Belajar jadi Guru

Model RPP Bahasa Inggris Pola Tatap Muka, Terstruktur dan Mandiri

Posted on: June 13, 2011


Download:

Model Silabus & RPP Bhs Inggris SMA pola Pola Tatap Muka, Terstruktur dan Mandiri

Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Tatap Muka, Tugas Terstruktur dan Tugas Mandiri

Nama Sekolah     : SMA Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : I/1

Alokasi waktu     : 14 minggu

Tujuan :

Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana berbentuk narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari.

SK dan KD:

Listening-Speaking

– Siswa dapat berinteraksi secara transaksional dengan lingkungan terdekat tentang cerita remaja populer. – Siswa dapat menyampaikan secara lisan isi cerita yang telah dibaca, ditonton, dan/atau didengar, secara runtut (monolog). – Siswa dapat memahami isi cerita yang ditonton dan/atau didengar.

Reading

– Siswa dapat memahami isi cerita yang dibaca. – Siswa dapat membacakan cerita untuk orang lain (membaca nyaring).

Writing

– Siswa dapat menghasilkan tulisan pendek tentang isi cerita.

Indikator

: Listening, Speaking, Reading

– Siswa dapat bertanya jawab tentang isi cerita yang telah dibaca atau ditonton, (plot, karakter, setting, dsb.), dengan pengucapan, intonasi, tata bahasa, dan kosa kata yang benar.

– Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang telah atau sedang ditonton atau dibaca, secara runtut (memenuhi unsur-unsur teks naratif secara berurutan), dengan pengucapan, intonasi, tata bahasa, dan kosa kata yang benar.

– Siswa dapat memberikan penilaian atau pendapat tentang isi cerita, sikap dan perilaku para tokoh dalam cerita.

– Siswa dapat membaca nyaring teks-teks bacaan pendek dengan sikap, ucapan, intonasi, dan tata bahasa yang benar.

Writing

– Siswa dapat menuliskan tentang isi cerita (karakter, plot, setting, dsb.). – Siswa dapat menuliskan penilaian atau pendapat tentang isi cerita, sikap dan perilaku para tokoh dalam cerita. – Siswa dapat menghasilkan cerita pendek 100-150 kata.

Materi Ajar:

Tema: Teenage Life dalam teks naratif.

Sub-Tema: – Detective – Romance – Mystery – Dll. (sesuai dengan minat masing-masing siswa)

Metode Pembelajaran:

 

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

–          Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar

–          Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.

–          Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.

–          Membahas ciri-ciri leksikogramatika.

–          Nonton film

–          Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).

–          Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).

–          Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).

–          Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

 

Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.

–          Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya

–          Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.

–          Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.

–          Membahas ciri-ciri leksikogramatika.

–          Nonton film.

–          Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).

–          Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).

–          Menceritakan kembali cerita kepada kelompok (monolog).

 

Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.

 

Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.

 

 

Alat dan Sumber Belajar:

–          Berbagai cerita yang diminati oleh siswa SMA, milik siswa sendiri atau dipinjam dari teman, guru, atau perpustakaan.

–          TV, cassette player, DVD/VCD

–          Tayangan atau rekaman cerita elektronik di TV, kaset, video, dsb.

Penilaian

 Aspek yang dinilai

Mendengarkan dan Membaca:

–          Tercapai tujuan (terhibur atau mendapatkan nilai moral yang disampaikan)

–          Memahami: pelaku, masalah, cara menyelesaikan masalah, akhir cerita

–          Memahami ungkapan-ungkapan khusus dalam cerita, seperti ‘Once upon a time’, ‘One day’.

 

Berbicara dan Menulis:

–          Kelengkapan pelaku

–          Ketepatan deskripsi masing-masing pelaku

–          Ketepatan masalah yang disebutkan

–          Ucapan, intonasi, kepercayaan diri

–          Ejaan, tanda baca, tulisan tangan

 

Cara penilaian:

–          Tes lisan/tertulis

–          Observasi kelas

–          Penilaian guru

–          Penilaian teman

–          Penilaian diri

–          Portofolio.

 

Contoh Rubrik Penilaian

 Format Penilaian ‘Retelling Story’

(Menggunakan Skala Penilaian

Nama Siswa: ________                               Kelas: _____

No.

Aspek Yang Dinilai

Nilai

   

1

2

3

4

1.

Content and Organization        

a. Orientation        

b. Evaluation        

c. Complication        

d. Resolution        

2.

Fluency        

3.

Language        

a. Pronunciation and intonation        

b. Grammar        

c. Vocabulary        

4.

Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)        

Jumlah

       

Skor Maksimum

20

 

Keterangan penilaian:

1 = tidak kompeten

2 = cukup kompeten

3 = kompeten

4 = sangat kompeten

 

Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.

 

3 Responses to "Model RPP Bahasa Inggris Pola Tatap Muka, Terstruktur dan Mandiri"

kalau mau ngasih contoh/artikel rpp yang lengkap dan jgn pelit2 deh terus halaman jangan mutar2 langsung aja ke tujuan baru itu namanya org bijak

bukannya pelit bu….contoh yang kami dapat cuma itu……….kalau masalah halaman mutar-mutar mohon maaf,saya kan cuma belajar ngeblog aja ..tidak terlalu memperhatikan teknisnya..

makasih rppnya thank so much I hope better.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 2,587,829 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 198 other followers

%d bloggers like this: