Belajar jadi Guru

Rencana Pembelajaran Model Jigsaw-Kimia

Posted on: November 28, 2010


Download: Model JIGSAW II- Laju Reaksi

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas : XI/ 1

Waktu : 90 menit

A. Standar Kompetensi :

Memahami kinetika dan kesetimbangan reaksi kimia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

B. Kompetensi Dasar  :

Menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan menyimpulkan hasilnya.

C. Indikator :

o       Merancang percobaan dan menentukan variabel kontrol dan variabel manipulasi.

o       Membuat dan menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reksi.

o       Menyimpulkan pengaruh konsentrasi,suhu,luas permukaan bidang sentuh dan katalisatorpada laju reaksi berdasarkan hasil pengamatan.

o       Menuliskan laporan hasil percobaan secara menyeluruh dan mengkomunikasikan.

D. Materi Pokok :

o       Faktor –faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia.

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi ada empat yaitu konsentrasi larutan, suhu larutan, luas permukaan zat dan penambahan katalis.

E. Media :

o       Alat  :         gelas ukur 50 ml dan 100 ml

Pembakar spiritus

Kaki tiga

Kasa asbes

Termometer

Stopwacth

Botol semprot

Pipet tetes

o       Bahan :       Na2S2O3

Larutan HCl

CaCO3

F. Strategi dan Metode Pembelajaran

o       Strategi                 : CTL

o       Model                    : Pembelajaran Kooperatif, tipe JIGSAW

o       Pendekatan            : Ketrampilan proses

o       Metode                  : Eksperimen,diskusi.

G. Skenario Kegiatan dan Pengalaman Belajar

(Pengintegrasian Life skills : Scientific skills/ process skills).

1. Fase – 1 :

Tujuan Pembelajaran: (5 menit)

o       Siswa dapat menyimpulkan pengaruh perubahan konsentrasi, suhu,luas permukaan dan katalisator berdasar data hasil percobaan.

o       Siswa dapat menuliskan laporan hasil percobaan secara menyeluruh dan mempresentasikan.

Motivasi : ( 5 menit)

o             Jika kita melarutkan gula dalam 2 gelas yang berbeda,dengan menggunakan satu gelas air dingin dan satu gelas menggunakan air panas.Apa yang terjadi?

2.      Fase -2  : Pembentukan kelompok asal. (5 menit)

Pembentukan kelompok dengan memperhatikan penyebaran nilai rata-rata hasil ulangan harian pada kompetensi dasar sebelumnya, gender, etnis, agama dan lain-lain.

3. Fase -3 : Pemilihan kelompok expert dari kelompok asal (5 menit)

4. Fase – 4 :Bekerja dalam kelompok expert. (25 menit).

o       Mengerjakan Worksheet eksperimen “Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi”

o       Mendiskusikan hasil eksperimen.

o       Membuat laporan.

5.      Fase -5 : masing-masing expert kembali ke kelompok asal untuk melaporkan hasil kegiatan

6. Fase – 6 : Scafolding

o       Guru melakukan bimbingan terhadap kelompok (scafolding).

7.      Fase – 7 : Validasi (25 menit)

8. Fase – 8 : Quizze dan recognition team (20 menit)

Penilaian /  Authentic Asessment

A. Psikomotorik

No Nama Aspek yang dinilai Jumlah skor Nilai
Cara mengukur larutan Ketepatan Memilih

Alat

Cara meneteskan

larutan

Cara mengamati perubahan
1. …………

 

 

 

 

 

 

 

         

Pedoman Penilaian

A.     Psikomotorik     1  =  Tidak Tepat, tidak teliti

2  =  kurang Tepat, Kurang Teliti

3  =  Tepat, Teliti

4  =  Tepat, teliti dan cermat

 

B. Afektif

No Nama Aspek yang dinilai Jumlah skor Kriteria
Kerjasama dalam kelompok Perhatian Peran serta Kejujuran
1. …………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

         

 

Pedoman Penilaian Afektif

1 = Rendah

2 =  Sedang

3 =  Tinggi

Kriteria

Rata – Rata skor :    0 – 1,0          = rendah

1,1 – 2,0       = sedang

2,1 – 3,0       = tinggi

Pustaka :

Chang, Raymon. 2004. Chemistry. Boston : McGraw Hill.

Unggul, Sudarmo. 2004 Kimia untuk SMA – 2 . Jakarta : Erlangga.

Keterangan : gambar/clipboard tidak dapat ditampilkan. Namun di file lengkap.

Sumber : SOSIALISASI HASIL PELATIHAN  SEAME4O-RECSAM

ANGKATAN – 2 SAWANGAN BOGOR

10 – 21 JULI 2004

1 Response to "Rencana Pembelajaran Model Jigsaw-Kimia"

Terimakasih. Kalau bisa dilengkapi lagi untuk kompetensi dasar yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 2,591,242 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 198 other followers

%d bloggers like this: