Belajar jadi Guru

RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7 sem 2 2008 (Kab. Wonogiri)

Posted on: January 7, 2011


Download:

Silabus B Ing 7 sem 2 2008

RPP B Ing Kelas 7 Sem 2 2008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP.7.1)

SMP/MTs                           :   …………….

Mata Pelajaran                    :   Bahasa Inggris

Kelas/semester                    :   VII/ Genap

Standar Kompetensi           :   7.  Mendengarkan

Memahami makna dalam percakapan tansak-sional dan interpersonal sangat sederhana ujntuk berinteraksi dengan lingkujngan terdekat.

Kompetensi Dasar             :  7.1    Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) saangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang serta meminta dan memberi fakta.

Indikator                           :  7.1.1 Merespon ungkapan meminta dan memberi jasa.

7.1.2 Merespon ungkapan meminta dan memberi barang.

7.1.3 Merespon ungkapan meminta dan memberi fakta.

Jenis teks                           :           Transaksional / Interpersonal

Aspek/Skill                        :           Mendengarkan

Alokasi Waktu                  :           4 x 40’

A.  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:

a.       merespon ungkapan menerima pemberian jasa.

b.      merespon ungkapan permintaan jasa.

c.       Merespon ungkapan permintaan barang

d.      Merespon ungkapan pemberian barang

e.       Merespon ungkapan permintaan fakta

f.       Merespon ungkapan pemberian fakta

B.  Materi Pembelajaran

a.   Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan singkat berikut:

1)         A :  Pass me the salt, please.

B : Sure, here you are.

2)         A : Can I have the key, please!

B : Sure, here it is.

3)         A : Do you always have your dinner here?

B : Sometimes.

b.  Kosakata terkait tema/jenis teks.

Misalnya: noun (countable and uncountable nouns), like, salt, sugar, pepper, jam, sauce, key, note-book, pen, pencil, marker, etc.

c.   Verbs  :  pass, have, has, do, give, come, etc.

d.   To be :  is, am, are.

e.       Personal pronouns : I, you, we, they, he, she, it.

f.       Ungkapan baku : here you are, here it is, thanks, sure, certainly, sorry, okey.

g.    Adverbs : sometimes, never, always, usually, etc.

C.  Metode Pembelajaran / Teknik : Three Phases Techniques.

D.  Langkah-langkah Kegiatan :

a.   Kegiatan pendahuluan

1) Tanya jawab berbagai hal terkait dengan situasi siswa.

2)     Siswa menjawab pertanyaan tentang permintaan dan pemberian.

3)     Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.

b. Kegiatan Inti

1)            Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.

2)            Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar.

3)            Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru

4)            Mendengarkan percakapan tentang permintaan dan pemberian jasa, permintaan dan pemberian barang serta permintaan dan pemberian fakta.

5)            Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.

6)            Mendapat informasi tertentu dari percakapan yang didengar.

7)            Merespon ungkapan-ungkapan tertentu dari percakapan.

8)            Melakukan perintah yang diucapkan guru.

c.   Kegiatan Penutup

1)      Menanyakkan kesulitan siswa selama PBM.

2)      Menyimpulkan materi pembelajaran.

3)      Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan dalam situasi real.

E. Sumber Belajar

a. Buku teks yang relevan.

b. Script / Rekaman percakapan.

c. Gambar-gambar yang relevan.

F.   Penilaian

a. Teknik  : Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan.

b. Bentuk  : Pertanyaan lisan.

c. Instrumen:

I.  Listen to the expression and give your response orally!

1. What do you have for breakfast?

2. Can you tell me some food that you know?

3. Do you like to have dinner out?

4. Where is your favourite place?

5. What is your favourite food?

6. Can you clean the board, please?

7. Show me your work!

8. Pass me the menu, please!

II.  Listen to the teacher. Write what he/she says. Choose the response in the box below.

1.         Ari                   :           ……………………

Bagus  :           Sure.

2.         Anne   :           I’m returning the pen.

Dita     :           …………………….

3.         Mr. Gultom : ………………

Wayan :           Yes, sir

4.         Ketut   :           Can I borrow your pen, please?

Putri    :           ……………………

5.         David  :           ……………………..

Listy    :           Sure

6.         Doni    :           Hi, Lisa. Lend me your pen, please.

a.       Sure, here you are

b.      Open the door, please.

c.       Take it in my schoolbag.

d.      Put in here.

e.       Hold the books for me, please.

f.       Clean the board, Wayan!

III. Complete the dialogue with the expressions that you hear from the cassette.

1.   Lisa                       : Ratih, is this your new workbook?

Ratih               : a). ……………………………….

Lisa                 : Can I see it?

Ratih               : b). …………………………………

Lisa                 : Thanks.

2.         Father              : a). ……………………………….

Vita                 : Yes, Dad.

Father              : b). ……………………………….

Vita                 : Where is it?

Father              : c). ……………………………….

Vita                 : Yes, I got it.

Father              : Thank you.

Script :

Dialog 1

Lisa     : Ratih, is this your new work book?

Ratih   : Yes, it is.

Lisa     : Can I see it?

Ratih   : Thanks.

Dialog 2
Father            : Vit, can you help me, please?

Vita     : Yes, dad.

Father  : Get me the newspaper.

Vita     : Where is it?

Father  : Emm…. May be it’s on the table.

Vita     : Yes, I got it.

Father  : Thank you.

  1. Pedoman Penilaian:

a. Tiap nomor benar diberi skor 3

b. Skor maksimal : 20 X 30 = 60

c. Nilai maksimal : 10

d. Nilai siswa     : Skor Perolehan

———————  X 10

Skor maksimal

  1. Rubrik Penilaian:
No. Uraian Skor
I s.d. III Setiap  jawaban benar, ungkapan tepat

Setiap jawaban kurang benar

Setiap jawa ban tidak benar

Tidak ada jawaban

3

2

1

0

Bendosari, 13 Juli 2009

Mengetahui

Kepala …………….                                Guru Mapel

GIYARTO.S.Pd.MM                                                 SUPATMI.S.Pd

NIP.19621012 198403 1 006                                     NIP.19691003 200501 2 006


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP.7.2)

SMP/MTs                           :   …………….

Mata Pelajaran                    :   Bahasa Inggris

Kelas/semester                    :   VII/ Genap

Standar Kompetensi           :   7.     Mendengarkan

Memahami makna dalam percakapan tansak-sional dan interpersonal sangat sederhana ujntuk berinteraksi dengan lingkujngan terdekat.

Kompetensi Dasar             :  7.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal.

Indikator                           :  7.1.1 Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat.

7.1.2 Menyatakan rasa suka tidak suka

7.1.3 Memberikan klarifikasi.

Jenis teks                           :           Transaksional / Interpersonal

Aspek/Skill                        :           Mendengarkan

Alokasi Waktu                  :           3 x 40’

A.   Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pelajaran siswa dapat:

1.      Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi pendapat.

2.      Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan suka  dan tidak suka.

3.      Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat

4.      Merespon ungkapan suka dan tidak suka.

5.      Menggunakan ungkapan meminta dan memberi pendapat dalam percakapan pendek sederhana

6.      Menggunakan ungkapan suka dan tidak suka dalam percakapan pendek sederhana.

B.  Materi Pembelajaran

1. Ungkapan meminta dan memberi pendapat

Contoh:       A : What do you think?

B : I think it’s OK

2. Ungkapan suka dan tidak suka.

Contoh :      A : Do you like this novel?

B : Yes, I like it.

3. Kosa kata :

Nouns                      :  Things around the classroom and in the house.

C.   Metode / Teknik :  TPR dan PPP

  • Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata baru)
  • Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional dan interpersonal)

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Setiap pertemuan dikemas dalam 3 tahapan:

Kegiatan awal:

  • Greetings, Checking for the roll.
  • Pre- test, review


Kegiatan Inti

  • Siswa menebak arti kata kerja dengan memperhatikan demonstrasi guru.
  • Siswa menemukan makna kosa kata (nouns around the class and the home) dengan cara melaksanakan perintah guru.dalam bahasa Inggris dengan bantuan real objects / gambar.
  • Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan meminta dan memberi pendapat.
  • Siswa menjawab pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan  meminta dan memberi pendapat.
  • Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan suka dan tidak suka.
  • Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ungkapan suka dan tidak suka
  • Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan meminta pendapat.
  • Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan suka dan tidak suka.
  • Siswa menirukan ungkapan meminta dan memberi pendapat.
  • Siswa menirukan ungkapan suka dan tidak suka.
  • Siswa menginterview temannya dengan menggunakan instrumen tabel tentang informasi yang diminta dengan menggunakan ungkapan meminta dan memberi pendapat serta ungkapan suka dan tidak suka

contoh:

Statements Opinions
1.      Andi wakes up at 7 o’clock everyday.

2.      The floor must be clean.

3.      We make graffiti on the school wall

4.      We read aloud in the library.

 

……………

……………

……………

……………

 

Kegiatan Akhir

  • Siswa menebak arti kata kerja (Siswa menebak arti kata kerja (paint, aloud etc) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
  • Siswa menemukan makna kosa kata (nouns outside the class and the home) dengan cara melaksanakan perintah guru.dalam bahasa Inggris dengan bantuan real objects / gambar.

Contoh : Come here, please!  Show me the school yard, please!, Point at the refrigerator!

  • Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang  dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani,
  • Memberikan post test,
  • Memberi penugasan di rumah untuk mempraktekkan dialog yang berisi ungkapan meminta dan memberi pendapat, serta ungkapan suka dan tidak suka. (mereka melaporkan kegiatannya dalam bentuk buku catatan harian yang berisi

o   Kegiatan mencari gambar kemudian memberikan pendapat.

o   Memberikan tanggapan kepada gambar dengan ungkapan suka tidak suka.

o   Memberikan klarifikasi kepada gambar kejadian yang salah

Contoh

Name : ……….

Class  : ………..

Gambar Opini klarifikasi?
Orang berjualan di trotoar Saya tidak setuju Seharusnya orang berjualan di pasar


E.   Sumber Belajar

    1. Contoh dialog / ungkapan-ungkapan.
    2. Kaset berisi teks dialog yang terkait.
    3. Buku teks yang digunakan yang telah disahkan oleh pihak yang berwenang (judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman).

F.   Penilaian

a.       Teknik              :           Tes lisan

b.      Bentuk              :           Penugasan

c.       Instrumen         :           Terlampir

Bendosari, 13 Juli 2009

Mengetahui

Kepala …………….                                                                         Guru Mapel

GIYARTO.S.Pd.MM                                                                     SUPATMI.S.Pd

NIP.19621012 198403 1 006                                                 NIP.19691003 200501 2 006

Dst.

3 Responses to "RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7 sem 2 2008 (Kab. Wonogiri)"

Assalaamu’alaikum..pasti komentarku menunggu pak moderasi..he.he.;-)

Keblasuk kang…….?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 2,587,829 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 198 other followers

%d bloggers like this: