Rubrik Penilaian Pembelajaran Bahasa Inggris
Posted September 13, 2011
on:
RUBRIK PENILAIAN SPEAKING |
||||||
ASPEK |
SKOR |
KETERANGAN |
||||
Pengucapan |
5 |
□ |
Mudah dipahami dan memiliki aksen penutur asli
|
|||
4 |
□ |
Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu
|
||||
3 |
□ |
Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman | ||||
2 |
□ |
Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta mengulang
|
||||
1 |
□ |
Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisa dipahami
|
ASPEK |
SKOR |
KETERANGAN |
|||
Tata Bahasa |
5 |
□ |
Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
|
||
4 |
□ |
Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna | |||
3 |
□ |
Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna | |||
2 |
□ |
Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata ulang kalimat | |||
1 |
□ |
Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami |
ASPEK |
SKOR |
KETERANGAN |
|||
Kosa Kata |
5 |
□ |
Menggunakan kosa kata dan ungkapan seperti penutur asli
|
||
4 |
□ |
Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang tidak tepat
|
|||
3 |
□ |
Sering menggunakan kosa kata yang tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata | |||
2 |
□ |
Menggunakan kosa kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami
|
|||
1 |
□ |
Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
ASPEK |
SKOR |
KETERANGAN |
|||
Kelancaran |
5 |
□ |
Lancar seperti penutur asli
|
||
4 |
□ |
Kelancaran tampak sedikit terganggu oleh masalah bahasa | |||
3 |
□ |
Kelancaran agak banyak terganggu oleh masalah bahasa | |||
2 |
□ |
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa | |||
1 |
□ |
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi |
ASPEK |
SKOR |
KETERANGAN |
|||
Pemahaman |
5 |
□ |
Memahami semua tanpa mengalami kesulitan
|
||
4 |
□ |
Memahami hampir semuanya, walau ada pengulangan pada bagian tertentu
|
|||
3 |
□ |
Memahami sebagian besar apa yang dikatakan bila bicara agak diperlambat walau ada pengulangan | |||
2 |
□ |
Susah mengikuti apa yang dikatakan.
|
|||
1 |
□ |
Tidak bisa memahami walaupun percakapan sederhana
|
LEMBAR PENILAIAN READING ALOUD
Nama siswa : _________________________ Kelas : _________________________
|
|||||||
ASPEK |
SKOR |
TOTAL |
|||||
50 |
60 |
70 |
80 |
||||
1. Fluency | |||||||
2. Accuracy | |||||||
3. Pronunciation | |||||||
4. Intonation |
Keterangan untuk : | |||||
1. Fluency
2. Accuracy
3. Pronunciation
4. Intonation
|
50
60 70 80 50 60 70 80 50 60 70 80 50 60 70 80 |
:
: : : : : : : : : : : : : : : |
Bila terjadi hesitasi
Lancar, tetapi masih ada hesitasi Lancar Sangat lancar Semua ucapan tidak dapat dipahami Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami Sebagain besar ucapan sudah dapat dipahami Semua ucapan dapat dipahami Hampir semua ucapan tidak benar Sebagian kecil ucapan sudah benar Sebagian besar ucapan benar Semua ucapan benar Tekanan/irama semua kata salah Tekanan/irama sebagian kecil kata benar Tekanan/irama sebagian besar kata benar Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar |
|
|||||||
PEDOMAN dan RUBRIK PENILAIAN (Writing Competence) |
|||||||
KRITERIA |
SKOR |
DESKRIPSI |
|||||
Kesesuaian tugas / isi (sejauh mana tulisan mencapai tujuan) |
30-27 |
□ |
Excellent to very good:
Menanggapi tugas dengan sempurna; pembahasan sempurna; informasi relevan dan tepat; interpretasi sangat kuat dan mendukung.
|
||||
26-24 |
□ |
Good:
Mampu menanggapi tugas; pembahasan mampu; informasi umumnya relevan dan tepat; interpretasi umumnya mendukung.
|
|||||
23-21 |
□ |
Fair:
Kurang mampu menanggapi tugas; pembahasan dapat diterima tapi kadang tidak konsisten; informasi kadang tidak relevan/tidak tepat; interpretasi kadang tidak konsisten dengan fakta. |
|||||
20-18 |
□ |
Inadequate:
Tidak bisa menanggapi tugas; pembahasan tidak lengkap dan tidak konsisten; informasi sering tidak relevan/tidak tepat; interpretasi tidak konsisten dengan fakta. |
|||||
17-0 |
□ |
Inacceptable:
Mengabaikan atau kurang memahami tugas; minim pembahasan; informasi dan interpretasi tidak relevan.
|
|||||
KRITERIA |
SKOR |
DESKRIPSI |
|||
Kesesuaian langkah retorika (sejauh mana penataan tulisan m’hitungkan pembaca) |
25-23 |
□ |
Excellent to very good :
Komunikasi efektif, sangat konsisten dengan bentuk teks khusus, ungkapan tertata dengan baik dan teratur, hubungan antar bagian teks jelas
|
||
22-20 |
□ |
Good :
Komunikasi cukup efektif, umumnya konsisten dengan bentuk teks khusus, organisasi dan urutan ungkapan umumnya tertata dengan baik dan teratur, hubungan antar bagian teks umumnya jelas |
|||
19-18 |
□ |
Fair :
Komunikasi kadang cukup efektif, konsisten bentuk teks khusus kadang terabaikan, penataan ungkapan kadang sulit diikuti, hubungan antar bagian teks kadang tidak jelas
|
|||
17-16 |
□ |
Inadequate :
Komunikasi tidak efektif, maksud tidak jelas, tidak mengikuti bentuk teks khusus, penataan dan urutan ungkapan antar bagian teks tidak jelas.
|
|||
15-0 |
□ |
Inacceptable :
Tidak bisa dipahami sama sekali, mangabaikan bentuk teks khusus, tidak ada penataan teks.
|
KRITERIA |
SKOR |
DESKRIPSI |
|||
Kesesuaian bahasa (sejauh mana bahasa digunakan sesuai dengan konteks komunikasi |
25-23 |
□ |
Excellent to very good :
Bahasa yang digunakan sangat sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi |
||
22-20 |
□ |
Good :
Umumnya bahasa yang digunakan sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi |
|||
19-18 |
□ |
Fair :
Bahasa yang digunakan tidak konsisten dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi |
|||
17-16 |
□ |
Inadequate :
Bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi |
|||
15-0 |
□ |
Inacceptable :
Bahasa yang digunakan sangat buruk
|
KRITERIA |
SKOR |
DESKRIPSI |
|||
Kelayakan bentuk (sejauh mana tulisan memenuhi aturan-aturan bentuk spelling, kerapian, dll) |
20-18 |
□ |
Excellent to very good :
Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness sangat memenuhi aturan-aturan teks (genre)
|
||
17-16 |
□ |
Good :
Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya memenuhi aturan-aturan teks (genre)
|
|||
15-14 |
□ |
Fair :
Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness sebagian memenuhi aturan-aturan teks (genre)
|
|||
13-12 |
□ |
Inadequate :
Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya tidak memenuhi aturan-aturan teks (genre) |
|||
11-0 |
□ |
Inacceptable :
Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness tidak memenuhi aturan-aturan teks (genre)
|
Sumber : File dari Bu Syarifah MTs Negeri Karanganyar
|
|
18 Responses to "Rubrik Penilaian Pembelajaran Bahasa Inggris"
terima kasih banyak. alhamdulillah sudah ketemu yang saya cari-cari
thank you so much..
THANKS SO MUCH AND I GOT WHAT I LOOKED FOR
thanks a lot miss
Saya copy pak ya. Lama saya cari aspek penilaian ini.
Makasih atas kebaikannya
thanks alot pak…
thank you so much sir, this is so help me
excellent,,,
maaci yaa
syukron katsir.jazakumulloh
pak, penilaian ini sumbernya dr mna…???
maaf, kalau penilaian ini pakai teori siapa, pak?
really helpful and the explanation clear as a crystal. Thanks so much…
this helps us a lot…
Big thanks 🙂
1 | yusufsamira
December 1, 2011 at 9:45
thanks this site is very helpful