher’s Made Materials, Dictionary, etc.
  5. Media                     : Gambar, VCD Player, PCMM, Obyek-obyek dalam kehidupan nyata, dan teks
  6. Teks Masukan         : (Digunakan untuk beberapa kelas dengan judul teks yang berbeda-beda)

v Listening text : a. Our Classroom                        b. The School Garage              c. My Cat

D.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL Approach)

Tahap Pembelajaran: Modeling of the Text (MoT)

  1. Kegiatan Awal (Opening Activities)

–          Siswa menanggapi wacana transaksional/ interpersonal untuk shared knowledge activity

–          Siswa melakukan perintah guru untuk menyimak dan menanggapi cerita lisan

  1. Kegiatan Inti (Main Activities)

–          Siswa memperhatikan dan merespon pemodelan yang diberikan oleh guru di kelas.

–          Siswa merespon pertanyaan guru yang disampaikan secara lisan berkenaan dengan pemodelan.

–          Siswa secara bersama mempraktikkan ucapan dan ujaran yang dimodelkan oleh guru.

–          Siswa bersama dengan guru mendiskusikan makna ujaran-ujaran yang sedang dilatihkan.

–          Siswa menunjukkan kompetensinya di kelas dengan praktik bicara monolog sederhana.

–          Siswa melakukan tanya jawab dengan teman secara bergantian di kelas beberapa kali.

–          Siswa secara bergantian melakukan praktik berbicara monolog di depan kelas dengan ekspresi.

–          Siswa secara bersama-sama melakukan peer assessment terhadap kompetensi bicara teman

–          Siswa melontarkan pertanyaan untuk meningkatkan kompetensinya menggunakan bahasa lisan.

  1. Kegiatan Akhir (Closing Activities)

–          Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan kegiatan dan materi pembelajaran.

–          Guru memberi kesempatan siswa mengungkapkan kesulitan selama pembelajaran.

–          Guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar.

–          Guru bersama siswa merencanakan tugas untuk belajar siswa di rumah/ di luar kelas.

E.     Penilaian/ Assessment

ö     Kehadiran siswa dalam pembelajaran (through observation and checklist)

ö     Keaktifan siswa selama pembelajaran (through observation: involvement or participation)

ö     Kemajuan belajar/ketercapaian kompetensi (project, performance, written tasks, product)

Mengetahui:                                                                                    Dibuat oleh:

Kepala SMP Negeri 1 Kembaran                                                     Guru Bahasa Inggris Kelas VII

TARPIN SUSILO AJI, S. Pd.                                                       NOOR ZAINI AS, S. Pd.

NIP 130340523                                                                             NIP 130899465

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris

Materi Pokok              : Teks Deskriptif

Siklus Pembelajaran     : Lisan/ Spoken

Tahap Pembelajaran     : JCoT

Kelas/ Semester           : VII / 1

Pertemuan ke               : 5 – 6

A.     Kompetensi Dasar
Mendengarkan    : Memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan serta monolog pendek yang berbentuk naratif lisan sederhana.
Berbicara            : Mengungkapkan berbagai nuansa makna dalam wacana transaksional dan atau monolog, terutama dalam wacana berbentuk naratif sederhana.
B.     Indikator

Mendengarkan    : – Merespon dengan benar wacana transaksional. Merespon pemberian informasi faktual.

– Merespon larangan dengan benar. Merespon pemberian informasi

Berbicara            : – Meminta dan memberi informasi faktual

– Melakukan monolog sedehana

C.     Bahan Pembelajaran
  1. Matei Pokok            : Teks Deskriptif (Definition/ Identification/ Classification, Description)
  2. Kebahasaan            : Penggunaan Present tense, Indefinite Pronouns (There is / are) dan Articles
  3. Keterampilan           : Penerapan unsur-unsur untuk mencapai kompetensi wacana lisan.
  4. Sumber                   : English Students Books VII, Teacher’s Made Materials, Dictionary, etc.
  5. Media                     : Gambar, VCD Player, PCMM, Obyek-obyek dalam kehidupan nyata, dan teks
  6. Teks Masukan         : (Digunakan untuk beberapa kelas dengan judul teks yang berbeda-beda)

v Listening text : a. The School Library      b. The School Canteen             c. Our Laboratory

D.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL Approach)

Tahap Pembelajaran: Joint Construction of Text (JCoT)

  1. Kegiatan Awal (Opening Activities)

–          Siswa menanggapi wacana transaksional/ interpersonal untuk shared knowledge activity

–          Siswa melakukan perintah guru untuk menyimak dan menanggapi cerita lisan

  1. Kegiatan Inti (Main Activities)

–          Siswa memperhatikan dan merespon pemodelan yang diberikan oleh guru di kelas.

–          Siswa merespon perintah/ permintaan guru untuk mengerjakan latihan sesuai model.

–          Siswa bekerja sama secara berpasangan/ kelompok untuk berlatih membuka dan menutup cerita.

–          Siswa bersama dengan guru mendiskusikan makna dan struktur generik teks deskriptif.

–          Siswa bekerja kelompok membuat deskripsi untuk beberapa obyek tertentu secara lisan.

–          Siswa dalam kelompok bersama guru mengidentifikasi susunan generik teks deskriptif.

–          Siswa dalam kelompok secara bergantian praktik mendeskripsikan obyek tertentu di depan kelas.

  1. Kegiatan Akhir (Closing Activities)

–          Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan kegiatan dan materi pembelajaran.

–          Guru memberi kesempatan siswa mengungkapkan kesulitan selama pembelajaran.

–          Guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar.

–          Guru bersama siswa merencanakan tugas untuk belajar siswa di rumah/ di luar kelas.

E.     Penilaian/ Assessment

ö     Kehadiran siswa dalam pembelajaran (through observation and checklist)

ö     Keaktifan siswa selama pembelajaran (through observation: involvement or participation)

ö     Kemajuan belajar/ketercapaian kompetensi (project, performance, written tasks, product)

Mengetahui:                                                                                    Dibuat oleh:

Kepala SMP Negeri 1 Kembaran                                                     Guru Bahasa Inggris Kelas VII

TARPIN SUSILO AJI, S. Pd.                                                       NOOR ZAINI AS, S. Pd.

NIP 130340523                                                                             NIP 130899465

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris

Materi Pokok              : Teks Deskriptif

Siklus Pembelajaran     : Lisan/ Spoken

Tahap Pembelajaran     : ICoT

Kelas/ Semester           : VII / 1

Pertemuan ke               : 7 – 8

A.     Kompetensi Dasar
Mendengarkan    : Memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan serta monolog pendek yang berbentuk naratif lisan sederhana.
Berbicara            : Mengungkapkan berbagai nuansa makna dalam wacana transaksional dan atau monolog, terutama dalam wacana berbentuk naratif sederhana.
B.     Indikator

Mendengarkan    : – Merespon dengan benar wacana transaksional

– Merespon permintaan klarifiksi dengan benar

Berbicara            : – Meminta dan memberi informasi faktual. Mengawali dan membuka cerita lisan.

– Melakukan monolog. Mengakiri dan menutup cerita lisan

C.     Bahan Pembelajaran
  1. Matei Pokok            : Teks Deskriptif (Definition/ Identification/ Classification, Description)
  2. Kebahasaan            : Penggunaan Present tense, Indf Pronouns (There), Conjunctions, and Fillers
  3. Keterampilan           : Penerapan unsur-unsur untuk mencapai kompetensi wacana lisan.
  4. Sumber                   : English Students Books VII, Teacher’s Made Materials, Dictionary, etc.
  5. Media                     : Gambar, VCD Player, PCMM, Obyek-obyek dalam kehidupan nyata, dan teks
  6. Teks Masukan         : (Digunakan untuk beberapa kelas dengan judul teks yang berbeda-beda)

v Listening text : a. Our Classroom                        b. The School Garage              c. My Cat

D.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL Approach)

Tahap Pembelajaran: Independent Construction of the Text (ICoT)

  1. Kegiatan Awal (Opening Activities)

–          Siswa menanggapi wacana transaksional/ interpersonal untuk shared knowledge activity

–          Siswa melakukan perintah guru untuk menyimak dan menanggapi bahasa lisan

  1. Kegiatan Inti (Main Activities)

–          Siswa memperhatikan dan merespon pemodelan yang diberikan oleh guru di kelas.

–          Siswa merespon perintah / permintaan guru untuk berlatih sesuai pemodelan.

–          Siswa melakukan praktik monolog deskriptif di depan kelas secara bergantian.

–          Siswa bersama dengan guru melakukan assessment terhadap kompetensi siswa.

–          Siswa menunjukkan kompetensinya dalam berbahasa dengan mengajukan pertanyaan.

–          Siswa berpasangan melakukan tanya jawab dengan mendeskripsikan sesuatu secara lisan.

–          Siswa membuat catatan untuk kegiatan belajar mandiri/ kolaborasi di luar kelas.

  1. Kegiatan Akhir (Closing Activities)

–          Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan kegiatan dan materi pembelajaran.

–          Guru memberi kesempatan siswa mengungkapkan kesulitan selama pembelajaran.

–          Guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar.

–          Guru bersama siswa merencanakan tugas untuk belajar siswa di rumah/ di luar kelas.

E.     Penilaian/ Assessment

ö     Kehadiran siswa dalam pembelajaran (through observation and checklist)

ö     Keaktifan siswa selama pembelajaran (through observation: involvement or participation)

ö     Kemajuan belajar/ketercapaian kompetensi (project, performance, written tasks, product)

Mengetahui:                                                                                    Dibuat oleh:

Kepala SMP Negeri 1 Kembaran                                                     Guru Bahasa Inggris Kelas VII

TARPIN SUSILO AJI, S. Pd.                                                       NOOR ZAINI AS, S. Pd.

NIP 130340523                                                                             NIP 130899465

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris

Materi Pokok              : Teks Deskriptif

Siklus Pembelajaran     : Tulis/ Written

Tahap Pembelajaran     : BKoF

Kelas/ Semester           : VII / 1

Pertemuan ke               : 9 – 10

A.     Kompetensi Dasar
Membaca           : Memahami berbagai makna dan langkah-langkah pengembangan retorika di dalam teks tertulis berbentuk deskriptif sederhana.
Menulis               : Mengungkapkan berbagai makna dan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar di dalam teks tertulis berbentuk deskriptif sederhana.
B.     Indikator

Membaca           : – Mengidentifikasi informasi/ gagasan dalam teks, meliputi:

Gagasan utama, gagasan pendukung, informasi rinci, informasi faktual, makna kata, dll.

– Mengidentifikasi langkah-langkah retorika di dalam wacana deskriptif.

– Membaca nyaring (story telling) wacana ragam tulis dengan ucapan dan intonasi yang

menunjang pemahaman pendengarnya untuk teks deskriptif.

Menulis               : – Menulis kalimat fungsional (komunikatif) sederhana

– Menulis pesan, pengumuman singkat dan sederhana, kartu-kartu ucapan.

– Menghasilkan teks deskriptif.

C.     Bahan Pembelajaran
  1. Matei Pokok            : Teks Deskriptif (Definition/ Identification/ Classification, Description)
  2. Kebahasaan            : Penggunaan Present tense dan Verbs of Being (IS dan ARE) & Verbs of Having
  3. Keterampilan           : Penerapan unsur-unsur untuk mencapai kompetensi wacana ragam tulis.
  4. Sumber                   : English Students Books VII, Teacher’s Made Materials, Dictionary, etc.
  5. Media                     : Gambar, VCD Player, PCMM, Obyek-obyek dalam kehidupan nyata, dan teks
  6. Teks Masukan         : (Digunakan untuk beberapa kelas dengan judul teks yang berbeda-beda)

v Listening text : a. Our Classroom                        b. The School Library              c. My Cat

D.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL Approach)

Tahap Pembelajaran: Building Knowledge of the Field (BKoF)

  1. Kegiatan Awal (Opening Activities)

–          Siswa menanggapi wacana transaksional/ interpersonal untuk shared knowledge activity

–          Siswa melakukan perintah guru untuk membaca dan menanggapi cerita tertulis.

  1. Kegiatan Inti (Main Activities)

–          Siswa memperhatikan kata-kata dan kalimat yang  dimodelkan oleh guru di kelas.

–          Siswa merespon perintah/ permintaan guru untuk mengerjakan latihan sesuai model.

–          Siswa bekerja sama secara berpasangan untuk mengerjakan tugas ttg penggunaan verbs of being.

–          Siswa bersama dengan guru mendiskusikan hasil kerja untuk klarifikasi/ konfirmasi makna.

–          Siswa mengerjakan tugas untuk menggunakan artikel a/an dan the meningkatkan kompetensinya.

–          Siswa membuat catatan untuk kegiatan belajar mandiri/ kolaborasi di luar kelas.

  1. Kegiatan Akhir (Closing Activities)

–          Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan kegiatan dan materi pembelajaran.

–          Guru memberi kesempatan siswa mengungkapkan kesulitan selama proses pembelajaran.

–          Guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar.

–          Guru bersama siswa merencanakan tugas untuk belajar siswa di rumah/ di luar kelas.

E.     Penilaian/ Assessment

ö     Kehadiran siswa dalam pembelajaran (through observation and checklist)

ö     Keaktifan siswa selama pembelajaran (through observation: involvement or participation)

ö     Kemajuan belajar / ketercapaian kompetensi (project, performance, written tasks, product)

Mengetahui:                                                                                    Dibuat oleh:

Kepala SMP Negeri 1 Kembaran                                                     Guru Bahasa Inggris Kelas VII

TARPIN SUSILO AJI, S. Pd.                                                       NOOR ZAINI AS, S. Pd.

NIP 130340523                                                                             NIP 130899465

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris

Materi Pokok              : Teks Deskriptif

Siklus Pembelajaran     : Tulis / Written

Tahap Pembelajaran     : MoT

Kelas/ Semester           : VII / 1

Pertemuan ke               : 11 – 12

A.     Kompetensi Dasar
Membaca           : Memahami berbagai makna dan langkah-langkah pengembangan retorika di dalam teks tertulis berbentuk deskriptif sederhana.
Menulis               : Mengungkapkan berbagai makna dan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar di dalam teks tertulis berbentuk deskriptif sederhana.
B.     Indikator

Membaca           : – Mengidentifikasi informasi/ gagasan dalam teks, meliputi:

Gagasan utama, gagasan pendukung, informasi rinci, informasi faktual, makna kata, dll.

– Mengidentifikasi langkah-langkah retorika di dalam wacana deskriptif.

– Membaca nyaring (story telling) wacana ragam tulis dengan ucapan dan intonasi yang

menunjang pemahaman pendengarnya untuk teks deskriptif.

Menulis               : – Menulis kalimat fungsional (komunikatif) sederhana

– Menulis pesan, pengumuman singkat dan sederhana, kartu-kartu ucapan.

– Menghasilkan teks deskriptif.

C.     Bahan Pembelajaran
  1. Matei Pokok            : Teks Deskriptif (Definition/ Identification/ Classification, Description)
  2. Kebahasaan            : Penggunaan Present tense dan Verbs of Being (IS dan ARE) & Verbs of Having
  3. Keterampilan           : Penerapan unsur-unsur untuk mencapai kompetensi wacana lisan.
  4. Sumber                   : English Students Books VII, Teacher’s Made Materials, Dictionary, etc.
  5. Media                     : Gambar, VCD Player, PCMM, Obyek-obyek dalam kehidupan nyata, dan teks
  6. Teks Masukan         : (Digunakan untuk beberapa kelas dengan judul teks yang berbeda-beda)

v Listening text : a. Our Classroom                        b. The School Library              c. My Cat

D.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL Approach)

Tahap Pembelajaran: Modeling of the Text (MoT)

  1. Kegiatan Awal (Opening Activities)

–          Siswa menanggapi wacana transaksional/ interpersonal untuk shared knowledge activity

–          Siswa melakukan perintah guru untuk membaca dan menanggapi cerita tulis.

  1. Kegiatan Inti (Main Activities)

–          Siswa memperhatikan guru membaca teks dan menirukannya seperti pemodelan yang diberikan .

–          Siswa mengerjakan latihan pemahaman isi teks dan struktur generik/ langkah-langkah retorika.

–          Siswa bersama dengan guru mendiskusikan hasil kerja untuk klarifikasi makna teks.

–          Siswa menunjukkan hasil karyanya di kelas dengan peragaan menulis di papan tulis bergantian.

–          Siswa menjawab/mengerjakan kuis untuk mengetahui ketercapaian kompetensinya yang terkait.

–          Siswa membuat catatan untuk kegiatan belajar mandiri/ kolaborasi di luar kelas.

  1. Kegiatan Akhir (Closing Activities)

–          Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan kegiatan dan materi pembelajaran.

–          Guru memberi kesempatan siswa mengungkapkan kesulitan selama pembelajaran.

–          Guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar.

–          Guru bersama siswa merencanakan tugas untuk belajar siswa di rumah/ di luar kelas.

E.     Penilaian/ Assessment

ö     Kehadiran siswa dalam pembelajaran (through observation and checklist)

ö     Keaktifan siswa selama pembelajaran (through observation: involvement or participation)

ö     Kemajuan belajar/ketercapaian kompetensi (project, performance, written tasks, product)

Mengetahui:                                                                                    Dibuat oleh:

Kepala SMP Negeri 1 Kembaran                                                     Guru Bahasa Inggris Kelas VII

TARPIN SUSILO AJI, S. Pd.                                                       NOOR ZAINI AS, S. Pd.

NIP 130340523                                                                             NIP 130899465

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris

Materi Pokok              : Teks Deskriptif

Siklus Pembelajaran     : Tulis / Written

Tahap Pembelajaran     : JCoT

Kelas/ Semester           : VII / 1

Pertemuan ke               : 13 – 14

A.     Kompetensi Dasar
Membaca           : Memahami berbagai makna dan langkah-langkah pengembangan retorika di dalam teks tertulis berbentuk deskriptif sederhana.
Menulis               : Mengungkapkan berbagai makna dan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar di dalam teks tertulis berbentuk deskriptif sederhana.
B.     Indikator

Membaca           : – Mengidentifikasi informasi/ gagasan dalam teks, meliputi:

Gagasan utama, gagasan pendukung, informasi rinci, informasi faktual, makna kata, dll.

– Mengidentifikasi langkah-langkah retorika di dalam wacana deskriptif.

– Membaca nyaring (story telling) wacana ragam tulis dengan ucapan dan intonasi yang

menunjang pemahaman pendengarnya untuk teks deskriptif.

Menulis               : – Menulis kalimat fungsional (komunikatif) sederhana

– Menulis pesan, pengumuman singkat dan sederhana, kartu-kartu ucapan.

– Menghasilkan teks deskriptif.

C.     Bahan Pembelajaran
  1. Matei Pokok            : Teks Deskriptif (Definition/ Identification/ Classification, Description)
  2. Kebahasaan            : Penggunaan Present tense dan Verbs of Being (IS dan ARE) & Verbs of Having
  3. Keterampilan           : Penerapan unsur-unsur untuk mencapai kompetensi wacana lisan.
  4. Sumber                   : English Students Books VII, Teacher’s Made Materials, Dictionary, etc.
  5. Media                     : Gambar, VCD Player, PCMM, Obyek-obyek dalam kehidupan nyata, dan teks
  6. Teks Masukan         : (Digunakan untuk beberapa kelas dengan judul teks yang berbeda-beda)

v Listening text : a. Our Rose Flower         b. The School Canteen             c. My English Teacher

D.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL Approach)

Tahap Pembelajaran: Joint Construction of the Text (JCoT)

  1. Kegiatan Awal (Opening Activities)

–          Siswa menanggapi wacana transaksional/ interpersonal untuk shared knowledge activity

  1. Kegiatan Inti (Main Activities)

–          Siswa memperhatikan guru membaca teks dan menirukannya seperti pemodelan yang diberikan .

–          Siswa menyusun kalimat acak dengan menulis kembali menjadi paragraf deskriptif padu/koheren.

–          Siswa menyusun paragraf acak dengan menulis kembali menjadi teks deskriptif yang benar.

–          Siswa bekerja secara kelompok untuk mengerjakan tugas serupa dengan media lebih komplek.

–          Siswa bersama dengan guru mendiskusikan hasil kerja untuk klarifikasi makna teks.

–          Siswa menunjukkan hasil karyanya di kelas dengan peragaan menulis di papan tulis bergantian.

–          Siswa berpasangan membuat teks deskriptif atas ide sendiri kemudian hasilnya dipajankan di kelas.

–          Siswa membuat catatan untuk kegiatan belajar mandiri/ kolaborasi di luar kelas.

  1. Kegiatan Akhir (Closing Activities)

–          Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan kegiatan dan materi pembelajaran.

–          Guru memberi kesempatan siswa mengungkapkan kesulitan selama pembelajaran.

–          Guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar.

–          Guru bersama siswa merencanakan tugas untuk belajar siswa di rumah/ di luar kelas.

E.     Penilaian/ Assessment

ö     Kehadiran siswa dalam pembelajaran (through observation and checklist)

ö     Keaktifan siswa selama pembelajaran (through observation: involvement or participation)

ö     Kemajuan belajar/ketercapaian kompetensi (project, performance, written tasks, product)

Mengetahui:                                                                                    Dibuat oleh:

Kepala SMP Negeri 1 Kembaran                                                     Guru Bahasa Inggris Kelas VII

TARPIN SUSILO AJI, S. Pd.                                                       NOOR ZAINI AS, S. Pd.

NIP 130340523                                                                             NIP 130899465

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris

Materi Pokok              : Teks Deskriptif

Siklus Pembelajaran     : Tulis / Written

Tahap Pembelajaran     : ICoT

Kelas/ Semester           : VII / 1

Pertemuan ke               : 15 – 16

A.     Kompetensi Dasar
Membaca           : Memahami berbagai makna dan langkah-langkah pengembangan retorika di dalam teks tertulis berbentuk deskriptif sederhana.
Menulis               : Mengungkapkan berbagai makna dan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar di dalam teks tertulis berbentuk deskriptif sederhana.
B.     Indikator

Membaca           : – Mengidentifikasi informasi/ gagasan dalam teks, meliputi:

Gagasan utama, gagasan pendukung, informasi rinci, informasi faktual, makna kata, dll.

– Mengidentifikasi langkah-langkah retorika di dalam wacana deskriptif.

– Membaca nyaring (story telling) wacana ragam tulis dengan ucapan dan intonasi yang

menunjang pemahaman pendengarnya untuk teks deskriptif.

Menulis               : – Menulis kalimat fungsional (komunikatif) sederhana

– Menulis pesan, pengumuman singkat dan sederhana, kartu-kartu ucapan.

– Menghasilkan teks deskriptif.

C.     Bahan Pembelajaran
  1. Matei Pokok            : Teks Deskriptif (Definition/ Identification/ Classification, Description)
  2. Kebahasaan            : Penggunaan Present tense dan Verbs of Being (IS dan ARE)
  3. Keterampilan           : Penerapan unsur-unsur untuk mencapai kompetensi wacana lisan.
  4. Sumber                   : English Students Books VII, Teacher’s Made Materials, Dictionary, etc.
  5. Media                     : Gambar, VCD Player, PCMM, Obyek-obyek dalam kehidupan nyata, dan teks
  6. Teks Masukan         : (Digunakan untuk beberapa kelas dengan judul teks yang berbeda-beda)

v Listening text : a. Our headmaster           b. Our Laboratory                   c. My Flower

D.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL Approach)

Tahap Pembelajaran: Independent Construction of the Text (ICoT)

  1. Kegiatan Awal (Opening Activities)

–          Siswa menanggapi wacana transaksional/ interpersonal untuk shared knowledge activity

–          Siswa melakukan perintah guru untuk membaca dan menanggapi cerita tulis.

  1. Kegiatan Inti (Main Activities)

–          Siswa memperhatikan teks deskriptive tulis dan strukturnya yang dimodelkan guru di kelas.

–          Siswa membuat teks deskriptif secara mandiri dengan judul pilihan yang disediakan guru.

–          Siswa membuat teks deskriptif atas idenya sendiri dengan struktur generik yang benar.

–          Siswa melakukan graffiti untuk belajar menilai/ memberi komentar thd karya teman sekelasnya.

–          Siswa menunjukkan hasil karyanya dengan memajankan hasil teksnya di dinding kelas.

–          Siswa melakukan wisdom walk untuk belajar dari karya teman sekelasnya.

–          Siswa membuat catatan untuk kegiatan belajar mandiri meningkatkan kompetensinya di luar kelas.

  1. Kegiatan Akhir (Closing Activities)

–          Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan kegiatan dan materi pembelajaran.

–          Guru memberi kesempatan siswa mengungkapkan kesulitan selama pembelajaran.

–          Guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar.

–          Guru bersama siswa merencanakan tugas untuk belajar siswa di rumah/ di luar kelas.

E.     Penilaian/ Assessment

ö     Kehadiran siswa dalam pembelajaran (through observation and checklist)

ö     Keaktifan siswa selama pembelajaran (through observation: involvement or participation)

ö     Kemajuan belajar/ketercapaian kompetensi (project, performance, written tasks, product)

Mengetahui:                                                                                    Dibuat oleh:

Kepala SMP Negeri 1 Kembaran                                                     Guru Bahasa Inggris Kelas VII

TARPIN SUSILO AJI, S. Pd.                                                       NOOR ZAINI AS, S. Pd.

NIP 130340523                                                                             NIP 130899465

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran              :  Bahasa Inggris

Materi Pokok                 :  Descriptive Text

Siklus                           :  TULIS (Written Cycle)

Kelas / Semester           :  VII / 1

Tahap Pembelajaran       :  BKoF

Pertemuan                    :  Pertemuan 1 (2 X 45 menit)

VII.  Kompetensi Dasar

  1. A. Tindak Bahasa
    1. Membaca

q       Memahami nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika di dalam teks tertulis dalam bentuk descriptive sederhana, serta instruksi/ larangan pendek.

  1. Menulis

q       Mengungkapkan nuansa makna dengan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar di dalam teks tertulis berbentuk descriptive sederhana.

  1. B. Wacana

Menerapkan unsur-unsur pembentuk teks (piranti kohesi, piranti untuk menyatakan konteks situasi, piranti koheren, struktur generik, struktur percakapan) untuk menghasilkan teks yang komponen-komponennya kohesif dan koheren.

  1. C. Linguistik

Memahami dan menerapkan unsur-unsur tata bahasa, kosa kata, lafal dan ejaan di dalam teks descriptive dengan benar.

  1. D. Sosiokultural

Menyatakan pesan dengan benar dan berterima menurut konteks sosial budaya yang terkait dengan kegiatan komunikatif yang dilakukan.

  1. E. Strategik

Menerapkan berbagai strategi komunikasi untuk dapat memahami dan menghasilkan teks lisan maupun tulis, memudahkan pemahaman teks lisan, untuk mengatasi kesulitan komunikasi sesaat, memudahkan dalam memahami bacaan, memudahkan menghasilkan teks tertulis yang kohesif dan koheren.

  1. F. Sikap

Memiliki rasa percaya diri dan keinginan untuk meningkatkan kemampuan memahami teks descriptive dengan cara menanggapi pernyataan/pertanyaan dalam bahasa Inggris dalam interaksi dengan guru dan atau dengan teman dan tidak takut membuat kesalahan.

VIII.            Indikator

  1. A. Tindak Bahasa
  2. Membaca
  • Mengembangkan keterampilan membaca (micro reading skills)
  • Mengidentifikasi main idea
  • Mengidentifikasi supporting details
  • Mengidentifikasi informasi faktual
  • Mengidentifikasi langkah-langkah retorika di dalam wacana deskriptif
  • Membaca nyaring wacana ragam tulis dengan ucapan dan intonasi yang menunjang pemahaman
  1. Menulis
  • Menulis kalimat sederhana dan benar
  • Menulis paragraf pendek sederhana dan benar
  • Menyusun teks berbentuk deskriptif
  1. B. Wacana
  2. Mengidentifikasi piranti kohesi dan koherensi
  3. Mengidentifikasi stuktur generic teks deskriptif
    1. C. Linguistik
    2. Mengidentifikasi kalimat berita, dan kalimat lain yang relevan dengan penulisan teks deskriptif.
    3. Mengidentifikasi frasa nomina, pronoun, adjective dan lainnya dan menggunakannya dengan benar
    4. Memahami dan menggunakan secara tepat kosa kata yang terkait dengan tema/konteks dengan benar.
      1. D. Sosiokultural
      2. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pesan dengan benar dan berterima sesuai dengan faktor sosial dan kontektual
      3. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pesan dengan benar dan berterima sesuai dengan faktor gaya dan kepatutan
      4. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pesan dengan benar dan berterima sesuai dengan faktor budaya
      5. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pesan dengan benar dan berterima sesuai dengan faktor komunikasi non-verbal
        1. E. Strategi
        2. Bekerjasama dengan teman
        3. Meminta bantuan teman yang lebih kompeten
        4. Meminta pengulangan (dalam siklus lisan) atau dengan mengingat-ingat
        5. Menggunakan cara non linguistik (gerakan meniru, menunjuk)
        6. Merespon lawan bicara.
          1. F. Sikap
          2. Berinisiatif untuk berlatih dengan teman
          3. Menjawab/menanggapi pertanyaan/pernyataan dalam bahasa Inggris dalam interaksi di kelas
          4. Tidak takut membuat kesalahan (self esteem)

IX.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A.      Pembukaan

  1. Siswa merespon salam guru
  2. Siswa merespon guru mencek kehadiran
  3. Guru memberikan small chat atau review pelajaran yang lalu
    1. 1. Building Knowledge of Field

B.      Inti

  • Berinteraksi dengan siswa untuk membekali kosa kata terkait dengan deskripsi
  • Berinteraksi dengan siswa untuk menemukan makna kata dengan konteks gambar
  • Mengucapkan kata terkait dengan ejaan dan ucapan yang benar
  • Mengidentifikasi penggunaan S + fimite (verb of being) dan verb of having
  • Mengidentifikasi penggunaan noun phrase
  1. 2. Modelling of Text
  • Memberikan contoh berbagai teks deskriptif
  • Meminta siswa untuk menemukan semua informasi yang diperlukan dalam teks (micro reading skills) dan struktur generik teks deskriptif. (main ideas showing specific descriptions)
  • Mengidentifikasi  lexico-grammatical features
  • Menunjukkan cara membuat teks deskriptif (termasuk penulisannya: ejaan, tanda baca, dll.)
  • Menyusun paragraf acak menjadi sebuah teks deskriptif yang padu
  1. 3. Joint Construction of Text
  • Membentuk kelompok yang beranggotakan sesuai kelayakan tugasnya
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih topik yang akan dideskripsikan
  • Meminta siswa menyusun teks deskriptif dari topik yang telah disepakati bersama
  • Meminta tiap kelompok untuk mengadakan pembagian tugas
  • Mendiskusikan hasil deskripsinya dengan anggota kelompok
  • Menukarkan teks tertulis hasil kerja kelompok dengan kelompok lain (untuk peer assessment)
  • Melaporkan hasil yang disampaikan secara tertulis atau didisplaykan di dinding kelas
  1. 4. Independent Construction of Text
  • Meminta siswa untuk mendeskripsikan rumahnya masing-masing secara tertulis
  • Siswa memilih salah satu topik yang diberikan guru secara acak. Misal: binatang, gedung, pohon, mobil, sepeda atau …….tertentu untuk dideskripsikan secara tertulis dalam bentuk teks.
  • Meminta siswa mendeskripsikan lebih dari dua objek tertentu secara tertulis dalam bentuk teks.
  • Memberikan tips untuk memfasilitasi siswa mencek apakah teks descriptive mereka telah sesuai dengan aturan yang semestinya.

C.      Penutup

  1. Guru dan siswa melakukan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk perbaikan kinerja di waktu yang akan datang.
  2. Membuat rangkuman yang diperlukan dari apa yang telah dipelajari untuk belajar siswa di rumah.
  3. Guru memberikan tugas/proyek penulisan deskritif yang lainnya dan untuk penilaian portfolio
  4. Guru menutup dengan salam,

X.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BAHAN PELAJARAN

A. Media     : Gambar, Kartu Kwartet

B. Alat        : Worksheet

C. Sumber   : – Kurikulum 2004

– English 4 Skills in Context (Merle Morcom)

– LKS buatan guru

XI.    PENILAIAN

  1. Tes Tertulis                     : Paper-pen test
  2. Kinerja                           : Keaktifan siswa melaksanakan tugas
  3. Produk                           : Tingkat kesesuaian produk dengan aturan
  4. Penugasan/Proyek          : Dengan rubrik hasil kesepakatan dengan siswa
  5. Portfolio                          : Kumpulan teks hasil karya siswa terbaik

XII.  Catatan Guru (anecdotal record)

Kembaran,      Agustus 2005

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                            Guru Mapel Bhs, Inggris Klas VII

________________________                                          __________________________

NIP.                                                                               NIP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 2,591,242 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 198 other followers

%d bloggers like this: