No
|
Kriteria |
Aspek yang Dinilai |
Bobot
|
Score |
Nilai |
A |
ABSTRAK |
Terlihat jelas 3 unsur pokok:
- latar belakang,tujuan,
- prosedur dan
- hasil
|
5 |
|
|
B |
PENDAHULUAN |
Terlihat unsur-unsur berikut
- Latar belakang (deskripsi masalah, data awal yang menunjukkan akar terjadinya masalah, deskripsi lokasi dan waktu, pentingnya masalah dipecahkan)
- Rumusan masalah
- Tujuan
- Manfaat
|
15 |
|
|
C |
KAJIAN TEORI/ PUSTAKA |
- Ada teori-teori terkait yang memberi arah/petunjuk kepada pelaksanaan PTK
- Ada usaha-usaha penulis membangun argumen teoretik bahwa tindakan tertentu dimungkinkan bisa meningkatkan mutu KBM
- Pertanyaan penelitian/hipotesis tindakan (kalau perlu)
|
20 |
|
|
D |
PELAKSANAAN PENELITIAN |
- Deskripsi tahapan siklus penelitian.
- Penggunaan instrumen, usaha validasi hipotesis tindakan, dan cara refleksi
|
15 |
|
|
|
|
- Tindakan yang dilakukan bersifat:
- Rasional, artinya berbasis pada akar penyebab masalah
- Feasible (dapat dilaksanakan-tidak ambisius), artinya tindakan tersebut terdukung oleh faktor-faktor waktu, biaya dan sarana/pra-sarana
- Jumlah siklus lebih dari satu
- Collaborative, artinya dosen memaksimalkan kerja sama dengan guru sebagai mitra setara.
|
|
|
|
E |
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN |
Disajikan dalam bentuk siklus dengan data lengkap:
Siklus I
- Perencanaan: diuraikan TINDAKAN yang khas yang dilakukan terlihat bedanya dengan pembelajaran biasa.
- Pelaksanan: diuraikan pelaksanaan tindakan
- Pengamatan: disajikan hasil pengamatan dari berbagai instrumen. Hasil authentik disajikan
- Refleksi: berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan dan kelemahan dan rencana berikutnya . MENGAPA BERHASIL (TIDAK), APA YANG PERLU DILAKUKAN UNTUK SIKLUS BERIKUTNYA.
|
25 |
|
|
|
|
Siklus II (idem)
Siklus III (idem)
Perlu ditambahkan hal-hal yang mendasar berikut ini:
- Disajikan hasil perubahan (kemajuan) pada diri peserta didik, lingkungan dan peneliti
- Tabel, grafik/statistik deskriptif dioptimalkan
- Terdapat analisis data menyajikan perubahan pada peserta didik, lingkungan kelas/sekolah dan peneliti.
- Triangulasi dioptimalkan untuk memvalidasi potret proses dan hasil perubahan (kemajuan)
- Pembahasan
- Ada ulasan tentang perubahan yang dihasilkan dari tiap siklus dan keseluruhan siklus
|
|
|
|
F |
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI |
- Hasil riset (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan
- Ada saran untuk riset, tujuan riset, dan hasil riset (potret kemajuan)
- Ada saran untuk penerapan hasil (suggestion)
|
10
|
|
|
H |
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN
|
- Penulisan sesuai aturan APA, MLA, Turabian secara konsisten.
|
10 |
|
|
|
Jumlah Total |
100 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
aguswuryanto
March 12, 2011 at 9:45
Semoga bermanfaat. Selamat berkarya