Belajar jadi Guru

Bentangan Materi Bahasa Inggris SMP Berdasarkan SK dan KD

Posted on: September 22, 2012


Download:

Bentangan Materi Bahasa Inggris SMP Berdasar SKKD

 

BENTANGAN MATERI BAHASA INGGRIS SMP/MTs BERDASAR SKKD

 

Berdasar Standar Kompetensi minimal BNSP, materi Bahasa Inggris untuk SMP/MTs dapat diklasifikasikan menjadi empat kelompok pembahasan, yaitu:

 

1. Teks Transaksional dan Interpersonal

Teks transaksional adalah teks yang digunakan untuk berhubungan dengan orang lain dengan tujuan agar kita memperoleh apa yang kita kehendaki dari penggunaan teks tersebut (to get things).

 

Teks interpersonal adalah teks yang digunakan untuk berhubungan dengan orang lain dengan tujuan agar kita bisa menjalin komunikasi dengan orang lain secara baik dan benar (bersosialisasi).

 

Teks transaksional dan interpersonal yang hendaknya tercakup dalam mata pelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs berdasar standard yang diberikan BNSP adalah:

 

a. Teks Transaksional dan Interpersonal yang terkait dengan lingkungan terdekat

  • Memberi dan merespon sapaan
  • Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
  • Meminta dan memberi informasi
  • Mengucapkan terima kasih
  • Meminta dan memberi maaf
  • Menggunakan ungkapan kesantunan
  • Meminta dan memberi jasa
  • Meminta dan memberi barang
  • Meminta dan memberi fakta
  • Meminta dan memberi pendapat
  • Menyatakan suka dan tidak suka
  • Meminta klarifikasi

 

b. Teks Transaksional dan Interpersonal yang terkait dengan lingkungan sekitar

  • Meminta, memberi, dan menolak jasa
  • Meminta, memberi, dan menolak barang
  • Mengakui, dan mengingkari fakta
  • Meminta dan memberi pendapat
  • Mengundang, menerima dan menolak ajakan
  • Menyetujui, dan tidak menyetujui sesuatu
  • Memberikan pujian kepada orang lain atau atas sesuatu
  • Memberi dan menerima ucapan selamat
  • Meminta, memberi, dan menolak jasa
  • Meminta, memberi, dan menolak barang
  • Meminta, memberi, dan mengingkari informasi
  • Meminta, memberi, dan menolak pendapat
  • Meminta, menerima, dan menolak tawaran
  • Meminta, dan memberi persetujuan
  • Memberi respon atas sebuah pernyataan
  • Memberi perhatian terhadap pembicara
  • Mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan
  • Mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan telepon

 

 

 

c. Teks Transaksional dan Interpersonal yang terkait dengan interaksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

  • Meminta dan memberi kepastian
  • Mengungkapkan dan menanggapi keraguan
  • Meminta pengulangan
  • Menunjukkan perhatian
  • Merespon ungkapan kekaguman
  • Ungkapan kesantunan untuk meminta dan menerima suatu bantuan atau tawaran
  • Ungkapan kesantunan untuk mengulang sesuatu
  • Memberi berita yang menarik perhatian
  • Memberi komentar terhadap berita

 

 2. Teks Fungsional

Teks fungsional adalah teks yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu yang memiliki tujuan dan pesan khusus sesuai dengan jenis teks yang digunakan.

  • Instruksi
  • Notice
  • Daftar benda (shopping list)
  • Greeting Card
  • Announcement
  • Invitation
  • Short Message
  • Advertisement
  • Letter

 

3. Genres

Genres adalah jenis-jenis teks berdasar pada tujuan penyampaian dan pesan yang hendak disampaikan dalam sebuah teks

  • Descriptive
  • Procedure
  • Narrative
  • Recount
  • Report

 

4. Grammar

  • Part of Speech
  • The Simple Present Tense
  • Question Words
  • The Simple Past Tense
  • Modals
  • Imperative
  • The Simple Continues Tense
  • The Simple Perfect Tense
  • Passive Voice

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISTRIBUSI MATERI BAHASA INGGRIS SMP/MTs

 

Setelah bentangan materi Bahasa Inggris diperoleh, maka proses selanjutnya adalah membagi bentangan materi tersebut ke kelas (kelas 7, 8, dan 9).

Distribusi bentangan materi pada kelas tingkat SMP/MTs memungkinkan kita untuk membuat setting pembelajaran yang berkelanjutan sehingga diharapkan materi yang disampaikan benar-benar mampu diserap dengan baik oleh peserta didik.

Hasil distribusi bentangan materi Bahasa Inggris SMP/MTs adalah sebagai berikut:

 

Kelas VII

 

    Teks Transaksional dan Interpersonal

Memberi dan merespon sapaan

Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain

Meminta dan memberi informasi

Mengucapkan terima kasih

Meminta dan memberi maaf

Menggunakan ungkapan kesantunan

Meminta dan memberi jasa

Meminta dan memberi barang

Meminta dan memberi fakta

Meminta dan memberi pendapat

Menyatakan suka dan tidak suka

Meminta klarifikasi

 

Teks Fungsional

Instruksi

Notice

Daftar benda (shopping list)

Greeting Card

 

Genres

Descriptive

Procedure

 

Grammar

Part of Speech

The Simple Present Tense

Question Words

Modals

Imperative

 

Kelas VIII

 

Teks Transaksional dan Interpersonal

Meminta, memberi, dan menolak jasa

Meminta, memberi, dan menolak barang

Mengakui, dan mengingkari fakta

Meminta dan memberi pendapat

Mengundang, menerima dan menolak ajakan

Menyetujui, dan tidak menyetujui sesuatu

Memberikan pujian kepada orang lain atau atas sesuatu

Memberi dan menerima ucapan selamat

Meminta, memberi, dan menolak jasa

Meminta, memberi, dan menolak barang

Meminta, memberi, dan mengingkari informasi

Meminta, memberi, dan menolak pendapat

Meminta, menerima, dan menolak tawaran

Meminta, dan memberi persetujuan

Memberi respon atas sebuah pernyataan

Memberi perhatian terhadap pembicara

Mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan

Mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan telepon

 

Teks Fungsional

Greeting Card

Announcement

Invitation

Short Message

 

Genres

Narrative

Recount

 

Grammar

The Simple Past Tense

Modals

The Simple Continues Tense (Present)

Comparation Degrees

Passive Voice

 

Kelas IX

 

Teks Transaksional dan Interpersonal

Meminta dan memberi kepastian

Mengungkapkan dan menanggapi keraguan

Meminta pengulangan

Menunjukkan perhatian

Merespon ungkapan kekaguman

Ungkapan kesantunan untuk meminta dan menerima suatu bantuan atau tawaran

Ungkapan kesantunan untuk mengulang sesuatu

Memberi berita yang menarik perhatian

Memberi komentar terhadap berita

 

Teks Fungsional

Short Message

Advertisement

Letter

 

Genres

Narrative

Report

 

Grammar

Modals

The Simple Continues Tense (Past)

The Simple Perfect Tense

Passive Voice

DISTRIBUSI MATERI BAHASA INGGRIS PER SEMESTER

 

KELAS VII

Semester Ganjil Semester Genap
Teks Transaksional dan Interpersonal Teks Transaksional dan Interpersonal
  • Memberi dan merespon sapaan
  • Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
  • Meminta dan memberi informasi
  • Mengucapkan terima kasih
  • Meminta dan memberi maaf
  • Menggunakan ungkapan kesantunan
  • Meminta dan memberi jasa
  • Meminta dan memberi barang
  • Meminta dan memberi fakta
  • Meminta dan memberi pendapat
  • Menyatakan suka dan tidak suka
  • Meminta klarifikasi
Teks Fungsional Teks Fungsional
  1. Daftar Barang (Shopping List)
  2. Notice/Warming
  1. Instruksi
  2. Greeting Card
Genres Genres
Descriptive Text Procedure
Grammar Grammar
  1. Part of Speech
  2. The Simple Present Tense
  3. Question Words
  1. Modals
  2. Imperative

 

KELAS VIII

Semester Ganjil Semester Genap
Teks Transaksional dan Interpersonal Teks Transaksional dan Interpersonal
  1. Meminta, memberi, dan menolak jasa
  2. Meminta, memberi, dan menolak barang
  3. Mengakui, dan mengingkari fakta
  4. Meminta dan memberi pendapat
  5. Mengundang, menerima dan menolak ajakan
  6. Menyetujui, dan tidak menyetujui sesuatu
  7. Memberikan pujian kepada orang lain atau atas sesuatu
  8. Memberi dan menerima ucapan selamat
  1. Meminta, memberi, dan menolak jasa
  2. Meminta, memberi, dan menolak barang
  3. Meminta, memberi, dan mengingkari informasi
  4. Meminta, memberi, dan menolak pendapat
  5. Meminta, menerima, dan menolak tawaran
  6. Meminta, dan memberi persetujuan
  7. Memberi respon atas sebuah pernyataan
  8. Memberi perhatian terhadap pembicara
  9. Mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan
  10. Mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan telepon
Teks Fungsional Teks Fungsional
  1. Greeting Card
  2. Announcement
  1. Invitation
  2. Short Message
Genres Genres
Narrative Recount
Grammar Grammar
  1. The Simple Past Tense
  2. Modals
  3. Comparation Degree
  1. The Simple Continues Tense (Present)
  2. Passive Voice

KELAS IX

Semester Ganjil Semester Genap
Teks Transaksional dan Interpersonal Teks Transaksional dan Interpersonal
  1. Meminta dan memberi kepastian
  2. Mengungkapkan dan menanggapi keraguan
  3. Meminta pengulangan
  4. Menunjukkan perhatian
  5. Merespon ungkapan kekaguman
  1. Ungkapan kesantunan untuk meminta dan menerima suatu bantuan atau tawaran
  2. Ungkapan kesantunan untuk mengulang sesuatu
  3. Memberi berita yang menarik perhatian
  4. Memberi komentar terhadap berita
Teks Fungsional Teks Fungsional
  1. Short Message
  2. Advertisement
  1. Advertisement
  2. Letter
Genres Genres
Narrative Text (World Tales) Report
Grammar Grammar
  1. Modals
  2. The Simple Continues Tense (Past)
  1. The Simple Perfect Tense
  2. Passive Voice

 

7 Responses to "Bentangan Materi Bahasa Inggris SMP Berdasarkan SK dan KD"

Makasih atas sharing nya……Klao ada contoh contoh percakapan nya atau materi nya akan lebih mendalami lagi pemahaman terhadap bentangan ini😀

nunut share di facebook pak agus

Makasih, Alhamdulillah..
InsyaAlloh sangat bermanfaat

thanks infonya sangat bermanfaat. ijin share pak

Thank ilmunya yg berarti sekali buatvsaya
riana,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 2,587,829 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 198 other followers

%d bloggers like this: