Belajar jadi Guru

Tata Tertib Lomba Debat Bahasa Inggris SMA Kab. Karanganyar tahun 2010

Posted on: October 16, 2010


Lampiran 1.

TATA TERTIB UMUM

LOMBA DEBAT BAHASA INGGRIS SMA

TINGKAT  KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2010

 

  1. Peserta adalah Tim perwakilan  dari masing-masing SMA  di Kabupaten Karanganyar
  2. Setiap tim terdiri dari 3 siswa/siswi  kelas  X dan atau XI.  Data Peserta dapat diserahkan  pada saat pelaksanaan temu teknis tanggal  18 Oktober 2010, ke Seksi SMA Dikmen Disdikpora Kab. Karanganyar.
  3. Pada saat hari perlombaan, peserta/guru pendamping  harus melakukan regitrasi pada panitia paling lambat pukul 08.15 di dinas Dikpora Kab. Karanganyar pada tanggal 22 Oktober  2010. Apabila peserta/guru pendamping mendaftar ulang  setelah jam tersebut dianggap gugur.
  4. Peserta harus mentaati tata tertib  yang telah ditentukan panitia selama mengikuti lomba.
  5. Setiap peserta wajib saling menghormati dan  menjaga ketertiban dalam ruangan lomba.
  6. Tema : Semangat Nasionalisme, Budaya, Sosial dan Pendidikan
  7. Ketentuan Lomba:
    1. Panitia menggunakan aturan lomba sesuai dengan aturan tingkat  Propinsi Jawa Tengah (model Australasia)
    2. Urutan tampil debat sesuai undian dengan sistem gugur.
    3. Tim Affirmative/Negative ditentukan dengan undian
    4. Untuk babak penyisihan, motion diberitahukan sebelumnya, sedangkan untuk babak semifinal dan final; motion ditentukan oleh dewan juri dan atau panitia dan tidak diberitahukan sebelumnya.
    5. Masing-masing tim diperbolehkan membawa semua sumber data/rujukan yang diperlukan (kamus, buku referensi, Koran, majalah dll) termasuk pemanfaatan Mobile phone, laptop dan sejenisnya  untuk akses internet.
    6. Untuk babak penyisihan, masing-masing tim diberi waktu 10 menit untuk Case building, sedangkan untuk babak  semi final dan final masing-masing tim diberi waktu 30 menit untuk Case Building.
    7. Dalam  babak penyisihan, setiap Substantive Speech diberi waktu 4 menit dan Reply Speech 2 menit . Sedangkan untuk  babak semi final dan final, setiap Substantive speech diberi waktu 7 menit dan Reply Speech 5 menit. Reply Speech diberikan kepada Speaker 1 atau 2.
    8. Tanda waktu berpidato adalah ketukan pertama untuk memulai, dua kali ketukan untuk tanda waktu masih 1 menit dan ketukan terus menerus untuk menunjukkan bahwa waktu telah selesai.
    9. Tidak ada Point of Information (POI)/interupsi dalam babak penyisihan. Untuk babak semi final dan final, debat menggunakan Point of Information
    10. Tidak ada verbal adjudication dalam babak penyisihan
    11. Keputusan  Juri tidak bisa  diganggu gugat.
  8. Motions debat untuk  babak penyisihan
    1. that  Facebook decreases student’s achievement at school.
    2. that  high school students need sex education.
    3. that  political relation between Indonesia and Malaysia must be stopped.
    4. that   Indonesian students  neglect  traditional culture.
    5. that  Government  ignores the street  children.
  9. Jika terdapat hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib umum ini, akan diatur panitia kemudian.

Karanganyar, 16   Oktober 2010

Panitia Lomba

Seksi SMA Dikmen Disdikpora

Kabupaten Karanganyar

Lampiran 2.

Team split untuk masing-masing tim

Government/Affirmative Opposition/Negative
First Speaker

  1. Give the definition of the motion
  2. Outline the team’s case
  • Present the team line
  • Present the team split

3. Explain the arguments that are the 1st

speaker’s split

4. Give a brief summary/recap of the speech

First  Speaker

1. Respond the definition

2. Rebut 1st Government speaker

3. Outline the team’s case:

  • Present the team line
  • Present the team split

4. Explain the arguments that are the 1st

speaker’s split

 

Second Speaker: 

1. Rebut the Opposition’s main arguments

2. Briefly restate/reiterate in general the

Government’s team case

3. Explain the arguments that are the 2nd

speaker’s split

4. Give a brief summary/recap of the speech

Second Speaker: 

1. Rebut the Government’s main arguments

2. Briefly restate/reiterate in general the

opposition’s team case

3. Explain the arguments that are the 2nd

speaker’s split

4. Give a brief summary/recap of the speech

 

Third Speaker: 

1.  Rebut Opposition’s arguments, prioritizing the strong/important ones

2.  Rebuild the team’s case

3.  Summarize the issues of the debate

Note :

It is NOT advisable for 3rd Government to bring new arguments

Third  Speaker: 

1.  Rebut Government’s arguments, prioritizing the strong/important ones

2.  Rebuild the team’s case

3.  Summarize the issues of the debate

Note :

It is NOT advisable for 3rd opposition  to bring new arguments

 

Reply (1st or 2nd ) Speaker: 

1.   Provide a summary or overview of the debate

2.   Identify the issues raised by both teams

  1. Explain why the government’s case and response are better than the Opposition’s

Note :

Reply speakers are not allowed  to bring new arguments and give rebuttals

Reply (1st or 2nd ) Speaker: 

1.   Provide a summary or overview of the debate

2.   Identify the issues raised by both teams

  1. Explain why the opposition’s case and response are better than the Government’s

Note :

Reply speakers are not allowed  to bring new arguments and give rebuttals

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 2,591,242 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 198 other followers

%d bloggers like this: