Belajar jadi Guru

RPP Bahasa Inggris SMA XII sem 2 SMA N 3 Pare-Pare

Posted on: January 29, 2011


Sumber: http://www.scribd.com

Download:

RPP Bahasa Inggris Kelas XII SMA sem 2

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP) 01

 

Sekolah :  SMA Negeri 3 Parepare
Mata Pelajaran :  BAHASA INGGRIS
Kelas /Program / Semester :  XII/ IPA/2
Alokasi Waktu :  180 menit (2 kali pertemuan)
Tahun Pelajaran :  2007 / 2008

 

1.Standar Kompetensi

MENDENGARKAN    (Listening)

7. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

2.Kompetensi Dasar

7.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah

 

3.Materi Pokok

  • The First Dialogue of  Persuading
  • The Second Dialogue of Supporting
  • The Third Dialogue of  Giving critic
  • The Fourth Dialogue of   Giving a hope
  • The Fifth Dialogue of Preventing

 

4.Indikator

  • Mengidentifikasi gambits membujuk dalam dialog dengan cara mendengarkan
  • Mengidentifikasi makna gambit memberi semangat dalam dialog melalui lembar kerja
  • Mengidentifikasi gambit mengkritik dalam dialog dengan menjawab satu pertanyaan
    • Menjawab pertanyaan dengan cara mendengarkan dialog yang berisi gambit memberikan harapan
    • Menjawab pertanyaan dengan cara mendengarkan dialog yang berisi gambit mencegah

 

  1. 5. Prinsip  Belajar
:   Constructivism
  1. 6. Pendekatan
:   Getting Information Process (GIP)
  1. 7. Metode
:   Identifying Gambits While Listening  (IGWL)
  1. 8. Strategi
:   Group and Pair Work

 

 

8.1 Kegiatan Awal :  10 menit
  1. Apersepsi
:   Menanyakan Gambits yang dikuasai siswa
  1. Motivasi
:   Menanyakan Gambits  Persuading, Giving a critic, Giving A hope, Supporting dan Preventing

 

8.2  Kegiatan Inti  (Explorasi) :   (140)

¶ Pertemuan Pertama   :  70 menit

  1. Menyampaikan keutamaan Mendengarkan Pelajaran seperti dalam Al-Qur’an Surah Az-Zumar (39)  ayat 18

 

  1. Membentuk kelompok, tiap kelompok 4 orang, memilih koordinator dan juru tulis dari masing-masing kelompok serta memberi nama kelompok
  2. Memperdengarkan dialog sebanyak tiga kali
  3. Mengidentifikasi gambits persuading dalam dialog
  4. Mendiskusikan bersama kelompok jenis gambits yang digunakan dalam dialog
  5. Memeriksa hasil kerja kelompok dengan berpedoman kriteria penilaian
  6. Mengajak tiap anggota kelompok berpencar mencari pasangan
  7. Membagikan worksheet listening
  8. Memperdengarkan dialog yang berisi gambit supporting dan menjawab beberapa pertanyaan pada Assignment 1
  9. Memeriksa bersama hasil kerja pasangan dengan menukarkannya kepada pasangan lain dan mendengarkan jawaban dari guru

 

¶  Pertemuan Kedua    :  70 menit

  1. Menyampaikan keutamaan Mendengarkan Pelajaran seperti dalam Al-Qur’an Surah  An Nahl (16) ayat 65  :

 

 

 

 

 

  1. Membentuk kelompok, tiap kelompok 4 orang, memilih koordinator dan juru tulis dari masing-masing kelompok serta memberi nama kelompok
  2. Mendengarkan dialogue yang berisi gambit  giving critic
  3. Mengidentifikasi jenis gambits yang digunakan dalam dialog dengan cara mendiskusikan bersama kelompok
  4. Memeriksa bersama hasil kerja kelompok dengan cara menukarkan ke kelompok lain dan mendengar jawaban benar dari guru
  5. Mengajak siswa berpencar mencari pasangan dan membagikan worksheet
  6. Menjawab beberapa pertanyaan pada Assignment 2 pada worksheet listening dengan cara mendengarkan seperangkat dialog yang berisi gambits memberi harapan dan mencegah

 

8.3     Kegiatan Akhir  
  1. Refleksi
:   Mengajak siswa menyimpulkan kompetensi yang telah
  1. Penilaian
:   Listening Test (Tertulis)
c.   Tagihan :   Menyimpulkan English News melalui radio/TV (Group)

 

9. Sumber dan  Media
a. Sumber  
  1. English : Grade XII : Bumi Aksara, 2005, page 45 – 47
  2. Literate Society : English Book, SIC : 2005, page  107 – 109
  3. English For A Better Life for the Twelfth Grade : Pakar Raya, 2005, page 69 – 85
  4. Look Ahead 3 : PT. Erlangga, 2007, page 124 – 127

 

b.  Media  
  • Cassette
  • Worksheet of Listening

10.  Kriteria Penilaian

THE SCORING CLASSIFICATION OF LISTENING ASSESSMENT

COMPETENCE  FEATURES

CRITERIA

SCORE

GENERAL
  • Finding fully explicit  information
  • Finding almost fully explicit information
  • Not finding explicit information
25

25

10

SPECIFIC
  • Finding fully implicit information
  • Finding almost fully implicit information
  • Not finding implicit information
25

15

10

VOCABULARY MASTERY
  • Responding with long response
  • Responding almost long response
  • Responding but not relating
25

15

10

CONCLUSION
  • Relating to genre
  • Almost relating to genre
  • Not relating to genre
25

15

10

TOTAL  OF  CORRECT  RESPONSE

100

(designed by dirman 2007)

Mengetahui :

Kepala SMA Negeri 3 Parepare

 

 

 

NIP. 131 416 736

  Parepare,   15  Januari  2008

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

SUDIRMAN, S.Pd.

NGB.0419040127

 

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP) 02

 

Sekolah :  SMA Negeri 3 Parepare
Mata Pelajaran :  BAHASA INGGRIS
Kelas /Program / Semester :  XII/ IPA/2
Alokasi Waktu :  270 menit (3 kali pertemuan)
Tahun Pelajaran :  2007 / 2008

 

1.Standar Kompetensi

BERBICARA  (Speaking)

9. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

2.Kompetensi Dasar

9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah

 

3.Materi Pokok

  • The First Dialogue of  Persuading
  • The Second Dialogue of Supporting/Encouraging
  • The Third Dialogue of  Giving critic
  • The Fourth Dialogue of   Giving a hope
  • The Fifth Dialogue of Preventing

 

4.Indikator

  1. Mendemonstrasikan dialog yang menggunakan gambits membujuk
  2. Mendemonstrasikan dialog yang menggunakan gambits mendorong semangat
  3. Mendemonstrasikan dialog yang menggunakan gambits mengkritik
  4. Mendemonstrasikan dialogue yang menggunakan gambits memberi harapan
  5. Mendemonstrasikan dialogue yang menggunakan gambits mencegah
  6. Menjawab secara lisan tentang gambits melalui wawancara

 

  1. 5. Prinsip  Belajar
:  Behaviorism
  1. 6. Pendekatan
:  Mimicry Memorization Approach (M2A)
  1. 7. Metode
:  Audio Lingual Method (ALM)
  1. 8. Strategi
:  Role Playing with Partner

 

8.1 Kegiatan Awal :  10 menit
  1. Apersepsi
:   Mengingatkan gambits yang sudah dikuasai siswa
  1. Motivasi
:   Menanyakan kompetensi siswa terhadap gambits : persuaiding, supporting, critic, hope dan preventing
8.2  Kegiatan Inti  (Explorasi) :  (210 menit)

¶ Pertemuan Pertama  :   70 menit

  1. Mengingatkan tentang etika berbicara sesuai standar kompetensi yang akan dicapai, Al-Qur’an  Surah Al-Israa’ (17) ayat 53 :

 

 

 

 

 

  1. Mengajak siswa mencari pasangan yang sama gendernya
  2. Melatih pengucapan dialog  yang berisi gambit persuading secara klasikal
  3. Mendatangi tiap pasangan untuk mengetahui kelancaran masing-masing siswa
  4. Membantu tiap pasangan yang mengalami kesulitan dalam menguasai dialog
  5. Tiap Pasang siswa dipersilahkan tampil di depan kelas untuk mendemonstrasikan dialog yang dikuasai
  6. Secara bergantian tiap pasangan siswa mendemonstrasikan dialog
  7. Dan menilai tiap pasangan dengan berpedoman pada kriteria penilaian

