Belajar jadi Guru

Rubrik Penilaian Pembelajaran Bahasa Inggris

Posted on: September 13, 2011


 

 

RUBRIK PENILAIAN SPEAKING

   

ASPEK

SKOR

KETERANGAN

 
     

 

 

 

 

 

Pengucapan

5

Mudah dipahami dan memiliki aksen penutur asli

 

 

4

Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu

 

 

3

Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman  

2

Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta mengulang

 

 

1

Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisa dipahami

 

 

 

   

ASPEK

SKOR

KETERANGAN

     

 

 

 

Tata Bahasa

5

Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa

 

4

Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna

3

Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna

2

Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata ulang kalimat

1

Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami

 

   

ASPEK

SKOR

KETERANGAN

     

 

 

 

 

 

Kosa Kata

5

Menggunakan kosa kata dan ungkapan seperti penutur asli

 

4

Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang tidak tepat

 

3

Sering menggunakan kosa kata yang tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata

2

Menggunakan kosa kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami

 

1

Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi

 

   

ASPEK

SKOR

KETERANGAN

     

 

 

 

Kelancaran

5

Lancar seperti penutur asli

 

4

Kelancaran tampak sedikit terganggu oleh masalah bahasa

3

Kelancaran agak banyak terganggu oleh masalah bahasa

2

Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa

1

Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi

 

   

ASPEK

SKOR

KETERANGAN

     

 

 

 

 

 

Pemahaman

5

Memahami semua tanpa mengalami kesulitan

 

 

4

Memahami hampir semuanya, walau ada pengulangan pada bagian tertentu

 

3

Memahami sebagian besar apa yang dikatakan bila bicara agak diperlambat walau ada pengulangan

2

Susah mengikuti apa yang dikatakan.

 

 

1

Tidak bisa memahami walaupun percakapan sederhana

 

 

 

   

LEMBAR PENILAIAN READING ALOUD

          Nama siswa                    : _________________________

Kelas                              : _________________________

 

   

ASPEK

SKOR

TOTAL

50

60

70

80

    1. Fluency          
    2. Accuracy          
    3. Pronunciation          
    4. Intonation          

 

    Keterangan untuk :
    1. Fluency

 

 

 

2. Accuracy

 

 

 

3. Pronunciation

 

 

 

4. Intonation

 

50

60

70

80

50

60

70

80

50

60

70

80

50

60

70

80

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

Bila terjadi hesitasi

Lancar, tetapi masih ada hesitasi

Lancar

Sangat lancar

Semua ucapan tidak dapat dipahami

Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami

Sebagain besar ucapan sudah dapat dipahami

Semua ucapan dapat dipahami

Hampir semua ucapan tidak benar

Sebagian kecil ucapan sudah benar

Sebagian besar ucapan benar

Semua ucapan benar

Tekanan/irama semua kata salah

Tekanan/irama sebagian kecil kata benar

Tekanan/irama sebagian besar kata benar

Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar

 

 

 

PEDOMAN dan RUBRIK PENILAIAN

(Writing Competence)

   

KRITERIA

SKOR

DESKRIPSI

 
   

Kesesuaian tugas / isi (sejauh mana tulisan mencapai tujuan)

30-27

Excellent to very good:

Menanggapi tugas dengan sempurna; pembahasan sempurna; informasi relevan dan tepat; interpretasi sangat kuat dan mendukung.

 

 

26-24

Good:

Mampu menanggapi tugas; pembahasan mampu; informasi umumnya relevan dan tepat; interpretasi umumnya mendukung.

 

 

23-21

Fair:

Kurang mampu menanggapi tugas; pembahasan dapat diterima tapi kadang tidak konsisten; informasi kadang tidak relevan/tidak tepat; interpretasi kadang tidak konsisten dengan fakta.

 

20-18

Inadequate:

Tidak bisa menanggapi tugas; pembahasan tidak lengkap dan tidak konsisten; informasi sering tidak relevan/tidak tepat; interpretasi tidak konsisten dengan fakta.

 

17-0

Inacceptable:

Mengabaikan atau kurang memahami tugas; minim pembahasan; informasi dan interpretasi tidak relevan.

 

 

 

   

KRITERIA

SKOR

DESKRIPSI

   

Kesesuaian langkah retorika (sejauh mana penataan tulisan m’hitungkan pembaca)

25-23

Excellent to very good :

Komunikasi efektif, sangat konsisten dengan bentuk teks khusus, ungkapan tertata dengan baik dan teratur, hubungan antar bagian teks jelas

 

22-20

Good :

Komunikasi cukup efektif, umumnya konsisten dengan bentuk teks khusus, organisasi dan urutan ungkapan umumnya tertata dengan baik dan teratur, hubungan antar bagian teks umumnya jelas

19-18

Fair :

Komunikasi kadang cukup efektif, konsisten bentuk teks khusus kadang terabaikan, penataan ungkapan kadang sulit diikuti, hubungan antar bagian teks kadang tidak jelas

 

17-16

Inadequate :

Komunikasi tidak efektif, maksud tidak jelas, tidak mengikuti bentuk teks khusus, penataan dan urutan ungkapan antar bagian teks tidak jelas.

 

15-0

Inacceptable :

Tidak bisa dipahami sama sekali, mangabaikan bentuk teks khusus, tidak ada penataan teks.

 

 

 

 

   

KRITERIA

SKOR

DESKRIPSI

   

Kesesuaian bahasa (sejauh mana bahasa digunakan sesuai dengan konteks komunikasi

25-23

Excellent to very good :

Bahasa yang digunakan sangat sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi

22-20

Good :

Umumnya bahasa yang digunakan sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi

19-18

Fair :

Bahasa yang digunakan tidak konsisten dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi

17-16

Inadequate :

Bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi

15-0

Inacceptable :

Bahasa yang digunakan sangat buruk

 

 

   

KRITERIA

SKOR

DESKRIPSI

   

Kelayakan bentuk (sejauh mana tulisan memenuhi aturan-aturan bentuk spelling, kerapian, dll)

20-18

Excellent to very good :

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness sangat memenuhi aturan-aturan teks (genre)

 

17-16

Good :

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya memenuhi aturan-aturan teks (genre)

 

15-14

Fair :

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness sebagian memenuhi aturan-aturan teks (genre)

 

13-12

Inadequate :

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya tidak memenuhi aturan-aturan teks (genre)

11-0

Inacceptable :

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness tidak memenuhi aturan-aturan teks (genre)

 

Sumber : File dari Bu Syarifah MTs Negeri Karanganyar

 

 

 

 

 

 

 

18 Responses to "Rubrik Penilaian Pembelajaran Bahasa Inggris"

thanks this site is very helpful

terima kasih banyak. alhamdulillah sudah ketemu yang saya cari-cari

thank you so much..

THANKS SO MUCH AND I GOT WHAT I LOOKED FOR

thanks a lot miss

Maaf, kulo niki mas….bukan miss he he he

Saya copy pak ya. Lama saya cari aspek penilaian ini.
Makasih atas kebaikannya

silahkan

thanks alot pak…

thank you so much sir, this is so help me

syukron katsir.jazakumulloh

pak, penilaian ini sumbernya dr mna…???

Aduh, saya lupa bu

maaf, kalau penilaian ini pakai teori siapa, pak?

really helpful and the explanation clear as a crystal. Thanks so much…

this helps us a lot…
Big thanks 🙂

Leave a comment

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 5,087,621 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 241 other subscribers