Belajar jadi Guru

Contoh RPP Bahasa Inggris SMA kelas X yang berisi tugas tatap muka, terstruktur dan mandiri yang terintegrasi dengan pemanfaatan TIK

Posted on: December 5, 2010


Download: RPP-Lomba

Sumber : http://www.scribd.com

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

(Descriptive – Tour Guide)

Nama Sekolah              : SMA YPPI 1 Surabaya

Nama Guru                  : Hamzah Fauzi S.Pd

Jenjang Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris

Materi Pokok               : Descriptive Text

Kelas/Semester            : X/1

Alokasi waktu              : 7 x 45 menit

I. Standar Kompetensi

  1. Memahami/ mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari- hari.
  2. Memahami/ mengungkapkan makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana descriptive, narrative dan  dalam konteks kehidupan sehari- hari.
  3. Memahami/ mengungkapkan makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana dalam bentuk descriptive, narrative dalam konteks kehidupan sehari- hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

II. Kompetensi Dasar

Speaking – Writing

III. Indikator

  1. Siswa mendiskripsikan tempat – tempat di objek wisata dengan struktur teks yang tepat.
  2. Siswa mempresentasikan tempat – tempat di objek wisata di depan siswa lain untuk kemudian mempresentasikannya ke pengunjung lain (tour guide).
  3. Siswa bertanya dan merespon pertanyaan WH maupun YES/NO questions dengan tepat.
  4. Siswa membuat/menulis brosur atau poster sederhana secara descriptive dengan menggunakan struktur dan fitur bahasa yang tepat.

IV. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat mendiskripsikan secara lisan tempat-tempat di objek wisata berdasarkan gambar atau data yang mereka dapatkan
  2. Siswa dapat mempresentasikan tempat – tempat di objek wisata tersebut di depan siswa lain dan para pengunjung (tour guide).
  3. Siswa dapat berinteraksi dengan bertanya dan merespon pertanyaan WH maupun YES/NO questions dengan tepat.
  4. Siswa dapat membuat/menulis brosur atau poster sederhana secara descriptive berdasarkan gambar/data yang mereka dapatkan dengan menggunakan struktur dan fitur bahasa yang tepat.

V. Materi Pembelajaran

  1. Tema                : Descriptive text

Sub Tema         : Describing Places

A kind of text which is to describe a particular person, place, or thing. The generic structure of the text is identification and description.

  1. 2. WH and YES/NO questions: What is the building used for? Do the visitors often come here?

VI. Strategi Pembelajaran

Descriptive

Tatap Muka Terstruktur Mandiri
  • Mengamati gambar-gambar yang tersedia.
  • Menuliskan kata sifat yang berkaitan dengan penampilan gambar atau model gambar.
  • Menyusun kata – kata sifat tersebut sehingga menjadi kalimat yang bagus.

 

  • Mencari dan mengumpulkan data tempat-tempat yang ada di objek wisata, meliputi siapa yang sering berkunjung disana, apa saja yang dapat dibeli di tempat itu, fungsi tempat, dan lain-lain.
  • Mengambil gambar untuk dijadikan brosur/poster sederhana.
  • Siswa berlatih mendiskripsikan tempat-tempat yang sudah mereka dapat data-datanya di hadapan siswa lain dengan struktur yang benar.
  • Mempresentasikan dengan mengajak pengunjung lain (tour guide) ke tempat-tempat yang ada di objek wisata tersebut. Kegiatan ini dilakukan secara dwi bahasa dengan komposisi 75 % bahasa Inggris dan 25 % bahasa Indonesia.
  • Siswa berlatih mendiskripsikan tempat-tempat yang sudah mereka dapat data-datanya di hadapan siswa lain dengan struktur yang benar.

Mempresentasikan dengan mengajak pengunjung lain (tour guide) ke tempat-tempat yang ada di objek wisata tersebut. Kegiatan ini dilakukan secara dwi bahasa dengan komposisi 75 % bahasa Inggris dan 25 % bahasa Indonesia

WH – YES/NO Questions

Tatap Muka Terstruktur Mandiri
  • Mengamati model interaksi interpersonal yang diperagakan oleh guru atau teman dengan menggunakan beberapa pertanyaan.
  • Menggolongkan pertanyaan-pertanyaan yang diamati ke dalam tabel WH or YES/NO yang tersedia.

 

  • Membuat 10 jenis pertanyaan WH – YES/NO questions di handout yang sudah tersedia.
  • Mempraktekannya secara berpasangan.
  • Siswa membiasakan diri untuk menggunakan pertanyaan WH –YES/NO questions kepada guru dan teman dalam bahasa Inggris setiap kali ada kesempatan yang tepat, terutama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.
  • Permainan hunting game
  • Siswa membiasakan diri untuk menggunakan pertanyaan WH –YES/NO questions kepada guru dan teman dalam bahasa Inggris setiap kali ada kesempatan yang tepat, terutama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.
  • Permainan hunting game

Langkah – langkah Pembelajaran:

Kegiatan awal (45 menit)

  1. Siswa mereview descriptive text dan penggunaan WH – YES/NO questions diikuti dengan tanya jawab.
  2. Siswa melakukan permainan hunting game untuk menemukan kelompoknya dan sekaligus mempraktekan WH – YES/NO questions.
  3. Pembagian kelompok.

Kegiatan Inti 1 (2 x 45 menit)

  1. Siswa dibagi menjadi 9 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang.
  2. Siswa mencari tempat-tempat dalam lokasi wisata untuk kemudia diamati, dicatat data-data yang diperlukan, mengambil gambar, dan mereka diperbolehkan untuk melakukan wawancara dengan pengunjung lain atau petugas yang berwenang dilokasi.
  3. Siswa kemudian menuliskan data-data yang mereka peroleh di descriptive sheet yang sudah disediakan oleh pengajar.

Kegiatan Inti 2 (2 x 45 menit)

  1. Dengan bimbingan guru, siswa mendiskripsikan tempat-tempat yang sudah mereka kunjungi atau mereka dapatkan data-datanya di depan kelompok lain. Mereka melakukan role-play ada yang berperan sebagai tour guide dan visitors. Mereka diharuskan membuat pertanyaan dengan menggunakan WH – YES/NO questions dengan baik dan benar.
  2. Dengan pengawasan guru dan petugas yang berwenang siswa mempresentasikan dengan mengajak pengunjung lain (tour guide) ke tempat-tempat yang ada di objek wisata tersebut. Kegiatan ini dilakukan secara dwi bahasa dengan komposisi 75 % bahasa Inggris dan 25 % bahasa Indonesia.

Kegiatan Akhir (2 x 45 menit)

  1. Siswa diberi tugas membuat brosur/poster sederhana dari data yang sudah mereka dapatkan dengan struktur bahasa yang tepat.
  2. Guru melakukan penilaian (evaluasi).

VII. Alat dan Bahan Pembelajaran

  1. Internet digunakan untuk mengakses materi yang berkaitan dengan descriptive.
  2. Flash cards/wallpaper digunakan dalam pengajaran descriptive dan digunakan untuk mempermudah siswa dalam menyebutkan kata sifat yang berkaitan dengan gambar.
  3. Kamera digital digunakan siswa untuk mengambil gambar tempat-tempat di objek wisata.
  4. Handy cam digunakan untuk mengambil gambar bergerak, dokumentasi, dan alat perekam untuk melakukan penilaian/evaluasi.
  5. Block notes digunakan untuk mencatat tugas/data.
  6. Descriptive organizer handouts digunakan siswa untuk mengumpulkan data-data yang terdapat di lapangan dan menggunakannya sebagai alat bantu tour guide.
  7. Laptop digunakan untuk membuat draft brosur/poster sederhana.
  8. Kertas dan alat tulis (pensil warna/crayon) untuk membuat brosur/poster sederhana.
  9. Sampel brosur/poster yang akan digunakan siswa sebagai acuan dalam menulis/membuat brosur/poster sederhana.

VIII. Evaluasi

Speaking (Descriptive – tour guide/describing places; WH – YES/NO Questions)

Kognitif meliputi: content (comprehension)

Psikomotor meliputi: Fluency, pronunciation.

Afektif meliputi: perfomance

Format Penilaian untuk semua jenis kegiatan speaking

No Name Content 

25%

Fluency 

25%

Pronunciation 

25%

Performance 

25%

Score 

100%

Writing (Brosur dan poster)

Format Penilaian untuk semua jenis kegiatan writing (kebahasaan)

No Name Content 

25%

Accuracy 

25%

Coherency & Cohesiveness 

25%

Punctuation 

25%

Score 

100%

Format Penilaian untuk semua jenis kegiatan writing (social)

No Name Pictures 

25%

Word 

Power

25%

Marketable 

25%

Persuasion 

25%

Score 

100%

IX. Sumber Pembelajaran

Eather Jenny. 2006. Writing Fun: Descriptive Organizer. ____________

Hasley, Brendon. 1999. English for Communication 3, Jakarta: Penerbit Erlangga

Oller, John W.Jr.1979. Language Test at School. London: Longman Group Ltd.

Permaty Gandes Cukat, Yuliani marta. 2005. English for a better Life. Bandung: Pakar Raya.

www.englishmaterial.net

www.eslflow.com

www.eslteachersboard.com

www.inmagine.com

www.understandingtypesoftext.com (blog by Bludus)

Mengetahui:                                                                       Guru Mata Pelajaran,

Kepala SMA YPPI 1 Surabaya

Dra. Theresia Henywati                                       Hamzah Fauzi S.Pd

DVD Conversation Bahasa Inggris berformat MP3 dan PDF, komputer oke HP juga Oke. Cukup Rp. 150.000,- saja. Info selengkapnya, klik iklan dibawah ini:
BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 2,591,242 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 198 other followers

%d bloggers like this: