Belajar jadi Guru

RPP Bahasa Inggris kelas X semester 2 kurikulum 2013 (Teks Recount)

Posted on: February 10, 2014


 

RPP berikut masih bersifat draft,  mohon masukan, kritik dan saran untuk perbaikan. Terima kasih

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama satuan pendidikan        : SMA Negeri  Colomadu Karanganyar

Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris

Kelas/semester                       : X/2

Materi pokok                          : Teks recount  lisan dan tulis sederhana, tentang pengalaman/ kejadian/peristiwa

Alokasi waktu                         : 6 x 45 menit

A.  Kompetensi Inti (KI)

1.  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B. Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi:

3.9.        Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.13.     Menangkap makna dalam teks recount lisan dan tulis sederhana.

4.14.     Menyusun teks recount lisan dan tulis sederhana tentang pengalaman/ kegiatan/kejadian/peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks

 

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK):

Pertemuan 1

     3.9.1.Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.

     3.9.2.Mengurai gambaran umum dan informasi tertentu dari teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.

     3.9.3.Mendeteksi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount sederhana.

 

Pertemuan 2

     4.13.1.Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks recount sederhana sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa.

     4.13.2.Menyunting teks recount sederhana lisan sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

Pertemuan 3

     4.14.1.Menyunting teks recount sederhana tulis sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

     4.14.2.Menyusun teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

 

C. Tujuan pembelajaran         :

Pertemuan 1

Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menganalisis dan menangkap makna teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.

Pertemuan 2

Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menangkap  makna dan menyunting teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.

Pertemuan 3

Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu menangkap makna dan menyusun teks recount sederhana lisan dan tulis sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.

 

D. Materi Pembelajaran

Teks recount sederhana lisan dan tulis

Fungsi sosial :

              to tell/ to retell past events for the purpose of informing or entertaining.

 

Generic Structure

Text

Orientation

(Pengenalan: Who, When, Where, dll)

Last holiday my family and I went to Jakarta. We visited my uncle’s house. It had a big garden and a lot of colorful flowers and tennis court.

Events:

(Urutan Peristiwa)

On Friday my nephew and I went to National Museum and went up to the top of monument which had the golden symbol of the spirit of our nation. From the top we could see the beauty of the metropolitan city. On Saturday we went to Ancol beach to see DuniaFantasiand Dolphin show.

Reorientation

(Penutup cerita, rangkuman rentetan peristiwa)

        On Sunday we went to Ragunan Zoo and then we went home. We really enjoyed our holiday.

 

 Lexico Grammatical Features

1.      Focus on specific participant

2.      Used action verbs and simple past tense (V2), example: was, were, spent, visited, etc.

3.      Use time connectives, example: then, after that, when.

4.      Chronologically.

 

 

E. Metode Pembelajaran; TBL

       Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)

 

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:

    1. Media                             : VCD dan Power Point Presentation

    2. Alat                                 : Laptop, LCD, dan Speaker Active

    3. Sumber Belajar               : www.englishindo.com, http://www.britishcouncil.org

 

G. Langkah-langkah pembelajaran

 

Pertemuan 1

a.    Kegiatan Pendahuluan

·      menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran

·      memberi motivasi belajar

·      mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:

·      menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

 

b.     Kegiatan Inti

Mengamati

·      Siswa membaca beberapa recount sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa yang terdapat dalam buku teks atau sumber lainnya dalam kelompok 4 orang kemudian masing-masing anggota kelompok membacakan recount sederhana yang dibacanya. (Siswa melakukan proses ini berdasarkan panduan yang disiapkan guru)

·      Siswa menirukan contoh pengucapan kalimat-kalimat dalam iklan kegiatan/kejadian/peristiwa tersebut dengan bimbingan guru.

·      Siswa belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks yang dibaca.

Menanya

·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks recount sederhana yang ada dalam bahasa Inggris terutama tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.

·      Siswa mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa.

Mengeksplorasi

·      Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok pada tahap mengamati dan ditanggapi oleh kelompok lain

·      Siswa secara kelompok membacakan teks recount sederhana berupa sebuah brosur kegiatan/kejadian/peristiwa yang sudah dibawa dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat

·      Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks recount sederhana yang dibaca/didengar.

Mengasosiasi

·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa  menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan kegiatan/kejadian/peristiwa dengan fokus pada  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.

·      Siswa mengelompokkan teks recount sederhana sesuai dengan fungsi sosialnya.

·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan

·      Menyampaikan hasil kerja kelompok tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sesuai dengan panduan yang disiapkan guru.

·      Siswa membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman dalam menggambarkan kegiatan/kejadian/peristiwa dan termasuk menyebutkan dukungan dan kendala yang dialami (learning journal).

c.   Penutup

·      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

Thank you very much for your participation.  You did a good job today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?

·      melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual

·      menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

 

Pertemuan 2

a.    Kegiatan Pendahuluan

·      menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran

·      memberi motivasi belajar

·      mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:

·      menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

 

b.     Kegiatan Inti

Mengamati

·      Siswa mendengarkan teks recount sederhran tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sambil melengkapi format yang disediakan guru.

·      Siswa secara bergantian membacakan sebuah teks recount  tentang kegiatan/kejadian/peristiwa pada pasangan masing-masing.

·      Siswa belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari recount sederhana yang dibacakan teman dengan mengisi blangko.

Menanya

·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks recount sederhana yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia terutama tentang fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan

·      Siswa mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa

 

Mengeksplorasi

·      Siswa secara kelompok dari berbagai sumber dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat

·      Siswa berpasangan membaca teks recount sederhana lain untuk menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks recount sederhana yang dibaca.

·      Berkelompok 4 orang, siswa menyunting teks recount sederhana lisan tentang kegiatan/kejadian/peristiwa yang diberikan guru dari segi struktur dan unsur kebahasaan

Mengasosiasi

·      Siswa membedakan teks recount sederhana yang sudah disunting sesuai dengan fungsi sosialnya.

·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.

 

Mengomunikasikan

·      Siswa menyunting recount sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa yang disediakan guru.

·      Siswa menyampaikan hasil suntingannya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.

c.   Penutup

·      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·      You did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.  By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal,

·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal).

·      melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individua membaca beberapa teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa.

·      menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya adalah melanjutkan

 

Pertemuan 3

a.    Kegiatan Pendahuluan

·      menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran

·      memberi motivasi belajar

·      mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:

·      menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b.     Kegiatan Inti

Mengamati

·      Siswa membaca beberapa recount sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa hasil suntingan teman dalam kelompok 4 orang kemudian masing-masing anggota kelompok membacakannya

·      siswa menonton iklan kegiatan/kejadian/peristiwa yang ditayangkan guru.

·      Siswa menirukan contoh pengucapan kalimat-kalimat dalam iklan kegiatan/kejadian/peristiwa tersebut dengan bimbingan guru.

Menanya

·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks recount sederhana yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia terutama tentang fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan

Mengeksplorasi

·      Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks recount sederhana yang dibaca/didengar.

·      Berkelompok, siswa menggambarkan kegiatan/kejadian/peristiwa kesukaannya pada anggota kelompok dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari.

 

 

Mengasosiasi

·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis dengan membandingkan teks kegiatan/kejadian/peristiwa yang disusun oleh teman anggota kelompok dengan fokus pada  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.

·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan

·      Berkelompok, siswa menyusun teks recount sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sesuai dengan fungsi sosial tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya

·      Siswa menyampaikan recount sederhananya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.

 

c.   Penutup

·      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·      For all of you, thank you very much for your participation.  Good job, I like your performance today. Almost all of active. I hope next time all of you have to be active in the class. Okay?  Now as ususal Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal,

·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal).

·      melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual

·      menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

 

A.     Penilaian hasil pembelajaran

Kriteria penilaian Kinerja dan Tugas

·      Pencapaian fungsi sosial

·      Kelengkapan dan keruntutan struktur teks recount sederhana

·      Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

·      Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

KINERJA (praktik)

·      Melakukan monolog tentang recount sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa di depan kelas / berpasangan

·      Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam membuat teks recount sederhana

 

Speaking Rubric

Apprentice

Basic

Learned

Exemplary

·      Presentation shows lack of interest.

·      Speech difficult to understand.

·      Lack of eye contact.

·      Knowledge is minimal.

·      Volume is uneven.

·      Lacks of focus.

·      Lacks of information.

·      Grammatical errors.

·      Presentation lacks enthusiasm.

·      Speech is adequate.

·      Lapses in sentence structure and grammar.

·      Fact not included.

·      Volume is uneven.

·       Speech is clear.

·       Eye contact is made intermittently.

·      Grammar usually correct.

·      Knowledge and facts are partially included.

·      Volume is appropriate.

·       Speech is clear.

·       Eye contact is made.

·      Grammar is conventional.

·      Knowledge and facts are included.

·      Volume is appropriate.

 

Penugasan/ulangan harian

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu/tersurat, dan rujukan kata dari teks recount sederhana

 

 

observasi

Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

 

No

                   

                       Indikator  Sikap.

 

Nama Peserta didik.

Bertanggung jawab 

Jujur

Santun dalam berkumunikasi

Percaya diri

Kedisiplinan dalam tugas

Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5

1 = Sangat Kurang          3 = Cukup        5 = Amat Baik

2 = Kurang                      4 = Baik

 

PORTOFOLIO

Rubriks Portofolio (Format 1)

Nama Siswa        : ________________________________________ 

Kelas                    :  _______________________________________

Guru                     : ________________________________________

 

NO

Kreteria                               Aspek

SB

B

C

K

1.

Ada kumpulan catatan kemajuan belajar

5 kreteria terpenuhi

4 Kreteria terpenuhi

3 Kreteria terpenuhi

 ≤ 2 kreteria terpenuh

2.

Ada rekaman monolog teks recount sederhana

3.

Ada kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks recount sederhana  berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi

4.

Ada kumpulan hasil tes dan latihan.

5.

Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat

 

Format 2

KRITERIA

TERBATAS

MEMUASKAN

MAHIR

Melakukan Observasi          

Tidak Jelas

Pelaksanaannya

 Beberapa Kegiatan

Jelas dan Rinci

Semua Jelas dan Rinci

Role Play

Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar

Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi

 Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai

Menyunting Teks

Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai

Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat

Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi

 

Penilaian Diri 

Bentuk: jurnal belajar

 

Contoh Format:

My Learning Journal

Name:

A summary of what I have covered:

Things I am still not sure of:

What do I need to do to overcome these uncertainties?

Things I have  learned successful today:

 

Penilaian Sejawat

Berupa komentar atau daftar cek

 

 

 

                                                          Colomadu, 20 Juli   2013

Mengetahui:                                                               

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Drs. Sukarni, M.Hum                                                              ……………………………………..

NIP. 19580804 198302 1 006

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 2,591,242 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 198 other followers

%d bloggers like this: