Belajar jadi Guru

Format Penilaian hasil Penelitian Tindakan Kelas

Posted on: February 25, 2011


FORMAT PENILAIAN
HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Nama penelitian             :

Bidang Studi                      :

Judul Penelitian               :

KRITERIA PENILAIAN

No
Kriteria Aspek yang Dinilai
Bobot
Score Nilai
A ABSTRAK  

Terlihat jelas 3 unsur pokok:

  • latar belakang,tujuan,
  • prosedur dan
  • hasil
5    
B PENDAHULUAN  

Terlihat unsur-unsur berikut

  • Latar belakang (deskripsi masalah,  data awal yang menunjukkan akar terjadinya masalah, deskripsi lokasi dan waktu,  pentingnya masalah dipecahkan)
  • Rumusan masalah
  • Tujuan
  • Manfaat
15    
C KAJIAN TEORI/ PUSTAKA  

  • Ada teori-teori terkait yang memberi arah/petunjuk kepada pelaksanaan PTK
  • Ada usaha-usaha penulis membangun argumen teoretik bahwa tindakan  tertentu dimungkinkan bisa meningkatkan mutu KBM
  • Pertanyaan penelitian/hipotesis tindakan (kalau perlu)
20    
D PELAKSANAAN PENELITIAN  

  • Deskripsi tahapan siklus penelitian.
  • Penggunaan instrumen, usaha validasi hipotesis tindakan, dan cara refleksi
15    
   
  • Tindakan yang dilakukan bersifat:
    • Rasional, artinya berbasis pada akar penyebab masalah
    • Feasible (dapat dilaksanakan-tidak ambisius), artinya tindakan tersebut terdukung oleh faktor-faktor waktu, biaya dan sarana/pra-sarana
    • Jumlah siklus  lebih dari satu
  • Collaborative, artinya dosen memaksimalkan kerja sama dengan guru sebagai mitra setara.

 

     
E HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN  

Disajikan dalam bentuk siklus dengan data lengkap:

Siklus I

  • Perencanaan: diuraikan TINDAKAN yang khas yang dilakukan terlihat bedanya dengan pembelajaran biasa.
  • Pelaksanan: diuraikan  pelaksanaan tindakan
  • Pengamatan: disajikan hasil pengamatan dari berbagai instrumen. Hasil authentik  disajikan
  • Refleksi: berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan dan kelemahan dan rencana berikutnya . MENGAPA BERHASIL (TIDAK), APA YANG PERLU DILAKUKAN UNTUK SIKLUS BERIKUTNYA.
25    
    Siklus II (idem)

Siklus III (idem)

Perlu ditambahkan hal-hal yang mendasar berikut ini:

  • Disajikan hasil perubahan (kemajuan) pada diri peserta didik, lingkungan dan peneliti
  • Tabel, grafik/statistik deskriptif dioptimalkan
  • Terdapat analisis data   menyajikan perubahan pada peserta didik, lingkungan kelas/sekolah dan peneliti.
  • Triangulasi dioptimalkan untuk memvalidasi potret proses dan hasil perubahan (kemajuan)
  • Pembahasan
  • Ada ulasan tentang perubahan yang dihasilkan dari tiap siklus dan keseluruhan siklus
     
F KESIMPULAN DAN REKOMENDASI  

  • Hasil riset (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan
  • Ada saran untuk riset, tujuan riset, dan hasil riset (potret kemajuan)
  • Ada saran untuk penerapan hasil (suggestion)
10

 

   
H DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN

 

  • Penulisan sesuai aturan APA, MLA, Turabian secara konsisten.
  • Kelengkapan lampiran
10    
  Jumlah Total 100    

 

Setiap kriteria diberi scor :  1.     2.    4.    5.

Kurang sekali           : skor 1

Kurang                    : skor 2

Baik                         : skor 4

Baik sekali               : skor 5

Nilai : Bobot x skor

 

Jakarta, ……………..

Penilai

 

( ………………………..)

 

 

8 Responses to "Format Penilaian hasil Penelitian Tindakan Kelas"

Makasih Pak infonya, jadinya kami punya pedoman bagaimana menyusun PTK menjadi lebih baik. Salam sukses

Semoga bermanfaat, selamat berkarya

sama-sama pak…..semoga bermanfaat

Excellent Post. It’s quite useful. Thanks a lot

Leave a comment

Email:

rppguswur@gmail.com

Belajar Inggris

BelajarInggris.Net 250x250

Blog Stats

  • 5,087,043 hits

Pengunjung

free counters

blogstat

Alexa Certified Site Stats for www.aguswuryanto.wordpress.com

Incoming traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 241 other subscribers