 

¶ Pertemuan Kedua  :  70 menit

  1. Mengingatkan pahala yang diperoleh bagi orang yang selalu mengatakan hal yang baik dalam kehidupan sehari-hari, AL-Qur’an Surah Faathir (35) ayat 10 :

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Mengajak siswa mencari pasangan yang beda gendernya
  2. Melatih pengucapan dialog yang berisi gambits encouraging dan giving a critic
  3. Memberi kesempatan tiap pasangan siswa untuk melatih pengucapan bersama pasangannya
  4. Membantu pasangan siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai dialog
  5. Secara bergantian tiap pasangan mendemonstrasikan dialog  di depan kelas
  6. Bagi yang telah selesai, mencari pasangan baru untuk mengusai dialog yang berisi gambit  giving a critic
  7. Menilai unjuk kerja (performance) siswa dengan kriteria penilaian

 

Pertemuan Ketiga  :  70 menit

  1. Mengingatkan orang yang diberi petunjuk bila mngucapkan hal-hal yang baik, dalam Al-Qur’an Surah Al Hajj (22)  ayat 24 :

 

 

 

  1. Mengajak siswa mencari pasangan sesuai partner cards
  2. Melatih pengucapan dialog yang berisi  gambit  giving a hope dan preventing secara klasikal

 

  1. Melatih pengucapan sambil menyebut makna tiap gambits atau phrase pada dialog
  2. Memberi kesempatan tiap pasangan siswa untuk melatih pengucapan bersama pasangannya
  3. Membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai dialog
  4. Tiap Pasang siswa dipersilahkan tampil di depan kelas untuk mendemonstrasikan dialog yang dikuasai
  5. Secara bergantian tiap pasangan siswa mendemonstrasikan dialog
  6. Menilai performans siswa dengan kriteria penilaian

 

8.3  Kegiatan Akhir :  10 menit
  1. Refleksi
:  Mengajak siswa menyimpulkan kompetensi yang dicapai
  1. Penilaian
:  Performance
c.   Tagihan :  Membuat dialog yang sama bersama pasangannya

 

9. Sumber dan  Media  
a. Sumber  
1.English : Grade XII : Bumi Aksara, 2005, page 45 – 47

2.Literate Society : English Book, SIC : 2005, page  107 – 109

3.English For A Better Life for the Twelfth Grade : Pakar Raya, 2005, page 69 – 85

4.Look Ahead 3 : PT. Erlangga, 2007, page 124 – 127

b.  Media  
  • Dialogue Cards
 
10. Kriteria Penilaian

THE SCORING CLASSIFICATION OF SPEAKING ASSESSMENT

COMPETENCE  FEATURES CRITERIA

SCORE

FLUENCY
–       Directly answer completely

–       Answer completely while thinking

–       Directly answer but not complete

–       Answer while thinking but not complete

–       Answer nothing right

9 – 10

7 – 8

5 – 6

3 – 4

1 – 2

ACCURACY –       No mistake

–       One inaccurate word

–       Two inaccurate word

–       Three inaccurate word

–       More than three inaccurate word

9 – 10

7 – 8

5 – 6

3 – 4

1 – 2

CONTENT –       Message required is dealt with fully and effectively

–       Message required is dealt with effectively but a little unsystematic

–       Message required is adequately conveyed and organized but some restriction

–       Message is broadly conveyed but with little subtlety and some lost of detail

–       Inadequate or irrelevant attempts at conveying the message

9 – 10

7 – 8

5 – 6

3 – 4

1 – 2

PRONOUNCATION
–       Very good pronunciation

–       Good pronunciation

–       Fair pronunciation

–       Poor pronunciation

–       Very poor pronunciation

9 – 10

7 – 8

5 – 6

3 – 4

1 – 2

(Adopted from Jabu : 1995 : 80)

 

Mengetahui :

Kepala SMA Negeri 3 Parepare

 

 

 

NIP. 131 416 736

  Parepare,  22   Januari  2008

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

SUDIRMAN, S.Pd.

NGB.0419040127

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 2,591,242 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 198 other followers

%d bloggers like this: